www.solusikeluargaharmonis.com

7 Usaha Ternak di Kampung yang Menguntungkan

No comment 1172 views

peluang-usaha-peternakanBerbicara masalah jenis usaha ternak yang menguntungkan khsusnya di kampung, kira-kira apa 7 usaha ternak di kampung yang menguntungkan? Lantas apa faktor yang menjadi penyebab sehingga dapat mendatangkan banyak keuntungan?

Usaha ternak merupakan usaha yang paling banyak digeluti oleh para penduduk Indonesia yang berada di darah perkampungan.

Situasi ini bukanlah tanpa alasan, faktor kondisi alam yang masih sangat mendukung membuat usaha ternak memiliki daya terik tersendiri apabila dilakukan di kampung.

Akan tetapi tidak semua usaha ternak dapat mendatangkan keuntungan yang besar. Karena banyak juga faktor yang mempengaruhinya. Misalnya saja faktor pembelinya.

Untuk itulah jenis usaha ternak yang menguntungkan harus diimbangi dengan daya beli yang bagus pula. Percuma saja apabila tidak ada pasar yang potensial bagi usaha ternak yang sedang Anda geluti.

Berangkat dari hal tersbeut, berikut ini akan diulas terkait dengan 7 jenis usaha ternak di kampung yang menguntungkan yang bisa Anda coba lakukan.

Dikatakan menguntungkan ketika dilakukan di kampung karena selain didukung oleh faktor alam, pasar untuk 7 jenis ternak ini juga sangat menjanjikan.

Sehingga setelah ternak Anda siap panen, Anda tidak akan merasa kesulitan untuk menjualnya, karena banyak masyarakat yang berminat untuk membeli ternak Anda ini.

7 Jenis Usaha Ternak di Kampung yang Sangat Menguntungkan

Beberapa jenis usaha ternak yang bisa Anda lakukan khusunya di kampung dikarenakan akan mendatangkan banyak keuntungan adalah sebagai berikut:

  1. Ternak Ayam Potong

ternak-ayam-potongAyam potong merupakan 7 usaha ternak di kampung yang sangat menguntungkan. Hal ini disebabkan pasaran untuk jenis ayam yang satu ini sangatlah menjanjikan.

Kebutuhan masyarakat Indonesia akan ayam potong setiap harinya sangatlah besar. Maka dari itu bisa dikatakan secara pasar sudah sangat mendukung.

Apalagi di tambah faktor lain seperti kondisi lingkungan yang mendukung. Masih banyaknya lokasi strategis untuk dijadikan sebagai tempat peternakan ayam potong merupakan nilai lebih tersendiri untuk membuat usaha peternakan ayam potong di kampung.

Meskipun sebenarnya butuh modal yang lumayan besar ketika ingin merintis usaha ini. Akan tetapi jika dibandingkan dengan keuntungan yang akan Anda dapatkan nantinya maka modal tersebut tidaklah ada apa-apanya.

  1. Ternak Ayam Petelur

ternak-ayam-petelurTernak ayam petelur juga merupakan salah satu dari 7 usaha ternak yang menguntungkan di kampung.

Alasannya adalah selain pasar yang sangat mendukung, lagi-lagi lokasi di kampung juga sangat mendukung untuk melakukan jenis usaha yang satu ini.

Coba Anda bayangkan, berapa ratus ribu terlur perharinya yang dibutuhkan oleh masyarakat Indonesia.

Apalagi banyak sekali kuliner di Indonesia yang pada saat proses pembuatannya membutuhkan telur ini.

Jadi dengan melihat situasi semacam itu maka melakukan usaha ayam petelur merupakan keputusan cerdas yang sudah Anda ambil.

  1. Ternak Bebek

ternak-bebekTernak bebek juga merupakan 7 usaha ternak menguntungkan di kampung, sebab masih banyak lokasi yang bisa dijadikan untuk melakukan usaha ternak bebek ini.

Selain itu peminat daging bebek di Indonesia juga sangatlah banyak. Yang pernah memakan daging bebek tentu saja bisa merasakan bagaimana sensasi rasa dari daging bebek ini. Apalagi jika diolah dengan cara yang tepat, bisa dipastikan daging bebek ini kelezatannya tidak ada duanya di dunia ini.

Maka dari itu sangat tidak mengherankan apabila permintaan daging bebek setiap harinya sangatlah tinggi. Untuk itulah dari segi pasar bisa dikatakan sangat menjanjikan.

