www.solusikeluargaharmonis.com

7 Usaha Agribisnis Paling Menguntungkan di Indonesia

agribisnis7 usaha agribisnis yang paling menguntungkan di Indonesia. Dalam beberapa tahun terakhir, usaha agribisnis menjadi salah satu bisnis favorit yang dijalankan oleh masyakat. Hal ini dikarenakan kondisi alam di Indonesia yang sangat mendukung untuk menjalankan bisnis yang satu ini. Disamping kondisi alam yang baik, faktor lain yang menjadikan bisnis agribisnis bertumbuh pesat adalah karena bisnis yang satu ini tidak membutuhkan modal yang besar, seperti halnya bisnis yang lain.

Bisnis agribisnis juga diklaim mampu memberikan keuntungan yang berlipat. Oleh karena itu, tidak heran jika bisnis yang satu ini kian hari kian menjamur bagaikan jamur yang tumbuh ketika musim penghujan. Pelaku bisnis agribisnis ini juga datang dari berbagai macam kalangan mulai dari masyarakat biasa hingga para pengusaha dengan modal besar.

Dari sekian banyak jenis usaha agribisnis yang menjanjikan, setidaknya ada beberapa jenis usaha agribisnis yang dipercaya mampu memberikan keuntungan berlipat.

Pertanyaanya adalah apakah usaha agribisnis tersebut?nah, pada kesempatan kali ini, Anda akan kami tunjukan 7 usaha agribisnis yang paling menjanjikan. Maka dari itu, simak dengan seksama ulasan berikut ini.

Menanam sayuran

sayuranMenanam sayuran khususnya sayuran organik belakangan ini menjadi trend dikalangan masyarakat. Bisnis agribisnis yang satu ini cepat berkembang karena sekarang ini masyarakat lebih pintar dan cerdas khususnya dalam menjalankan hidup sehat. Dan untuk menjalankan hidup sehat ini, seseorang harus dituntut untuk selalu mengkonsumsi sayuran yang bebas dari pestisida.

Pemintaan sayuran organik atau hidroponik yang meningkat inilah yang memicu berkembangnya bisnis agribisnis khususnya menamam sayuran organik. Selain itu, bisnis menanam sayuran ini sangat mudah dijalankan sehingga siapapun bisa menjalankanya.

Salah satu kelemahan bisnis ini terletak pada pemasaranya. Bahkan tak jarang, modal yang dikeluarkan untuk menjalankan bisnis ini jauh lebih besar ketimbang hasil yang didapatkan. Maka dari itu, untuk menjalankan bisnis ini Anda harus terus berlatih. Karena bukan hal yang tidak mungin, bisnis agribisnis menanam sayuran ini mampu memberikan keuntungan yang berlipat.

Diurutan kedua sebagai salah satu bisnis agribisnis yang paling menguntungkan adalah menjual bibit tanaman.

Jual beli bibit

bibit-unggulBisnis yang satu mungkin sangat sulit dijalankan khususnya bagi Anda yang baru terjun di dunia bisnis agribisnis. Akan tetapi, Anda tidak perlu khawatir karena Anda bisa menjadi pembibit yang handal jika Anda mau dan terus belajar. Dan bukan hal yang tidak mungkin, bibit tamanan yang Anda hasilkan mampu bersaing dengan perusahaan besar yang sudah lama terjun dalam hal pembibitan.

Peluang bisnis yang satu ini juga masih sangat luas, karena dilapangan sendiri masih banyak petani yang membutuhkan bibit yang berkualitas. Maka dari itu, inilah kesempatan Anda untuk menjalankan bisnis jual beli bibit yang berkualitas.

Selain bibit yang berkualitas, faktor lain yang menjadikan bisnis ini berkembang pesat adalah pemasaranya harus berbeda dengan yang lain. Hal ini bertujuan agar bibit Anda dikenal dipasaran.

Selain jual beli bibit tanaman, salah satu bisnis agribisnis yang tidak kalah menguntungkan adalah bisnis menanam tanaman hias.

Menanam tanaman hias

tanaman-hiasDalam beberapa tahun terakhir, bisnia tanaman hias memang mengalami penurunan harga jual. Akan tetapi, di masa yang akan datang masyarakan akan banyak yang mencari tanaman hias sebagai pelengkap hunian mereka. Oleh karena itu, bisnis tanaman hias ini menjadi salah satu bisnis agribisni yang menjanjikan.

Selain menguntungkan, bisnis yang satu ini juga bisa di sambi dengan mengerjakan pekerjaan lain seperti bekerja di kantor.

Bisnis agribisnis yang tidak kalah menguntungkan yang selanjutnya adalah menanam rempah rempah.

