www.solusikeluargaharmonis.com

5 Bisnis Transportasi Online Yang Sedang Trend

5 Bisnis Transportasi Online Yang Sedang Trend

transportasi-onlineSejak zaman dahulu orang sudah menggunakan sarana transportasi untuk berpergian dari suatu tempat ke tempat yang lain dengan jarak yang jauh. Transportasi adalah cara perpindahan barang atau tempat dari suatu tempat ke tempat yang lain menggunakan tenaga manusia, hewan dan tenaga mesin.

Pada zaman modern saat ini tranportasi dengan menggunakan tenaga hewan dan manusia sudah sangat jarang sekali di temui. Beberapa daerah di Indonesia saat ini sudah banyak sekali transportasi menggunakan tenaga mesin disamping kegunaannya lebih efisien dan lebih hemat waktu.

Namun hal itu menjadi masalah baru yang harus di hadapi masyarakat. Banyaknya transportasi umum membuat kemacetan. Banyak masyarakat yang mengeluh tentang kondisi kemacetan yang ada, mereka lebih memilih tidak keluar rumah daripada harus terjebak  di jalan.

Perkembangan transportasi di dampingi juga perkembangan jasa layanan trasnportasi. Saat ini banyak sekali penyedia jasa layanan transportasi yang ada di Indonesia. Bahkan berkembang pesat di kota-kota besar di indonesia.

Jasa layanan transportasi yang berkembang dan sedang trend saat ini adalah transportasi online. Kenapa demikian? Transportasi online sangat diminati saat ini karena lebih efisien dalam waktu maupun uang. Prosesnya pemesanannya yang sangat mudah hal itu menjadi menjadi kelebihan tersendiri bagi penyedia jasa transportasi online.

Anda tinggal mengunduh aplikasi penyedia jasa transportasi online tersebut lewatsmartphone mengikuti prosedur yang ada pada aplikasi tersebut. Biasanya tiap-tiap jasa transportasi online memiliki promo harga masing-masing.

Manfaat Transportasi Online

#Efisein Waktu

Transportasi onlien cenderung lebih cepat datang atau tiba di tepat yang kita tuju. Atau bisa juga pesanan barang anda bisa dengan segera sampai di rumah tampa menungguu waktu yang lama.

Penggunaan transportasi online sangat di butuhkan bagi orang-orang sibuk di kota besar yang rawan sekali macet.

#Efisien Tenaga

Kenapa menghemat tenaga termasuk manfaat penggunaan transportasi onlien? Seseorang yang berpergian menggunakan transportasi konvensional seperti angkot, atau bus sering sekali terjebak macet. Atau untuk membeli sesuatu yang jaraknya cukup jauh. Anda cukup mengklik aplikasi transportasi online yang ada di smartphone anda.

#Hemat Uang

Ketika sudah memesan orderan dalam aplikasi transportasi online tersebut kita akan diberitahukan harga ongkosnya. Jadi  tidak perlu was-was untuk perhitungan harga jika kita naik kendaraan beroda empat yang berargo.

#Harga Murah

Harga ongkos yang ditawarkan penyedia jasa layanan online ini terbilang murah, terlebih lagi banyak sekali promo-promo yang ditawarkan pada penyedia jasa transportasi online ini.

5 Transportasi Online yang Sedang Trend Saat Ini

#Go-Jek

gojekPerusahaan jasa transportasi online ojek ini sudah beridiri dari tahun 2010 lalu. Perusahaan yang bernama PT Go-Jek Indonesia ini didirikan oleh seorang pemuda Indonesia yang bernama Nadiem Makarim lulusan Universitas Harvard, Amerika Serikat. Go-jek saat ini sangat berkembang di wilayah Indonesia khusunya kota besar. Sampai saat ini perusahaan ini mempunyai 10.000 mitra pengendara ojek yang tersebar di beberapa wilayah Indonesia seperti JABODETABEK, Bali, Daerah Istimewa Yogyakarta, Bandung, Surabaya, Bali, dan Makasar.

# Grabb

grabb-taxiGrabb online ini adalah salah satu penyedia jasa layanan online yang mempunyai spesifikasi dalam angkutannya. Grab Taxi merupakan jasa layanan transportasi online beroda empat yang sudah populer di Jakarta. Grab Taxi sudah ada di beberapa negara di Benua Asia, seperti Thailand, Singapura, Malaysia, Vietnam. Di Indonesia sendiri Grab Taxi sudah ada di bebeberapa kota seperti Jakarta, Padang, dan Surabaya.