  1. Ternak Kambing

ternak-kambing7 usaha ternak menguntungkan yang ada di kampung berikutnya adalah ternak kambing. Kebutuhan akan daging kambing setiap harinya yang tidak pernah surut merupakan indikasi utama kenapa ternak kambing merupakan pilihan yang tepat untuk Anda lakukan.

Baik kambing masih muda ataupun kambing yang sudah tua sama-sama laku di pasaran. Ditambah lagi daging kambing bisa diolah menjadi beberapa kuliner yang sangat lezat, misalnya saja sate kambing, tongseng kambing, dan gulai kambing.

Dengan banyaknya peminat dari kuliner-kuliner yang dibuat dengan menggunakan daging kambing maka sangat wajar apabila kebutuhan akan daging kambing setiap harinya tidak pernah surut.

Untuk itulah kenapa ternak kambing merupakan pilihan cerdas yang bisa Anda lakukan terutama ketika usaha Anda berada di kampung.

Karena apabila usaha Anda ini dilakukan di daerah perkotaan maka secara lokasi sangat tidak mendukung. Selain lokasinya yang sudah tidak ada, pasti Anda akan di demo oleh tetangga-tetangga Anda karena akan sangat mengganggu kenyamanan.

  1. Ternak Sapi

ternak-sapiSelain ternak kambing, ternak sapi merupakan salah satu 7 jenis usaha ternak menguntungkan yang ada di kampung.

Sudah tidak diragukan lagi apabila pasaran dari daging sapi sangat potensial di Indonesia. Selain langsung dinikmati dagingnya, daging sapi juga banyak dijadikan campuran olahan kuliner di Indoensia.

Siapa yang tidak mengenal bakso urat sapi, salah satu jenis baksa yang sangat nendang di lidah saat menikmatinya.

Banyaknya pedagang bakso sapi yang ada di Indoensia ini merupakan indikasi apabila kebutuhan daging sapi setiap harinya sangatlah besar. Bahkan cenderung meningkat.

Apalagi harga jual sapi yang sangat mahal. Untuk itulah sangat wajar apabila ternak sapi masuk dalam kategori 7 dari usaha ternak yang sangat potensial apabila dilakukan di kampung.

Kenapa di kampung, karena kondisi kampung sangat mendukung apabila dibuat untuk tempat ternak sapi ini.

  1. Ternak Ikan Air Tawar

ternak-ikan-air-tawarSelain banyak yang sangat suka dengan olahan ikan air tawar, harga ikan air tawar serta tidak membutuhkan waktu yang terlalu lama saat memanennya merupakan bukti bahwa ternak ikan air tawar sangatlah menjanjikan.

Untuk itulah wajar saja apabila ternaik ikan air tawar ini masuk dalam 7 usaha yang menguntungkan di kampung.

Lantas jenis ikan air tawar apa saja yang memiliki potensi akan mendatangkan keuntungan yang besar?

Ikan lele merupakan primadona dari jenis ikan air tawar ini. Hal ini disebabkan karena kebutuhan ikan lele di pasaran setiap harinya sangatlah besar.

Selain ikan lele, Anda juga bisa memilih ikan air tawar lainnya, contonhya seperti ikan gurame, ikan nila, dan lain sebagainya.

  1. Ternak Cacing

ternak-cacingSiapa yang menyangka binatang menjijikkan sperti cacing ini dapat mendatangkan keuntungan yang sangat laur biasa.

Bahkan untuk saat ini pasaran dari cacing ini bukan hanya di dalam negeri saja, akan tetapi sudah merambah ke pasaran internasiolan.

Banyak pengusaha cacing yang sudah melakukan ekspor cacing, umumnya cacing ini dikirim ke negara Jepang dan Belanda.

Akan sangat wajar apabila banyak peminat dari binatang ini, karena cacing ini merupakan binatang yang memiliki kemampuan untuk menyembuhkan beberapa jenis penyakit. Sehingga kebanyakan cacing ini digunakan sebagai campuran pada saat pembuatan obat.

Itulah beberapa jenis usaha ternak yang bisa Anda lakukan di kampung dan sekaligus memiliki potensi besar dapat mendatangkan keuntungan. Bagaimana dari 7 usaha ternak di kampung yang menguntungkan yang telah diulas di atas, Anda memilih jenis usaha yang mana?

 

 

 

 

 

 

www.solusikeluargaharmonis.com
author
No Response

Leave a reply "7 Usaha Ternak di Kampung yang Menguntungkan"