Menanam rempah rempah

tanaman-rempah-rempahSudah sejak lama, bangsa Indonesia dikenal sebagai salah satu penghasil rempah rempah di dunia. Karena rempah rempah inilah bangsa Indonesia dijajah oleh bangsa asing.

Sampai sekarang, Indonesia juga dikenal dunia karena hasil rempah rempahnya yang melimpah. Hampir seluruh daerah di Indonesia sangat cocok ditanami rempah rempah.

Rempah rempah sendiri masih menjadi peluang bisnis yang sangat menjanjikan. Karena rempah rempah yang berasal dari Indonesia sangat di minati oleh negara lain baik dari benua Asia, Eropa maupun Afrika. Hal ini tentu membuka peluang Anda menjalankan bisnis yang satu ini.

Beberapa jenis rempah rempah yang cocok dijadikan sebagai ladang bisnis antara lain seperti bawang merah, jahe dan lengkuas.

Peluang bisnis agribisnis yang paling menjanjikan keuntungan yang selanjutnya adalah membudidayakan tanaman untuk obat.

Budidaya tanaman obat

tanaman-obatJenis tanaman yang digunakan sebagai bahan baku obat memang mempunyai pangsa pasar sendiri. Maka dari itu, sebelum menjalankan bisnis yang satu ini alangkah baiknya jika Anda mempunyai target kira kira dimana Anda akan menyuplai tanaman obat yang Anda hasilkan. Apakah hanya untuk home industri ataukah untuk suplai pabrik besar.

Dalam beberapa tahun terakhir konsumsi obat khususnya obat herbal memang mengalami peningkatan yang sangat pesat. Oleh karena itu, budidaya tanaman obat secara tidak langsung juga mengalami pertumbuhan. Pada intinya usaha yang berkaitan dengan obat obatan ini tidak akan pernah sepi dan akan selalu ramai, mengingat semua orang butuh hidup sehat.

Beberapa jenis tanaman obat yang cocok dijadikan bisnis agribisnis yang menjanjikan keuntungan antara lain jahe merah, bunga rosela, lidah buaya, temulawak, kunyit dan daun sirih.

Selain beberapa jenis tanaman obat yang telah disebutkan diatas, tentu masih banyak lagi jenis tanaman obat yang cocok dijadikan sebagai peluang usaha. Disamping menjanjikan keuntungan yang banyak, bisnis ini juga sangat mudah untuk Anda jalankan, karena Anda bisa menanamnya di pekarangan rumah. Bahkan jika Anda tidak mempunyai ladang yang cukup luas, Anda bisa menanamnya di karung.

Bagaimana sangat menarik bukan?maka dari itu, bagi Anda yang punya keingginan menjalankan bisnis agribisnis, tidak ada salahnya jika menjalankan bisnis budidaya tanaman obat.

Jenis usaha agribisnis yang tidak kalah menguntungkan yang selanjutnya adalah budidaya jamur.

Budidaya jamur

budidaya-jamurMeskipun terlihat sepele, budidaya jamur ini patut untuk Anda coba. Hal ini karena peluang bisnis jamur konsumsi ini masih sangat menjanjikan.

Selain permintaan yang sangat besar, pesaing yang menjalankan bisnis ini juga masih sangat sepi. Jadi tunggu apalagi?

Berbagai jenis masakan mulai  dari masakan sehari hari hingga masakan yang ada di hotel dan restoran membutuhkan bahan baku jamur segar setiap harinya. Hal ini membuktikan bahwa olahan makanan yang terbuat dari jamur sangat digemari masyarakat karena disamping rasanya yang lezat, jamur juga dikenal juga mempunyai kandungan gizi yang tinggi.

Dan salah satu peluang agribisnis yang paling menguntungkan yang terakhir adalah budidaya tanaman buah.

Budidaya tanaman buah

bibit-buahUntuk menjalankan bisnis yang satu ini, Anda bisa memulainya dengan membeli bibit tanaman yang mudah dan murah.

Beberapa jenis tanaman buah yang sangat cocok untuk dijadikan sebagai lahan bisnis antara lain adalah budidaya kedondong, pisang raja, jeruk manis dan budidaya buah naga.

Salah satu buah yang sangat menguntungkan adalah tanaman durian. Saat ini durian terdiri berbagai jenis dan rata rata unggul dimana memiliki buah yang tebal, besar dan rasa yang legit manis yang mempunyai nilai ekonomis tinggi

Setidaknya itulah 7 usaha agribisnis yang paling menguntungkan di Indonesia. Akan tetapi, selain 7 bisnis agribisnis yang telah disebutkan diatas, tentu masih banyak lagi peluang bisnis yang bisa Anda jalankan.

www.solusikeluargaharmonis.com
author
No Response

Leave a reply "7 Usaha Agribisnis Paling Menguntungkan di Indonesia"