www.solusikeluargaharmonis.com

7 Usaha Modal Ringan Yang Menjanjikan Profit Tinggi

Setidaknya ada dua kriteria yang membuat sebuah usaha bisnis menjanjikan profit tinggi. Yang pertama, bisnis tersebut merupakan bisnis yang melayani masyarakat secara umum. Skupnya sangat luas. Kriteria yang kedua, bisnis tersebut sedang menjadi trend.

Dan sepertinya 7 usaha berikut ini memenuhi dua kriteria tersebut. Makanya, banyak sekali pengusaha serta pengamat dunia bisnis melihat ketujuh peluang bisnis tersebut layak untuk dijadikan opsi jika Anda berminat untuk membuka sebuah usaha.

Apalagi Anda sudah memiliki usaha dan mencoba untuk melakukan ekspansi di bisnis yang lain. Mungkin Anda bisa memilih salah satu dari 7 usaha modal ringan berikut ini.

Usaha Franchise

Banyak yang ragu dengan model franchise ini. Selain sudah banyak bertebaran bisnis franchise di berbagai daerah, mereka yang membuka usaha tersebut juga tidak mampu mendapatkan profit yang maksimal. Hal ini disebabkan mereka harus menyisihkan uang untuk pihak yang memegang merek dagang franchise tersebut.

Sebenarnya anggapan tersebut tidak salah. Tapi, Anda bisa coba bayangkan. Bisnis mana yang tidak memiliki resiko rugi? Tidak ada bisnis yang 100% pasti untung. Sementara itu, resiko bisnis franchise ini bisa diminimalisir mengingat brand yang pastinya sudah diketahui oleh banyak orang. Mungkin di berbagai daerah, brand tersebut sudah terkenal dan produk atau layanan jasanya sudah diterima dengan baik oleh konsumen.

Dan Anda harus tahu, di berbagai negara maju, bisnis franchise ini seolah menjadi bisnis yang tak pernah surut. Bisnis ini selalu berkembang dan cenderung terus berekspansi. Lihat saja 7 Eleven Inc, McDonald’s, The UPS Stone, dan lain sebagainya.

Memang sekarang ini sudah ada bisnis lain yang jauh lebih ngetrend beberapa tahun ini, yaitu Internet Marketer atau IM. Akan tetapi, bisnis franchise ini masih layak untuk dicoba. Dengan modal yang relatif kecil dan resiko rugi yang bisa antisipasi, maka Anda akan memiliki usaha yang bisa Anda andalkan untuk menjadi sumber pemasukan.

Internet Marketer

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, salah satu peluang usaha yang sedang ngetrend beberapa tahun terakhir adalah Internet Marketer. Pada intinya, ini adalah bisnis online. Jadi, Anda menjalankan bisnis ini dengan menggunakan media online, entah itu media sosial, situs, mengandalkan marketplace online yang sudah tersedia, dan lain sebagainya.

Banyak sekali testimoni positif mengenai bisnis Internet Marketer ini. Kebanyakan orang mengatakan bisnis ini relatif mudah dijalankan, tak terkecuali bagi karyawan yang harus bekerja di kantor dari pagi hingga sore. Bisnis ini bisa dikatakan semi-automatic business. Selain itu, tidak sedikit juga orang yang memberikan testimoni berupa pendapatan yang jauh dari gaji yang didapatkan menjadi seorang pegawai.

Akan tetapi, Anda tidak boleh terburu-buru untuk mencoba peluang bisnis yang satu ini. Tentu saja ada tantangannya. Tidak sedikit juga Internet Marketer yang gagal total dalam menjalankan bisnis online. Umumnya, mereka salah dalam menentukan jenis bisnis yang dijalankan mengingat banyak sekali kategori bisnis online yang bisa dipilih oleh seorang internet marketer seperti Publisher, Affiliate, dan lain sebagainya. Belum lagi dengan strategi marketing online yang bermacam-macam dan terus menerus berkembang.

Peluang Usaha Di Industri Kreatif

Tidak salah jika industri kreatif menjadi salah satu dari 7 peluang usaha yang paling menjanjikan tahun ini. Setidaknya, ada dua alasan utama. Yang pertama, industri kreatif didukung penuh oleh pemerintah. Bahkan, pemerintah daerah bahkan pemerintah pusat ikut serta dalam memberikan fasilitas untuk mendukung berkembangnya industri kreatif ini. Pemerintah melihat di berbagai negara terutama negara maju, industri kreatif sangat berpengaruh bagi perkembangan suatu bangsa. Contohnya saja Silicon Valley yang merupakan tempat berkumpulnya para pemuda kreatif di Amerika di mana mereka sangat mempengaruhi tidak hanya perkembangan Amerika, tapi juga dunia.

