www.solusikeluargaharmonis.com

Bingung Mulai Bisnis Online Dari Mana?

No comment 339 views

Banyak orang yang tertarik dengan bisnis online. Apalagi dilabel dengan modal kecil atau bahkan tanpa modal. Sudah bisa dipastikan akan banyak sekali orang yang memperhatikan, mempelajari, lalu mempraktekkan.

Bagaimana hasilnya? Tidak semua bisnis tersebut benar-benar tanpa modal. Bahkan, banyak juga orang yang akhirnya keluar banyak modal dengan hasil nol besar.

Ada yang salah dengan bisnis yang dijalankan tersebut? Tentu saja tidak. Yang salah adalah mindset-nya. Harus digarisbawahi tidak ada bisnis yang bisa dijalankan tanpa modal. Apalagi jika ada yang bilang bawasannya ada bisnis online yang bisa dilakukan tanpa repot alias bisa dilakukan dengan sangat mudah. Itu bohong besar.

Oleh sebab itu, yang paling awal adalah merubah mindset. Apapun bisnis yang Anda jalankan, apakah itu secara offline atau online, semuanya butuh perjuangan. Anda siap untuk berjuang memulai bisnis online?

2 Langkah Utama Menjalankan Bisnis Online

Sebenarnya banyak sekali tips menjalankan bisnis online. Dan tips tersebut sangat rumit, apalagi bagi orang yang belum familiar dengan bisnis online.

Tips yang rumit tersebut akan semakin mudah dipahami dengan mengetahui dua langkah utama dalam bisnis online berikut ini. Diharapkan Anda yang baru pertama kali ingin menjajal bisnis online bisa mengerti apa itu bisnis secara online. Dengan demikian, Anda tidak salah langkah dalam memulai sebuah bisnis online ini.

Apa saja 2 langkah tersebut?

Memahami Jenis Bisnis Online

Jika berbicara masalah bisnis online, maka skupnya masih terlalu luas. Pasalnya, banyak sekali jenis dari bisnis online ini.

Ada satu pertanyaan yang harus Anda jawab. Apakah Anda memiliki atau tahu produk yang akan Anda jual secara online? Jika jawabannya tidak, maka kemungkinan besar Anda bisa menjalankan bisnis online berupa publisher.

Ini merupakan salah satu jenis bisnis yang dijalankan secara online di mana Anda memberikan space iklan di situs yang Anda buat. Dan dengan adanya space iklan tersebut, Anda bisa mendapatkan uang dari orang yang memasang iklan di situs Anda tersebut.

Dalam hal ini, yang paling popular di Indonesia mengenai publisher ini adalah Adsense. Bisa dikatakan ini adalah sebuah kerjasama dengan Google. Jadi, situs Anda akan dipasang iklan oleh pihak Google. Anda akan mendapatkan uang dari jumlah klik iklan yang dipasang di situs Anda tersebut.

Tentu saja publisher tidak hanya Adsense saja. Masih banyak lagi publisher lainnya. Namun, memang tidak bisa dipungkiri yang paling terkenal saat ini adalah publisher Adsense.

Bagaimana jika Anda memiliki atau tahu produk yang Anda ingin jual secara online? Nah, untuk yang satu ini, Anda bisa membuat sebuah toko online. Jika Anda punya produk atau punya kenalan produsen, Anda bisa pasarkan produk tersebut melalui toko online.

Sebenarnya, sistem jual beli produk secara online ini ada banyak sekali jenisnya. Ada yang dinamakan affiliate. Ini artinya Anda hanya merekomendasikan sebuah produk saja.

Anda tahu sebuah produk yang bagus lalu Anda rekomendasikan ke banyak orang melalui situs Anda untuk membeli produk yang menurut Anda bagus tersebut.

Ada juga yang dinamakan dropship. Sebenarnya, ini hampir sama seperti affiliate. Hanya saja, produknya biasanya bersifat fisik, bukan digital. Selain itu, pengirimnya nanti atas nama Anda sendiri, meskipun Anda bukan bukan pemilik produk tersebut atau Anda tidak memiliki produk tersebut.

