www.solusikeluargaharmonis.com

7 Tips Berjualan Online Di Internet Bagi Pemula

online-shopDi era digital dan perkembangan teknologi yang semakin canggih memang banyak sekali memberikan manfaat salah satunya dengan adanya akses internet kita bisa dengan mudah untuk berkomunikasi satu sama lain dimanapun dan kapanpun. Jadi bisa di bilang sekarang ini internet sudah merupakan kebutuhan yang sangat penting bagi setiap orang bila tidak di ikuti anda bisa saja jauh ketinggalan informasi dan perkembangan zaman seperti yang kita lihat sendiri setiap orang tentu punya gadget dan akses internet dan bila anda tidak membawa atau memegangnya rasanya masih ada saja yang kurang walaupun sudah berkumpul bersama teman atau orang yang penting. Oleh karena itu banyak orang yang memanfaatkan perubahan perilaku orang yang konsumtif terhadap internet dengan membuka peluang usaha salah satunya berjualan online di internet untuk mendapatkan uang.

tips-jualan-onlineBerjualan online di internet sekarang ini memang menjadi pilihan yang sangat cerdas dibanding bila anda hanya berjualan offline sebab berjualan online dianggap sangat praktis anda hanya perlu menyiapkan PC serta akses internet anda sudah bisa mempromosikan jenis barang atau jasa yang ingin anda jual dari rumah. Beberapa toko online yang sudah cukup terkenal dan terpercaya di Indonesia seperti Olx, tokopedia, buka lapak, dsb. Tentu anda juga bisa memulai bisnis sendiri mulai dari sekarang tidak masalah meskipun anda masih baru karena dalam artikel kali ini saya akan membrikan 7 tips berjualan online di internet bagi pemula.

Bagi seorang pemula memang akan terasa sedikit sulit untuk memulai suatu hal yang baru atau pertama kalinya untuk melakukan sesuatu tentu anda dituntut untuk belajar lebih dibanding mereka yang sudah berpengalaman. Bagi anda yang masih pemula dan ingin berjualan di internet ada beberapa hal yang harus anda perhatikan sebagai berikut ini :

  1. Tentukan barang yang ingin anda jual

Saat anda ingin memulai berjualan di internet anda harus menentukan  jenis barang atau jasa apa yang ingin anda jual misalnya khusus buku, tas, sepatu, atau t-shirt. Dan bila anda ingin menjual produk sendiri anda harus menentukan jenis dan banyak barang yang akan dijual perminggu atau perbulannya oleh sebab itu anda perlu mengimbangi permintaan pasar serta jalinlah hubungan baik dengan penyuplai bahan dasar agar timbul mitra kerja yang baik. Anda juga bisa menjadi seorang reseller yaitu anda menjualkan kembali barang/jasa orang lain.

  1. Niche market

Mungkin bagi para pemula istilah “niche market” masih terdengar asing, niche market merupakan pasar yang fokus terhadap suatu jenis atau layanan tertentu. Singkatnya saat anda ingin berjualan di internet ada baiknya anda harus memfokuskan barang/jasa yang ingin anda jual secara spesifik untuk membuat pasar niche contoh umum jualan online yang kita lihat “ Toko Lina menjual segala jenis sepatu” anda bisa membuat niche market “ Toko Lina menjual jenis sepatu high heels” tentu orang yang ingin mencari highheels akan langsung mengunjungi toko anda. Oleh karena itu cobalah untuk memfokuskan barang yang ingin anda jual dan cobalah menggunakan kata kunci yang SEO (search Engine Optimization) agar nantinya toko online anda akan muncul di halam pertama google yang tujuannya untuk meningkatkan datangnya pengunjung dan pembeli.

