www.solusikeluargaharmonis.com

7 Tips Memulai Usaha Kecil untuk Meraih Sukses

No comment 756 views

Ada sebuah pribahasa mengatakan ‘Lebih baik menjadi kepala semut dari pada ekor gajah’. Peribahasa ini harus Anda terapkan pada saat memulai usaha kecil untuk meraih kesuksesan.

Berwirausaha memang sangatlah menggoda. Dengan sikap yang tepat, bukan tidak mungkin kesuksesan hanyalah impian.

Tidak ada sesuatu yang instan di dunia ini. Tidak ada kesuksesan yang bisa diraih dengan cuma-cuma.

Rencana yang matang, strategi yang tepat, kerja keras, dan do’a merupakan kunci untuk meraih sebuah kesuksesan.

Jika Anda meliha Bill Gates ataupun Mark Zukenberg, pastinya Anda akan sangat iri dengan kesuksesan yang sudah diraihnya.

Namun sadarkah Anda, bahwa kesuksesan mereka berdua tidak diraih dengan cara instan. Bahkan mereka memualinya dari usaha kecil. Bahkan sebenarnya mereka juga tidak menduga jika bakal meraih kesuksesan seperti saat ini.

Untuk itulah jangan pernah berkecil hati terlebih dahulu. Sebab tidak ada yang mustahil di dunia ini.

Jangan hanya dikarenakan kendala modal Anda sudah merasa menyerah terlebih dahulu. Ingat banyak jalan menuju Roma.

Apalagi untuk saat ini, dalam hal permodalan untuk usaha kecil ataupun menengah, pemerintah Indonesia juga sudah sangat mensuport.

Jadi sebenarnya sekarang tinggal dari diri Anda sendiri. Mau atau tidak untuk mengejar kesuksesan Anda.

Untuk meraih sesuatu yang besar, Anda haruslah meraih hal-hal yang kecil terlebih dahulu. Inilah hukum alam yang tidak bisa Anda hindari.

7 Tips Memulai Usaha Kecil

Untuk meraih hal yang besar haruslah dimulai dengan sesuatu yang kecil terlebih dahulu. Begitupun juga dalam berbisnis.

Untuk meraih kesuksesan dalam usaha Anda, sebaiknya dimulai dulu dari usaha kecil terlebih dahulu.

Usaha kecil ini merupakan pondasi awal yang akan menopang kesuksesan Anda nantinya. Untuk itulah pondasinya ini harus Anda buat sekokoh mungkin.

Agar supaya sukses saat memulai usaha kecil, ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan. Diantaranya adalah:

#Lebih Realistis

Realistis merupakan salah satu kata kunci untuk keberhasilan sebuah usaha kecil. Kelihatannya sangat mudah untuk dilakukan namun kenyataannya ini sulit sekali untuk dilakukan.

Umumnya kebanyakan pebisnis pemula ingin cepat-cepat usahanya menjadi berkembang. Padahal untuk melakukan hal seperti itu tidaklah semudah membalik telapak tangan. Bahkan dikarenakan ketidak sabaran ini banyak yang menyerah di tengah jalan.

Jika Anda ingin usaha kecil terus berkembang, sikap lebih relistis harus Anda tanamkan dengan benar di hati dan pikiran Anda.

Jangan pernah terpropokasi dengan keadaan yang ada di sekeliling Anda. Tetap optimis dan konsisten dalam menjalankan usaha Anda ini.

Tidak ada pengusaha sukses yang tidak pernah mengalami kerugian, jadi ketika suatu saat ada kejadian yang tidak Anda inginkan maka jangan pernah menyerah.

Jadikanlah hal tersebut sebagai pelajaran untuk membuat langkah berikutnya, sehingga kejadian tersebut jangan sampai terulang lagi.

#Hargailah Waktu

Tancapkan dalam diri Anda hal semacam ini. Namun perlu diingat jangan terlalu ambisius. Sebab sikap yang seperti ini perlahan akan membunuh diri Anda sendiri.

Memang perlu menetapkan target dalam setiap bulannya, akan tetapi sekali lagi Anda harus relaistis dalam menyikapi hal semacam ini.

Jangan sampai dikarenakan target yang yang terlalu tinggi, Anda sendiri yang akan terkena dampaknya.

Bukan kesuksesan yang Anda raih tapi Anda akan menyiksa badan serta pikiran Anda sendiri.

Untuk itulah meskipun sangat penting untuk menghargai waktu akan tetapi tetap realistis menjadi lebih penting lagi ketika menginginkan usaha kecil yang sedang Anda rintis menjadi sukses.

