www.solusikeluargaharmonis.com

Bisnis Kerajinan Daur Ulang Yang Tidak Pernah Mati

kearjinan-daur-ulangSampah menjadi masalah yang dapat dianggap serius terutama di kota besar. Berbagai usaha telah dilakukan untuk mengatasi permasalahan sampah. Cara mengatasi permasalahan sampah bahkan sudah diajarkan sejak di sekolah dasar. Siswa SD diajarkan bagaimana cara memisahkan antara sampah organik dan sampah anorganik. Mereka juga diajarkan untuk memanfaatkan sampah menjadi lebih berguna.

Kepedulian masyarakat Indonesia tentang sampah sangat memprihatinkan. Sebagian besar masyarakat masih suka membuang sampah sembarangan. Kebiasaan ini dapat mengakibatkan bencana alam seperti banjir di perkotaan besar. Saluran air menjadi mampet karena tersumbat oleh sampah. Oleh karena itu, kesadaran masyarakat tentang sampah harus digalakkan.

Meskipun sampah terlihat tidak berguna karena harus dibuang namun ada jenis-jenis sampah yang masih dapat dimanfaatkan menjadi lebih berguna bahkan mendatangkan keuntungan. Sampah dapat dibedakan menjadi 2 jenis, yaitu sampah organik dan sampah anorganik. Sampah organik dapat diolah dan dimanfaatkan menjadi pupuk organik yang berguna untuk menyuburkan tanaman. Sedangkan sampah anorganik yang tidak mudah hancur dapat dimanfaatkan untuk produk daur ulang.

Bisnis Kerajinan Daur Ulang

Produk daur ulang diperoleh dari sampah anorganik yang dipilih kemudian dimodifikasi sehingga menghasilkan produk baru. Ada beberapa kerajinan produk daur ulang yang akan menambah pendapatan dan bahkan menjadi bisnis menggiurkan.

  1. Kertas bekas.

Kertas bekas yang terlihat sudah tidak dapat digunakan lagi dan dibuang ke tempat sampah ternyata masih memiliki nilai. Kertas bekas yang didaur ulang dapat menjadi produk baru seperti pigura foto, paper bag, dan lampion. Kertas bekas juga dapat dikreasikan menjadi hiasan bunga kertas.

Plastik bekas bungkus makanan atau bekas bungkus produk biasanya kemudian dibuang. Namun berkat sentuhan tangan kreatif maka plastik bekas pembungkus dapat didaur ulang menjadi suatu produk yang laris dijual. Bekas bungkus pewangi pakaian dan sabun dapat didaur ulang menjadi dompet atau tas. Bau harum dari pewangi pakaian dan sabun menjadi daya tarik tersendiri bagi pembeli.

  1. Botol bekas.

Botol bekas minuman yang terbuat dari plastik dan kaca tidak perlu dibuang. Botol-botol bekas tersebut dapat dimanfaatkan untuk pot tanaman atau dimodifikasi menjadi hiasan. Hiasan dinding dan hiasan lampu dari kaca botol menjadi kerajinan daur ulang yang diminati oleh pembeli dari luar negeri.

  1. Kulit kerang.

Kulit kerang yang ada di pantai biasanya dibiarkan berserakan begitu saja. Namun berkat sentuhan tangan dan ide yang kreatif akan membuat kulit kerang tersebut menjadi suatu barang kerajinan. Kerajinan kulit kerang dapat dimodifikasi menjadi hiasan. Barang-barang kerajinan dari kulit kerang ini juga memiliki banyak peminat dari dalam negeri maupun luar negeri.

  1. Tulang ikan.

Setelah makan ikan biasanya tulang ikan tidak ikut dimakan dan dibuang. Daging ikan yang hanya diambil untuk fillet juga akan menyisakan sampah tulang ikan. Namun saat ini berkat tangan kreatif, tulang ikan dapat menjadi produk yang bernilai tinggi. Tulang ikan dapat dibuat menjadi produk kerajinan seperti hiasan. Bahkan tulang ikan dapat dimanfaatkan menjadi makanan yang nikmat, yaitu olahan keripik tulang ikan.

Pemasaran Produk Kerajinan Daur Ulang

Masalah pemasaran produk daur ulang dapat memanfaatkan sarana pameran, iklan, brosur dan internet. Promosi melalui internet ternyata dapat mempercepat perkembangan bisnis daur ulang ini. Promosi di internet dapat menjangkau hingga ke pelosok dunia. Sarana promosi ini sangat jitu.

Saat ini pemerintah sedang menggalakkan Usaha Kecil Menengah yang dapat memberikan kontribusi untuk masyarakat. Salah satunya adalah UKM produk kerajinan daur ulang. Produk-produk yang berasal dari bahan daur ulang ini laris di pasaran bahkan banyak sekali permintaan ekspor.

Peluang ekspor untuk produk kerajinan daur ulang sangat besar. Untuk memperoleh peluang ekspor tersebut tentu saja ada beberapa upaya yang harus ditempuh. Salah satunya adalah dengan melakukan promosi melalui internet. Standar kualitas dan kuantitas produk daur ulang juga harus dijaga agar permintaan ekspor selalu berulang.

Peluang bisnis dari limbah ini akan memberikan keuntungan yang besar bagi pebisnis. Apalagi jika produk daur ulang yang dihasilkan memiliki keunikan tersendiri. Setelah produk daur ulang jadi sebaiknya mendaftarkan produknya ke pihak yang terkait agar memperoleh hak paten sehingga produk buatannya tidak ada penirunya. Kreativitas yang tinggi dan inovasi secara terus menerus pada produk daur ulang dapat menjamin produk selalu laris di pasaran.

Dengan adanya kreativitas daur ulang ini dapat memberi banyak keuntungan. Bagi lingkungan, bahan-bahan sampah yang menumpuk dapat dikurangi dan mengurangi penumpukan sampah. Kerajinan daur ulang dapat memberdayakan banyak orang, misalnya di lingkungan perumahan atau suatu desa. Pendapatan mereka akan bertambah dan dapat meningkatkan taraf hidup banyak orang.

Bisnis produk kerajinan daur ulang dapat menjadi lahan bisnis yang sangat menguntungkan. Peluang bisnis daur ulang ini dapat memberikan banyak manfaat bagi lingkungan maupun orang banyak.

www.solusikeluargaharmonis.com
author
No Response

Leave a reply "Bisnis Kerajinan Daur Ulang Yang Tidak Pernah Mati"