Alasan yang kedua, banyak anak-anak muda yang tidak mau terikat dengan sebuah pekerjaan kantoran. Bahkan, tidak sedikit mereka yang tidak mau bekerja di luar apa yang mereka sukai. Sementara itu, industri kreatif merupakan industri yang menyenangkan dan sesuai dengan passion.

Bagaimana dengan tanggapan pasar? Lihat saja tingginya minta digital advertising. Bahkan, para pebisnis yang sudah mapan dengan perusahaan mereka pun memerlukan digital advertising. Ini dianggap sebagai model marketing yang efektif sesuai dengan kebutuhan saat ini.

UMKM membuat kerajinan tangan, pakaian, homemade outfit, dan semua barang yang unik menjadi daya tarik tersendiri bagi masyarakat sekarang ini.

Peluang Usaha Jasa

Anda tahu apa yang membuat usaha jasa itu menggiurkan? Modal yang harus Anda keluarkan sangat minim sekali. Tentunya hal tersebut sesuai dengan usaha jasa apa yang Anda lakukan. Yang pasti, Anda tidak perlu mengeluarkan modal yang terlalu banyak dan terus menerus layaknya perdagangan.

Contohnya saja jasa laundry yang sekarang ini semakin ramai. Tidak hanya di perkotaan besar, laundry juga diminati di kota-kota kecil. Semakin banyak kelas menengah yang bekejar di perkantoran membuat mereka tidak memiliki waktu untuk mencuci pakaian sendiri. Laundry menjadi pilihan terbaik.

Tidak hanya laundry. Usaha di bidang jasa lainnya seperti bimbingan belajar, penitipan anak, dan lain sebagainya juga tak kalah menarik untuk Anda jadikan lahan pemasukan Anda. Hanya saja, Anda harus tahu bagaimana cara memulai, me manage, serta mengembangkan bisnis jasa tersebut. Itu yang terkadang sulit untuk dilakukan.

Jasa Catering

Berapa banyak perusahaan, instansi pemerintahan, atau hotel yang ada di sekitar daerah Anda? Sebanyak itulah peluang Anda dalam membuat jasa catering.

Bahkan tidak itu saja. Rumah tangga saja terkadang membutuhkan bantuan dari pemilik jasa catering. Pemilik rumah tidak mau repot ketika mereka menggelar acara hajatan arisan, dan lain sebagainya.

Agen Properti

Bisa dikatakan salah satu usaha yang hampir tidak membutuhkan modal adalah menjadi agen properti. Sederhana saja. Ada properti yang ingin dijual dan Anda mencoba untuk menawarkan kepada orang lain. Artinya, Anda mencari calon pembeli.

Tentunya tidak semudah itu. Agar deal, tentu ada kiat-kiat tertentu. Menjadi agen properti tidak hanya sekedar menawarkan sebuah properti. Anda harus mencari dan menemukan orang potensial membutuhkan properti.

Selain itu, Anda juga harus jago dalam hal tawar menawar serta strategi marketing. Tentunya Anda tidak harus keluar masuk setiap rumah dan menawarkan properti. Itu sama saja dengan membuang waktu. Untuk itu, untuk menjadi agen properti, Anda harus tahu strateginya.

Apakah peluang usaha ini cukup menjanjikan? Silakan hitung siapa orang yang membutuhkan rumah. Berapa banyak pasangan suami istri muda yang segera ingin memiliki rumah. Ini baru pada rumah saja, belum ruko, gedung, dan lain sebagainya.

Peluang Bisnis Hiburan

Tidak hanya orang ekonomi atas saja yang butuh hiburan. Lihat saja bagaimana sekarang hampir di setiap acara resepsi ada bagian yang menghibur. Yang paling sering diundang adalah penyanyi lengkap dengan band pengiringnya. Ini salah satu peluang bisnis hiburan yang bisa Anda garap.

Jika Anda ingin mencoba bisnis hiburan yang lumayan besar, Anda bisa coba membuka jasa layanan video editing. Sekarang ini, banyak sekali pemilik channel Youtube yang fokus melakukan marketing melalui video. Tentu saja video tersebut harus menarik dan menghibur sambil menawarkan barang atau jasa tertentu.

Sudah temukan peluang usaha modal ringan yang cocok untuk Anda? Anda perlu pilih fokus ke salah satu dari 7 usaha modal ringan yang menjanjikan tersebut di atas baru. Setelah bisa bisa dikatakan sukses, Anda bisa coba peluang usaha yang lain.

 

 

 

www.solusikeluargaharmonis.com
author
No Response

Leave a reply "7 Usaha Modal Ringan Yang Menjanjikan Profit Tinggi"