  1. Membuat toko online

Bagi para pemula saat berbisnis online banyak yang memanfaatkan cara manual seperti via bbm, facebook, twitter dan sebagainya namun cara seperti ini dianggap kurang efektif karena usaha anda akan berkembang sampai di situ saja dan hanya dilihat oleh beberapa kontak saja bahkan bila anda terlalu sering mempromosikan barang maka anda akan dihapus dari kontak. Untuk usaha penjualan jangka panjang sebaiknya ada harus memilki website tertentu anda juga bisa memulainya dari blog berbasis blogspot atauwordpress pribadi dan bila sudah cukup modal cobalah cari jasa programmer untuk membuat website khusus toko online anda sebab bila sudah cukup bagus bisa jadi toko online anda akan tersebar hingga ke mancanegara. Contoh toko online bisa seperti www.aslibandung.com yang menjual berbagai produk fashion dari kota bandung

  1. Hindari sistem pembayaran yang rumit

Hal yang perlu anda cantumkan saat ingin berjualan online yaitu untuk memudahkan pelanggan berbelanja tanpa harus repot mengelilingi toko satu persatu dan untuk menghemat waktu. Sebaiknya untuk pelanggan yang ingin mengorder anda bisa mencatumkan No.HP, kontak BBM,Whatsup, Line agar lebih cepat dan mudah tanpa harus mendaftar, memasukkan email, no. kredit yang sangat merepotkan dan malah pelanggan menjadi malas dan mengurungkan niat untuk mengorder barang anda.

  1. Pasang foto produk yang berkualitas tinggi

Saat pelanggan mengunjungi toko online anda tentunya mereka akan melihat jenis foto atau barang yang anda sediakan oleh sebab itu anda dituntut biar memasang foto produk yang bagus dan berkualitas tinggi karena foto ini merupakan faktor penentu bisa jadi karena melihat foto yang jelek dan bahkan kualitasnya kabur pelanggan menjadi tidak tertarik.

  1. Quick respon

Seperti istilah yang mengatakan bahwa pembeli adalah raja mereka akan merasa sangat senang bila anda melayani mereka dengan baik dan cepat bayangkan saja saat seorang pembeli datang ke toko anda namun anda terlalu lama datang melayaninya  dan bahkan mengabaikannya maka tentunya si pelanggan akan pindah dan bisa jadi anda juga akan di kritik. Hal itu juga sama saat anda berjualan secara online, berikanlah pelayanan yang maksimal kepada pelanggan, mereka akan merasa senang bila anda selalu ada saat mereka ingin bertanya mengenai barang dan bahkan ingin membeli barang maka komunikasi yang baik akan terjalin, pelanggan merasa puas dengan pelayanan anda yang ramah dan tentunya lain kali mereka akan mempertimbangkan untuk berbelanja kembali di toko anda. Bahkan perusahaan-perusahaan besar menuntut karyawan mereka untuk selalu tampil ramah dan sopan setiap melayani pelanggan yang datang hal ini bertujuan untuk meningkatkan minat pelanggan.

  1. Aktif mempromosikan barang/jasa

promosi-di-internetBila anda ingin toko online anda sukses tentu anda harus rajin mempromosikan barang/jasa anda setiap hari.  Anda bisa mempromosikan barang anda melalu media jejarin sosial seperti facebook, twitter, Linkedin dengan cara mencantumkan link toko online anda dan berilah deskripsi mengenai barang yang disediakan seperti tas, ukuran, warna, dan juga harga atau melalui instagram dengan cara mencantumkan foto yang tas yang bagus kemudian hastag tas dan berilah deskripsi mengenai harga, ukuran, dan juga warna dan bila calon konsumen tertarik mereka akan mengunjungi link yang anda cantumkan serta no. kontak yan sudah anda sediakan. Anda juga bisa mempromosikan barang anda melalui “forum jual beli”seperti kaskus, forum viva dengan cara mempromosikan barang yang ingin anda jual serta mencantumkan link dan info kontak.

Demikian informasi mengenai tips berjualan di internet bagi para pemula yang bisa saya berikan khususnya buat anda yang ingin memulai bisnis online di internet. Jangan takut siapa tahu kamu bisa sukses jadi jangan menyerah sebelum mencoba. Dan semoga artikel ini bisa bermanfaat dan memberi inspirasi untuk memulai berjualan online.

 

www.solusikeluargaharmonis.com
author
No Response

Leave a reply "7 Tips Berjualan Online Di Internet Bagi Pemula"