www.solusikeluargaharmonis.com

Belajar Bisnis dengan Membaca Buku

No comment 1741 views

membaca-buku-bisnisMungkin Anda sering diberi nasehat untuk membaca buku, namun tahukan Anda 8 keuntungan belajar dari membaca buku? Bayak yang menganggap tidak ada bedanya antara belajar dari video, atau mendengarkan seminar dengan membaca buku. Ternyata, berbeda antara belajar dengan cara mendengarkan dengan belajar dengan cara membaca.

Sayangnya, sekarang ini seolah-olah semakin banyak orang yang malas belajar dengan cara membaca buku. Karena banyak media seperti televisi, VCD, Youtube, dan lain sebagainya, kebanyakan masyarakat mulai meninggalkan buku dan beralih ke media lain yang bersifat visual. Padahal jika anda teliti lebih jauh ada informasi didalam buku yang tidak semuanya ada di media visual, seperti koleksi yang ada di www.bukupilihan.com Hal ini dikarenakan media visual menawarkan kemudahan dalam mencerna informasi apapun yang disampaikan.

Namun, ada hal yang tidak bisa Anda dapatkan seperti ketika Anda belajar dengan cara membaca buku. Berikut 8 keuntungan belajar dari membaca buku

  1. Mempertajam Kemampuan Anda dalam Menganalisis, Salah satu keuntungan dari membaca adalah membaca akan membuat Anda semakin kuat dalam melakukan analisis. Bayangkan jika Anda hanya menonton film. Maka otak Anda tidak perlu menciptakan karakter karena sudah divisualkan. Berbeda jika Anda membaca novel. Selain memahami alur cerita dan konflik, otak juga diperintah untuk menciptkan karakter-karakter dalam novel serta menjelaskan sifat dari setiap karakter. Jadi, membaca membuat otak Anda bekerja lebih keras daripada menonton, bukan?
  2. Memperbaikan Konsentrasi, Mungkin Anda salah satu orang yang sering lupa sesuatu seperti nama tempat, alamt rumah, dan lain-lain. Itu berarti Anda memiliki masalah dalam hal konsentrasi. Anda susah untuk konsentrasi sehingga menganggap semau hal itu biasa-biasa saja. Akhirnya, Anda akan sering melupakan suatu hal. Salah satu terapi yang mudah Anda lakukan adalah membaca. Pasalnya, membaca akan melatih konsentrasi Anda.
  3. Membaca Membuat Anda Terlatih dalam Menulis,Tidak ada seorang penulis yang mahir tanpa didahului membaca. Kebanyakan penulis hebat itu karena mereka sudah banyak membaca buku-buku. Membaca tidak hanya memberi Anda informasi yang bisa Anda tulis, tapi membaca juga secara tidak sadar mengajarkan Anda tentang gaya bahasa atau style.
  4. Membaca Sebagai Cara Relaksasi,Keuntungan belajar dari membaca buku selanjutnya adalah relaksasi. Siapa yang bilang relaksasi hanya bisa dilakukan dengan cara kontemplasi atau yoga. Ternyata, membaca buku juga bisa Anda jadikan sebagai cara menyenangkan untuk mendapatkan ketenangan. Tentu saja Anda harus memilih buku yang tepat seperti novel romance atau buku-buku spiritual. Lalu, apa ada hubungannya dengan proses belajar? Tentu saja ada. Dengan menemukan ketenangan, maka Anda akan bisa mencerna apapun ilmu atau pengetahuan dengan mudah. Berbeda jika Anda dalam keadaan tertekan.
  5. Meningkatkan Kemampuan Otak,Ini merupakan inti dari belajar, yaitu meningkatkan kemampuan otak, tidak hanya untuk menghafal, tapi juga memahami sebuah masalah. Oleh karena itu, para pengajar saat ini lebih menekankan pada proses belajar dengan cara membaca daripada mendengarkan ceramah di kelas.
  6. Menghilangkan Stress, Anda pasti sering mendengar banyak siswa yang stress kala mengahadapi ujian nasional. Itu bukan hanya dikarenakan ketakutan mereka terhadap ujian nasional, tapi karena mereka tidak memahami proses belajar melalui membaca. Mereka hanya membaca dan mengerjakan soal hanya untuk lulus. Mereka tidak tahu bahwa membaca itu juga dijadikan cara belajar untuk menambah wawasan serta ilmu dan juga menghilangkan stress. Jadi, belajar yang menyenangkan itu belajar dengan cara membaca dengan santai.
  7. Memperkaya Wawasan,Tentu ada banyak cara untuk menambah wawasan, seperti mendengarkan ceramah atau ikut seminar. Namun, Anda juga tidak boleh meninggalkan kegiatan membaca buku karena membaca bisa Anda lakukan setiap saat. Sementara ceramah dan seminar hanya bisa Anda ikuti sekali saja. Sementara itu, kemampuan otak untuk mengingat suatu hal itu terbatas. Dengan membaca, maka Anda akan mengingat kembali informasi apa yang sudah Anda pernah serap yang mungkin sudah Anda lupakan.
  8. Menambah Kosakata, Ada banyak sekali siswa yang memiliki masalah dengan pelajaran bahasa asing sepreti Bahasa Inggris. Mereka mungkin mengikuti les tambahan setelah sekolah atau mengikuti kegiatan ekstrakulikuler seperti ECC (English Conversation Club). Namun, hasilnya tidak signifikan. Mereka masih saja lemah dalam perbendaharaan kata. Ujung-ujungnya, mereka dipaksa untuk menghafal kosakata. Tentu saja hal tersebut sangat membosankan. Menghafal kosakata hanya akan membuat mereka jenuh dan justru malas belajar Bahasa Inggris. Selain itu, menghafal seperti hanya bersifat sementara.

Berbeda jika mereka membaca buku berbahasa Inggris, misalnya. Mereka mendapatkan kosakata langsung dengan kalimatnya. Secara tidak sadar, selama proses membaca, otak akan bekerja dan menghafal kosakata yang sudah dibaca.

Itulah beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan dari belajar melalui proses membaca. Walaupun membaca buku itu cara konvensional dibandingkan dengan menggunakan media visual modern saat ini, jelas lebih banyak keuntungan belajar dari membaca buku daripada menggunakan cara lain.

 

 

www.solusikeluargaharmonis.com
author
No Response

Leave a reply "Belajar Bisnis dengan Membaca Buku"