www.solusikeluargaharmonis.com

5 Cara Memulai Bisnis Rental Mobil

No comment 160 views

Bisnis rental mobil merupakan bisnis yang memiliki potensi besar, karena banyak sebagian orang yang tidak memiliki mobil dan membutuhkan mobil untuk liburan dengan keluarga atau untuk kebutuhan lain. Hal ini membuat bisnis rental mobil sangat menjanjikan.Akan tetapi banyak pebisnis rental mobil yang harus gulung tikar saat mereka belum lama membuka bisnis ini.

Hal ini menyebabkan orang yang ingin memulai bisnis ini menjadi ciut nyalinya. Bisnis ini memang menjanjikan keuntungan yang besar, akan tetapi bisnis ini juga memiliki resiko, seperti sering kali ada orang yang membawa kabur mobil sewaan atau jika terjadi kecelakaan, pebisnis harus menyediakan biaya untuk memperbaiki mobil.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk memulai bisnis ini agar dapat menghasilkankeuntungan yang besar dan resiko yang kecil. Berikut beberapa cara untuk memulai bisnis renta mobil.

Pilih Tempat Yang Strategis

Pemilihan tempat yang strategis sangatlah penting untuk menjalankan bisnis ini. Pilihlah lokasi dipinggir jalan dan mudah dijangkau. Jika suatu saat ada sesorang yang membutuhkan mobil dan belum tahu tentang rental anda, serta secara tidak sengaja melewati lokasi rental mobil anda maka orang tersebut kemungkinan besar akan menghampiri rental mobil anda.

Salah satu lokasi yang strategis adalah di pusat kota atau dekat dengan kantor dan kampus. Biasanya orang-orang yang bekerja dikantor membutuhkan mobil untuk mengadakan suatu kegiatan di suatu tempat yang memerlukan mobil. Kemudian di daerah kampus, karena sebagian mahasiswa terkadang membutuhkan mobil untuk berpergian.

Semisalkan akan berlibur bersama teman-teman dan ingin lebih nyaman, maka mereka akan menyewa mobil di rental mobil terdekat.

Pilih Mobil Baru dan Diminati di Pasaran

Hindari menggunakan mobil bekas karena biasanya mobil bekas memiliki mesin yang tidak sebaik mobil baru sehingga membutuhkan biaya yang mahal untuk perawatan mobil bekas. Sedangkan mobil dengan baru, anda dapat memikat konsumen dengan mobil yang masih bersih dan mulus dengan suara mesin yang masih halus.

Selain itu, pihak asuransi cenderung lebih menghargai asset kendaraan baru dibandingkan bekas. Kemudian pilihlah mobil yang paling disukain oleh klien.

Biasanya mobil yang disukai adalah mobil yang bisa menampung banyak orang seperti Avanza, Xenia, Innova, Grand Max dan lain-lain. Selain bisa menampung banyak orang, juga lebih nyaman untuk liburan bersama keluarga atau teman-teman serta irit bahan bakar.

Beli Mobil dengan Angsuran

Saat membeli mobil untuk direntalkan, lebih baik membeli mobil dengan cara mengangsurnya. Hal iini dilakukan karena jika harus membeli mobil secara cash, modal yang dibutuhkan sangatlah banyak. Berbeda dengan jika membeli mobil dengan cara mengangsur, anda hanya perlu membayar DP dan bisa langsung menyewakan mobil anda .

Untuk angsuran tiap bulan, anda bisa mengambil dari hasil merentalkan mobil. Misalkan biaya angsuran tiap bulan 3 juta, dan biasa sewa untuk mobil jenis A 300 ribu / 24 jam.

Itu berarti anda perlu menyewakan mobil jenis A sebanyak 10 kali atau lebih dalam satu bulan, sehingga angsuran mobil anda dapat dibayar. Begitulah sistem kerja yang baik untuk menyewakan mobil anda, dari pada harus mengeluarkan modal banyak untuk beli mobil secara cash.

Sistem Sewa yang Matang

Untuk membuka rental mobil, perlu disiapkan sistem penyewaan yang matang sehingga menghindari kasus penipuan dan kasus pelarian mobil. Untuk itu perlu adanya sistem penyewaan yang dapat mencegah hal tersebut.

Terkadang, SIM, KTP, dan surat-surat lainnya tidak cukup menjanjikan keamanan, perlu hal lain yang dapat menjamin kendaraan anda tidak dibawa kabur. Salah satunya mungkin menambahkan GPS pada mobil anda, sehingga anda bisa melacak keberadaan mobil anda jika sewaktu-waktu dibawa kabur atau belum kembali sesuai peminjaman yang ditentukan.

Lakukan Promosi

Promosi merupakan aspek penting dalam menjalankan suatu bisnis, salah satunya bisnis rental mobil. Bisnis rental mobil juga memerlukan promosi dengan cara membagikan brosur, mengiklankan di media sosial, bahkan membuat website untuk rental mobil anda.

Selain itu juga melakukan promosi di media cetak seperti koran dan majalan serta pamflet. Promosi dengan menawarkan ke hotel-hotel dan perusahaan dapat menjadi langkah promosi yang baik. Menjalin kerja sama dengan hotel dan perusahaan dapat menjadi solusi untuk menjadikan kendaraan anda tersewa secara kontinyu.

 

www.solusikeluargaharmonis.com
author
No Response

Leave a reply "5 Cara Memulai Bisnis Rental Mobil"