Selain ada Grab Taxi juga terdapat Grabbike. Grabbike merupakan jasa pemesanan ojek online yang disedian Grabb Taxi. Operasi nya sama seperti Go-jek.

# Uber

uber-taxiLayanan transportasi online Uber ini telah ada lama di Amerika Serikat. Berdiri pada tahun 2009 yang pusatnya terletak di San Fransisco. Aplikasi Uber yang menghubungkan penumpang dengan pengendara taksinya menjadi alternatif banyak pilihan kepada calon penumpangnya. Uber sendiri sudah beroperasa di ratusan kota yang ada di 59 negara di dunia. Untuk di Indonesia sendiri Uber telah hadir di beberapa kota di Indonesia.

# Wheel Line

wheel-lineAplikasi penyedia layanan transportasi online ini sedikit berbeda dari yang lainnya. Wheel Line menetapkan harga tarif sesuai dengan zona wilayahnya. Jika Tujuan A ke Tujuan B dalam radius 3 kilometer  bisa di sebut zona satu. Lalu, 3 kilometer selanjutnya berada pada zona dua, begitu seterusnya sesuai dengan zona wilayahnya.

# Blue-Jek

blue-jekBlue-Jek atau Bluskan ojek ini sudah beroperasi resmi sejak 17 September 2015. Pendirinya adalah Michael Manhutu dan Garrett Katono. Menutu Garret, sekrang ini Blue-Jek sudah memiliki seribu pengendara ojek. Blue-Jek sendiri menawarkan empat layanan yang bisa di akses dengan sangat mudah. Baik melalui call center, ataupun mengunduh aplikasinya di smartphone anda.

Permasalahan Transportasi Online

Pada perkembangan transportasi online ini tidak sepenuhnya berjalan dengan mulus. Banyak protes dari beberapa pihak yang merasa di rugikan karena adanya transportasi online tersebut. Terlebih dari pihak transportasi konvensional yang kontra akan adanya transportasi online tersebut. Banyak dari pihak mereka melakukan demo agar jasa pelayanan transportasi online ditutup.

Kecemburuan yang dirasakan transportasi konvensional terhadap transportasi online memicu terjadinya masalah terlebih, masalah ini semakin menjadi karena bermunculan transportasi online lainnya. Pada bulan Maret 2016 sekelompok masyarakat yang mengatasnamakan Paguyuban Transportasi Konvensional ini berdemo di depan Istana Merdeka. Mereka menuntut agar transportasi online dihapuskan. Berkurangnya pendapatan yang masuk dari pihak transportasi konvensional menjadi salah satu penyebabnya.

Tarif yang lebih murah dibandingkan tarif transportasi konvensional yang membuat transportasi koncensional berpikir bahwa transportasi online tidak membayar pajak pada negara. Demo tersebut dilakukan dengan cara mogok beroperasi yang dilakukan oleh ribuan taksi konvensional.

Sampai saat ini pemerintah masih mengkaji tentang permasalahan transportasi online yang dianggap tidak memenuhi syarat UU No 2 Tahun 2009. Kita berharap pemerintah bisa menemukan solusi yang terbaik untuk ke dua belah pihak.

Tidak bisa dipungkiri perkembangan zaman saat ini kita semakin cepat berkembang. Tekhnologi yang semakin canggih lebih memudahkan seseorang mengakses sesuatu dengan mudah. Transportasi online dengan mengunduh aplikasinya melauli smartphone anda lalu tinggal order apa yang anda butuhkan. Entah itu pelayanan jasa ojek, taksi, atau pemesanan antar barang. Namun, baik dari segi transportasi konvensional dan transposrtasi online yang sedang trend saat ini mempunyai kekurangan dan kelebihan masing-masing. Akan lebih baik jika bersaing secara sehat dan penyedia jasa transportasi konvensional menerima perkembangan zaman dengan adanya transportasi online yang sudah ada terlebih dahulu di negara lain. Menyikapi perkembangan trasnportasi online saat ini tidak perlu dilakukan dengan demo, apalagi anarkis. Transportasi online memang mempermudah seseorang berpergian ataupun pengiriman barang, namun transportasi konvensional juga masih sangat dibutuhkan warga negara Indonesia.

 

www.solusikeluargaharmonis.com
author
No Response

Leave a reply "5 Bisnis Transportasi Online Yang Sedang Trend"