www.solusikeluargaharmonis.com

5 cara sukses untuk memulai usaha kuliner di rumah bagi pemula

Tak dapat dipungkiri, bisnis usaha kuliner merupakan bisnis yang cukup menjanjikan. Mengapa? Bisa anda bayangkan, anda masih mampu menahan keinginan untuk membeli baju, sepatu, tas, handphone, tapi anda tidak dapat menahan keinginan lapar karena makanan merupakan kebutuhan primer semua makhluk hidup.

Tanpa makan, semua makhluk hidup akan mati. Dengan adanya ungkapan tersebut, maka banyak pebisnis mulai membuka usaha berbasis kuliner. Mulai dari kuliner tradisional hingga kuliner mancanegara, misalnya kuliner oriental, kuliner barat, kuliner India, hingga perpaduan antara ketiga kuliner tersebut.

Saat sekarang, sudah tak jarang lagi banyak menjamur bisnis kuliner di Indonesia. Mulai dari kuliner yang berada di perkotaan metropolitan, hingga kuliner di pinggir jalan.

Pebisnis berupaya semaksimal mungkin untuk menarik pelanggan dengan beragam cara. Baik itu adanya fasilitas tambahan seperti WiFi, adanya bonus, hingga tambahan layanan berupa voucher atau kartu member.

Semua hal tersebut dilakukan sebagai media promosi dan menarik pelanggan untuk datang ke usaha kuliner mereka.

5 Cara memulai usaha kuliner dirumah anda

Apabila anda tertarik dengan usaha kuliner, maka terdapat beberapa cara bagi anda yang notabene adalah pemula dalam bidang kuliner. Kemungkinan sebagai pemula, anda bisa memulai usaha kuliner ini dari rumah. 5 cara tersebut antara lain sebagai berikut.

#Sasaran Pasar

Sasaran pasar. Yang dimaksud dengan sasaran pasar ini yakni sekiranya siapakah yang akan menjadi konsumen anda.

Apakah pekerja kantoran, mahasiswa, anak sekolah, ibu rumah tangga, pekerja proyek, dan lain sebagainya. dengan menentukan sasaran pasar, maka anda dapat menentukan jenis kuliner apa yang sekiranya cocok bagi konsumen anda.

Misalnya untuk pekerja kantoran maka kuliner yang cocok yakni makanan dnegan level sedang sampai tinggi contohnya yakni steak, spagetti, pizza, dan lain sebagainya. apabila sasaran anda adalah mahasiswa atau anak sekolah, maka makanan yang cocok yakni nasi beserta lauk pauk yang dibanderol dengan harga bersahabat bagi kantong mahasiswa atau anak sekolah.

Begitu pula dengan sasaran anda adalah ibu-ibu rumah tangga dan pekerja proyek atau konsumen lainnya

#Manajemen Dapur

.Manajemen dapur. Yang dimaksud manajemen dapur yakni rencanakan siapakah yang akan memasak bahan masakan anda. Apabila anda mumpuni dalam bidang memasak, kemungkinan anda dapat menghandle sendiri kegiatan memasak tersebut, namun apabila anda tidak pandai dalam kegiatan memasak, jangan segan untuk merekrut chef atau seseorang yang jago masak.

Hal ini digunakan untuk mempertahankan reputasi atau kualitas masakan yang anda sajikan kepada konsumen.

#Promosi yang efektif

Promosi. Dalam bisnis apapun, promosi merupakan kegiatan yang paling penting. Mengapa? Karena promosi merupakan ajang untuk “memberitahukan” kepada calon konsumen anda tentang bisnis kuliner yang sedang anda jalani. Dengan promosi yang bagus, maka bisnis kuliner anda akan semakin diminati oleh banyak konsumen.

#Pelayanan yang baik

Pelayanan. Pelayanan yang dimaksud yakni keramah-tamahan anda atau pegawai anda dalam menghadapi konsumen. Hal ini dilakukan untuk membuat konsumen merasa puas dengan pelayanan yang anda berikan sehingga mereka tidak kapok untuk datang lagi ke lokasi bisnis kuliner anda.

Selain itu, tambahkan inovasi terbaru pada usaha kuliner anda. Mengapa? Karena inovasi dibutuhkan untuk menarik pelanggan sehingga pelanggan tidak merasa jenuh dengan penampilan produk kuliner anda.

#Sarana dan Prasarana

Sarana prasarana. Hal ini juga sangat penting karena bisnis kuliner juga membutuhkan sarana prasarana yang mendukung berjalannya usaha kuliner anda.

Apabila anda berniat untuk membuka usaha kuliner di rumah, maka pastikan lokasi yang anda pilih adalah nyaman bagi konsumen.

Namun apabila anda memilih untuk membuka jenis usaha kuliner catering, maka pilihlah lokasi rumah yang luas sehingga anda dan pegawai anda dapat dengan leluasa untuk mempersiapkan pesanan catering konsumen.

Penjelasan diatas merupakan beberapa cara sukses bagi anda yang berminat untuk menjadi pebisnis kuliner di rumah.

Bukan hanya cara diatas saja yang menentukan keberhasilan bisnis anda, melainkan niat kuat anda dalam memulai bisnis. Berikut adalah 5 cara sukses untuk memulai usaha kuliner di rumah bagi pemula, sekali lagi semua usaha atau bisnis itu butuh kesabaran karena semakin majunya zaman, maka pesaing bisnis akan semakin banyak dengan inovasi-inovasi mereka untuk menarik pelanggan.

 

www.solusikeluargaharmonis.com
author
No Response

Leave a reply "5 cara sukses untuk memulai usaha kuliner di rumah bagi pemula"