www.solusikeluargaharmonis.com

7 Kunci Mengelola Usaha Kecil Agar Sukses

No comment 2102 views

Siapapun pastinya ingin memiliki usaha sendiri. Akan tetepi hambatan tersebut umumnya justru tidak berasal dari orang lain melainkan datang dari diri Anda sendiri.

Ada saja alasan yang dibuat oleh orang-orang yang baru akan memulai sebuah bisnis, bahkan terkadang sebelum mencobanya. Memiliki pemikiran seperti ini bisa menjadi penghambat terbesar untuk kesuksesan Anda.

Alasan klasik yang paling klise adalah terkait dengan modal. Pada umumnya kebanyakan orang yang belum pernah terjun ke dunia bisnis mengira bahwa terjun ke dunia bisnis memerlukan modal yang besar serta penghasilan yang nanti akan didapatkannya juga besar.

Hal seperti ini tentu saja merupakan pemikiran yang salah. Sebab tidak semua bisnis yang saat ini sukses dimulai dari modal yang fantastis juga. Bahkan kebanyakan dimulai dari modal yang pas-pasan dengan usaha bersekala kecil terlebih dahulu.

Kebanyakan para pengusaha yang sukses memulai usahanaya dengan modal yang terbatas kemudian dari modal yang awalnya terbatas itulah usahanya bisa berkembang.

Untuk itulah jangan pernah menjadikan modal sebagai alasan untuk meraih sebuah kesuksesan.

Namun memang ada yang memulai sebuah usaha dengan langsung mengeluarkan usaha yang besar. Namun perlu Anda catat bahwa ini bukanlah penentu utama untuk meraih sebuah kesuksesan.

Sebab banyak juga kejadian yang bisa diambil pelajaran bahwa tidak semua usaha yang dimulai dengan modal besar akan meraih kesuksesan.

Bahkan ada yang tidak sampai satu tahun bisnisanya gulung tikar sebab ketidak mampuannya dalam mengelola usaha tersebut dengan baik.

Untuk itulah pada dasarnya modal bukan melulu menjadi penentu keberhasilan sebuah usaha. Sebab yang paling penting sebenanrnya adalah kemampuan Anda dalam hal mengelola management dengan tepat.

Jadi apa saja kunci mengelola usaha kecil agar sukses? Di bawah ini point-point yang bisa Anda aplikasikan untuk meraih kesuksesan saat menjalankan usaha kecil yang sedang Anda rintis.

#Belajar dari Kesuksesan Orang Lain

Tahukah Anda bahwa prisip utama saat memulai sebuah bisnis adalah dengan cara melihat dari bisnis orang lain.

Ketika Anda melihat ada seseorang yang menjalankan sebuah bisnis dalam kurun waktu yang cukup lumayan lama namun tetap stabil maka Anda bisa memulai sebuah usaha dengan mencontoh jenis usaha tersebut.

Namun ingat juga jangan hanya mencontohnya saja, tetapi Anda juga harus membuat inovasi-inovasi dalam usaha tersebut.

Contohnya saja berdagang baju muslim, sebuah usaha yang saat ini baru naik daun dan juga banyak yang menggelutinya.

Untuk inovasinya sendiri, bisa saja Anda menjual brand baju muslim yang belum ada di kota Anda. Atau bisa melakukan inovasi-inovasi lainnya yang sekitanya dapat menarik para pelanggan.

#Siasati Modal

Memulai sebuah usaha seringnya terbentur dengan masalah modal. Namun sebenarnya banyak solusi yang bisa Anda lakukan.

Sebab banyak sekali cara yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan modal ini. Misalnya saja bisa meminjam modal ke bank terlebih dahulu.

Apalagi untuk saat ini banyak sekali pihak-pihak yang menawarkan pinjaman modal untuk usaha seperti ini.

Atau bisa memanfaatkan uang dari tabungan Anda untuk memberanikan diri saat memulai sebuah usaha.

Berapapun jumlahnya sebenarnya tidak menjadi soal. Yang terpenting Anda harus pandai dalam menyiasati jumlah modal awal dengan jenis usaha yang cocok dengan modal yang Anda miliki.

Dikarenakan mengorbankan uang dari tabungan Anda, Anda seharusnya akan lebih bersemangat lagi untuk mengembalikan modal dan untuk meraih keuntungan.

