www.solusikeluargaharmonis.com

3 Faktor Utama dalam Membangun Usaha

No comment 1379 views

peluang-bisnisMEMBANGUN KONEKSI / NETWORKING

Memulai bisnis tentu akan berinteraksi dengan banyak karakter, dan dengan banyak karakter tersebut akan membantu untuk terus mengembangkan ide dan daya kritis dalam menjalankan bisnis. Berikut adalah 5 hal yang harus dilakukan untuk mulai mengaktifkan koneksi atau jaringan bisnis:

  1. Masuk dalam forum bisnis di Indonesia, sudah cukup banyak sekali forum yang membicarakan tentang bisnis. Mulai dari forum yang membahas tentang bisnis kecil, hingga bisnis kelas atas. Forum sebaiknya dikalibrasi terlebih dahulu, mana saja forum yang sangat berkualitas dan sesuai dengan kita.
  2. Berkenalan dengan pelaku bisnis lainnya Memulai pembicaraan terkadang bisa dengan cara apa saja yang penting kita sudah mempersiapkan apa saja yang ingin dibicarakan, sampai dengan pembicaraan seputar bisnis. Karena dengan ini, akan timbul ide bisnis baru yang mungkin tidak kita pikirkan sebelumnya.
  3. Menjadi Sponsor  menjadi sponsor adalah cara jitu untuk membangun koneksi bisnis. Sponsorship memang cukup membutuhkan biaya dalam melakukannya. Pastikan terlebih dahulu tentang benefit apa saja yang akan kita dapatkan ketika kita sudah menjadi sponsorship suatu event. Target pasar dan audience sangat menentukan keberhasilan dari strategi mengembangkan bisnis.
  4. Koneksi tidak hanya tentang bisnis prioritas utama dalam bisnis tidak melulu soal uang/ omset. Membangun koneksi juga akan membantu kita membangun bisnis. Berteman atau berkumpul dengan komunitas sangat membantu untuk mengasah skill  dalam berkomunikasi. Berinteraksi dengan banyak kalangan juga akan membuat kita lebih tahu tentang apa saja yang menjadi permasalahan. Tidak menutup kemungkinan, jika berikutnya ingin mengembangkan bisnis bidang lainpun, koneksi sudah terbangun.

PENTINGNYA SIFAT LEADERSHIP

Faktor lain yang harus diperhatikan untuk menjadi pengusaha, kamu juga harus punya energi sebagai leader, betul gak? Menjadi Leader Dalam Bisnis tidak selalu identik dengan bisnis MLM. Pada bisnis apapun leadership sangatlah penting untuk dibangun dan dibentuk agar bisnis anda bisa tumbuh dan berkembang

Sifat-sifat seorang leader itu apa aja sih?

  1. Yang pertama, seorang leader itu pasti berani action!
  2. Berani bertanggung jawab dan berani menanggung resiko juga wajib dimiliki seorang leader. Kamu kah itu?
  3. Dalam menjalankan bisnis, sosok leader juga harus tahan banting dalam kondisi apapun.
  4. Yang terpenting saat menjadi leader, kamu harus mau belajar tentang ilmu "managing people". Kenapa? Karena memulai bisnis mungkin bisa dilakukan seorang diri, tapi untuk mengembangkannya kamu pasti butuh tim yang kuat dan kompak.
  5. Bagaimana bisnis itu bisa berjalan bergantung pada bagaimana sosok pemimpin mampu mengarahkan sebuah tim.
  6. Sebagai leader, kamu wajib memberikan contoh yang positif karena leader adalah role model yang jadi contoh bagi anggota timnya.

LANGKAH MEMULAI USAHA

Action yang nyata adalah merealisasikan rencana rencana anda kedalam satu tindakan yaitu memulai usaha dari sekarang. Tahap inilah yang paling sulit karena akan mengakibatkan resiko kegagalan dan kerugian materi. Ada 6 tips sukses memulai usaha :

    1. Jangan Ragu Untuk Memulai. Semua berawal dari hal kecil. Begitu pula ketika kita ingin memulai usaha menjadi seorang pengusaha, kita harus memulainya dari yang sederhana dulu.
    2. Marketing. Bagaimana cara mempromosikan usaha secara tertarget, menjelaskan keunggulan produk, semua berkaitan satu sama lain dalam mengembangkan usaha
    3. Keyakinan Kuat & Fokus. Memiliki rasa percaya diri juga membantu disaat kita dihadapkan dengan masalah, efeknya kita tidak akan mudah menyerah.
    4. Jauhkan Pemikiran Bisnis Dapat Untung Secara Instan. Untuk membangun bisnis, memerlukan waktu dan usaha. Yang penting kita sabar dan selalu berusaha untuk terus maju membangun usaha, jangan pernah menyerah.
    5. Take Action. Jangan cuma mengumpulkan teori lalu tidak dipraktekkan. Berpikir terlalu jauh juga salah. Jalani saja dulu, lakukan langkah-langkah yang perlu diambil.
    6. Asah Intuisi. Saat semua yang kita lakukan sudah maksimal, namun dalam prakteknya masih saja bisnis kita tidak berkembang, disitu intuisi berperan. Alihkan atau ganti usaha yang memiliki prospek lebih besar.

Semoga bisa menjadi inspirasi bagi kita semua untuk segera memulai usaha

www.solusikeluargaharmonis.com
author
No Response

Leave a reply "3 Faktor Utama dalam Membangun Usaha"