Agar tidak semakin rumit, Anda sebaiknya fokus pada pertanyaan saja. Apakah Anda memiliki atau tahu produk yang Anda jual atau tidak? Jika tidak, maka Anda sebaiknya menjalankan bisnis online sebagai publisher. Jika jawabannya ya, maka Anda bisa membuat sebuah toko online.

Belajar Internet Marketing

Problem di sebuah bisnis, entah itu bisnis offline maupun bisnis online biasanya pada pemasaran. Banyak produsen yang mampu memproduksi barang kualitas bagus namun gagal karena memiliki masalah dengan pemasaran.

Di dalam dunia bisnis online, istilah pemasaran yang sering digunakan adalah internet marketing. Bagaimana cara melakukan pemasaran secara online atau internet marketing?

Internet marketing ini bisa dibagi menjadi dua kategori; yaitu gratis dan berbayar. Setiap kategori tersebut memiliki kelebihan dan kelamahan.

Internet Marketing Gratis

Anda pasti sering melihat orang yang menjual sebuah produk melalui media sosial, entah itu Facebook, Twitter, Instagram, dan media sosial lainnya. Pada intinya mereka itu sedang melakukan internet marketing.

Hanya saja, pangsa pasarnya hanya pada teman-teman yang ada di media sosial tersebut. Jadi, skupnya sangat terbatas. Inilah yang sebenarnya menjadi kelemahan pemasaran secara online menggunakan media sosial.

Kelemahan tersebut bisa ditutupi dengan cara melakukan optimasi SEO. SEO itu kepanjangan dari Search Engine Optimization. Artinya, Anda membuat sebuah situs atau toko online yang kemudian di optimasi agar mudah didapatkan oleh calon konsumen.

Situs harus berada di halaman satu mesin pencarian Google. Cara ini gratis dan pangsa pasarnya sangat luar mengingat siapa saja yang membutuhkan barang Anda bisa mendapatkan dengan mudah.

Hanya saja, ada satu yang menjadi kelemahan. Cara ini membutuhkan waktu yang cukup lama.

Pemasaran Online Secara Berbayar

Yang membedakan antara yang gratis dan berbayar adalah pangsa pasarnya. Dengan melakukan pemasaran secara berbayar, maka pangsa pasar Anda semakin luas. Iklan Anda akan keluar di berbagai tempat, seperti di mesin pencarian Google, di situs-situs, dan di media sosial.

Dalam hal ini, ada dua pemasaran secara online berbayar yang sedang menjadi trend. Yang pertama adalah Google Adwords. Artinya, Anda iklan di Google. Maka situs Anda akan muncul di halaman Google dan juga di beberapa situs yang relevan.

Yang kedua adalah FB Ads. Ini sebenarnya yang paling terkenal saat ini. Hampir semua orang, terutama generasi muda sekarang ini memiliki Facebook.

Maka bisa dikatakan pangsa pasar hampir semua produk menggunakan Facebook. Oleh sebab itu, tidak salah jika Anda beriklan di Facebook. Namanya FB Ads. Dengan menggunakan metode internet marketing seperti ini, Anda bisa menargetkan calon konsumen yang bisa disesuaikan, seperti jenis kelamin, usia, tempat tinggal, interest atau hobi, dan lain sebagainya. Jadi, Anda bisa menarget konsumen sesuai dengan yang Anda inginkan.

Inti Dari Semua Jenis Bisnis Online

Anda sudah tahu apa itu bisnis online. Setidaknya Anda tidak lagi bingung bagaimana memulai sebuah bisnis berbasis online.

Terlepas dari masalah teknis yang sudah dijelaskan sebelumnya, ada satu yang sangat penting untuk Anda ketahui. Apapun jenis bisnis online yang Anda jalankan, semuanya harus berdasarkan passion atau keinginan yang kuat.

Kebanyakan orang yang gagal dalam bisnis online tidak hanya tidak tahu apa yang harus dikerjakan dan darimana mereka harus mulai. Tidak sedikit dari mereka yang asal-asalan dalam memilih sebuah bisnis. Bisnis yang Anda jalankan akan semakin berkembang dan kuat jika itu didasarkan pada passion. Oleh sebab itu, sebelum Anda menentukan bisnis online apa yang akan Anda pilih, temukan dulu apa passion Anda.

www.solusikeluargaharmonis.com
author
No Response

Leave a reply "Bingung Mulai Bisnis Online Dari Mana?"