#Rekruitmen Karyawan

Jika Anda ingin melakukan rekruitmen karyawan, lakukanlah dengan cara yang tepat. Maksudanya adalah jangan asal comot saat merekrut karyawan. Lihatlah kebutuhan Anda. Samakan dengan kompetensi yang dimiliki oleh karyawan tadi.

Ini sangat penting untuk diperhatikan, sebab jika karyawan yang Anda rekrut ternyata tidak sesuai dengan yang Anda butuhkan maka secara otomatis hanya akan menghambat kinerja.

Situasi seperti ini hanya akan menjadikan pekerjaan Anda tidak efektif dan efisien. Dan yang pasti akan menghambat perkembangan dari usaha kecil yang sedang Anda rintis ini.

Untuk itulah kenapa pada saat melakukan rekruitmen karyawan, SDM dari karyawan merupakan pertimbangan nomor satu.

Jual Kelebihannya bukan Harganya

Pada saat memulai sebuah usaha, pemasaran merupakan salah satu hal yang terkadang sampai membuat prustasi.

Jika Anda bersaing pada level harga, pada akhirnya yang akan dilakukan adalah menjual produk dengan harga yang pas-pasan, bahkan di bawah harga modal.

Situasi ini tentunya akan membuat usaha Anda rugi dan sulit untuk berkembang. Lantas apa yang harus dilakukan?

Yakinkan pelanggan Anda bahwa produk yang Anda tawarkan memiliki kualitas yang lebih baik sehingga sangat pantas jika dihargai lebih tinggi.

Memang ini akan sulit untuk dilakukan, namun ini harus Anda lakukan jika ingin usaha kecil Anda meraih kesuksesan.

#Memanfaatkan Teknologi Terbaru

Untuk sekarang ini banyak sekali teknologi baru rendah biaya yang ditawarkan di pasaran yang bisa digunakan untuk bersaing bahkan dengan perusahaan besar sekalipun.

Contohnya saja seperti aplikasi penyimpanan data dengan cloud technology, sebuah aplikasi penyimpana data dengan harga terjangkau yang bisa Anda manfaatkan.

Selain itu Anda bisa memanfaatkan teknologi-teknologi baru dengan harga terjangkau saat melakukan promosi produk yang Anda tawarkan.

Apalagi di era digital seperti sekarang ini, sebuah era yang menjadikan masyarakat lebih memilih transaksi online ketimbang transaksi dalam bentuk offline.

Untuk itulah media ini bisa Anda manfaatkan sebagai strategi promosi, selain tentunya Anda juga harus mengotimalkan promosi dalam bentuk offline juga.

#Perlakukan Vendor dengan Baik

Perlakukanlah vendor ataupun suplier dengan sebaik mungkin. Sama halnya ketika Anda memperlakukan para pelanggan.

Hubungan baik ini sangat penting untuk dijaga, sebab dengan adanya hubungan baik seperti ini akan memepermudah jalannya usaha Anda kedepannya.

Para vendor atau suplier ini bisa saja memberikan diskon berdasrakan dari besarnya volume dari pemesanan.

Hubungan yang baik ini biasanya juga akan berdampak bahkan dalam hal proses pembayaran, misalnya ketika ada keterlambatan pembayaran, atau bahkan Anda akan diberikan biaya gratis pengiriman barang.

Untuk itulah kenapa begitu penting untuk menjaga hubungan baik dengan vendor atau suplier, sebab jika sudah terjalin sikap saling percaya, akan menjadi semakin mudah kedepannya.

#Jadilah yang Terbaik

Maksudnya adalah Anda tidak boleh berpikiran setengah-setengah saat sudah memutuskan usaha kecil model apapaun.

Buatlah apapaun yang Anda lakukan apakah itu untuk klien atau untuk peoduk yang Anda tawarkan haruslah yang terbaik.

Ini sangatlah penting untuk dilakukan, sebab kepercayaan dari pelanggan merupakan hal yang sangat penting untuk Anda dapatkan.

Jika Anda sudah mendapatkan kepercayaan ini maka secata otomatis konsumen akan berdatangan sendiri setiap waktu.

7 tips yang sudah dipaparkan di atas jika Anda praktikkan dengan maksimal maka bisa dipastikan peluang usaha kecil yang sedang Anda rintis akan terus berkembang sesuai dengan yang Anda harapkan.

 

www.solusikeluargaharmonis.com
author
No Response

Leave a reply "7 Tips Memulai Usaha Kecil untuk Meraih Sukses"