#Mencari Partner

Ketika usaha Anda sudah berkembang, secara otomatis usaha yang bermula hanya bersekala kecil ini akan semakin membesar, sehingga Anda akan memerlukan patner untuk mengelolanya.

Partner ini entah dalam segi permodalan atau dalam menjalankan operasional usaha (karyawan).

Namun yang perlu diperhatikan saat memilih partner adalah pilihlah yang sekiranya bisa mendukung kesuksesan usaha Anda ini, sehingga bisnis Anda dapat berkembang menjadi lebih maju lagi.

#Menghargai Waktu

Jika ingin meraih kesuksesan dalam berbisnis, waktu adalah faktor yang sangat penting. Untuk itu manfaatkanlah waktu yang Anda miliki supaya usaha yang sedang Anda geluti kian maju pesat.

Apalagi bagi Anda yang ada pekerjaan sambilan selain usaha ini, Anda harus berani menuntut diri Anda untuk bekerja lebih keras lagi.

Dengan kerja keras, pastinya akan terbayar dengan sebuah kesuksesan yang akan menghampiri Anda.

#Temukan Keunggulan dari Bisnis Anda

Bisnis akan bertahan jika memiliki sebuah keunggulan. Ketika Anda memiliki sebuah produk yang unik, kekuatan Anda tentunya ada pada produk tersebut. Misalnya saja pengusaha butik, pembuat kue atau makan khas, dan aksesoris handmade.

Ketika produk Anda ini tergolong biasa saja akan tetapi banyak dibutuhkan, Anda harus melakukan inovasi.

Inovasi tersebut bisa berupa pelayanan terbaik, ramah, atau bisa dengan memberikan bonus hadiah kepada para konsumen Anda.

Contohnya saja seperti yang sering dilakukan oleh para pebisnis online, biasanya sering memberikan penawaran gratis ongkos kirim atau giveaway untuk para customer-nya.

#Kelola Keuangan dengan Rapi

Salah satu faktor terpenting dalam usaha adalah terkait dengan keuangan. Jika usaha Anda melaju pesat akan tetapi pengelolaan keuangan Anda berantakan, bisa dipastika jika bisnis Anda ini akan gampang sekali gulung tikar.

Untuk itu solusinya adalah serahkan hal ini kepada ahlinya untuk merapikan catatan dari transaksi keuangan Anda.

Selain itu agar lebih baik lagi, Anda bisa menyewa jasa seorang akuntan yang tentunya akan lebih berkompeten ketika Anda menginginkan laporan keuangan tersaji secara lebih profesional lagi.

Dengan catatan keuangan yang rapi akan memudahkan Anda ketika ingin mendapatkan suntikan dana segar dari investor ataupun dari perbankan.

#Selalu Mencoba Hal yang Baru

Jangan sampai Anda terjebak di situasi yang terlalu nyaman di zona yang nyaman. Situasi ini dapat membuat Anda merasa jenuh dan merasa malas untuk meraih sesuatu yang lebih besar.

Solusinya adalah berikan sentuhan baru pada usaha yang sedang Anda geluti ini. Misalnya saja bisa dengan mencari atau bisa dengan memproduksi barang baru setiap bulannya.

Bisa dengan cara mengganti interior tempat usaha setiap tiga bilan sekali atau bisa menerapkan pola pemasaran yang baru pada bisnis Anda ini.

Jika Anda dulunya hanya berjualan offline, cobalah untuk memasarkan produk Anda secara online.

Hal-hal baru seperti inilah yang akan menyegarkan saat sedang mengelola sebuah bisnis sehingga tidak menjadikan Anda jenuh.

Sebab ketika rasa jenuh sudah merasuki pikiran Anda maka akan sangat berbahaya bagi kekonsistenan usaha yang sedang Anda lakukan ini.

Jika usaha Anda ingin terus konsisten dan bisa berkembang pesat maka cobalah untuk mengaplikasikan 7 kunci mengelola usaha kecil agar sukses yang sudah diulas dengan sangat jelas di atas. Selamat mencoba dan semoga usaha Anda semakin berkembang.

 

 

www.solusikeluargaharmonis.com
author
No Response

Leave a reply "7 Kunci Mengelola Usaha Kecil Agar Sukses"