www.solusikeluargaharmonis.com

Bisnis Menguntungkan Bagi Mereka Yang Masih Pelajar

peluang-usaha-untuk-pelajarBelajar berbisnis sudah dapat dilakukan saat masih berstatus sebagai pelajar. Menjadi seorang pelajar sah-sah saja jika ingin berbisnis. Namun tetap tidak boleh melalaikan tugasnya sebagai seorang pelajar yang harus rajin belajar. Umumnya ketika masih berusia muda memiliki banyak ide yang dapat dijadikan peluang usaha. Semangat yang masih berkobar dan kreativitas pelajar sangat tinggi. Menjadi seorang yang sukses dapat dimulai sejak usia dini.

Memperoleh pendapatan tidak harus menjadi seorang karyawan. Berusaha dengan membuka lapangan kerja sendiri dapat memberi tantangan tersendiri agar menjadi sukses. Seorang pelajar yang sibuk belajar, namun ingin memiliki pendapatan sendiri dapat berbisnis sampingan.

Dengan adanya perkembangan teknologi maka berbisnis menjadi sangat mudah untuk dilakukan. Berpromosi dan menjual produk melalui internet akan memberikan banyak keuntungan. Seorang pelajar yang berbisnis tidak bisa diremehkan. Biasanya seorang pelajar memiliki banyak ide kreatif dan inovasi untuk memasarkan produk-produknya. Sangat banyak pengusaha sukses yang memulai bisnisnya sejak berstatus pelajar. Jatuh bangun suatu bisnis sudah dirasakan sejak usia yang masih belia sehingga bisnis yang dibangun akan menjadi lebih kokoh.

Bagi sebagian besar orang merasa ragu-ragu saat akan memulai suatu usaha. Namun apabila rasa ragu-ragu terus dipelihara maka tidak akan mungkin memulai usaha sendiri. Jadi, saat memiliki ide untuk berbisnis segera lakukan bisnis tersebut. Semakin dini memulai usaha maka semakin cepat meraih kesuksesan. Apabila suatu saat nanti ada halangan itu bukan merupakan kegagalan namun kesuksesan yang tertunda. Kegagalan demi kegagalan menjadi bisnis semakin kuat.

Berbisnis bagi pelajar harus pintar memilih peluang yang ada di sekitarnya. Berbisnis tidak harus membutuhkan modal yang besar. Dengan menggunakan modal yang terbatas dan minim sudah dapat memiliki bisnis dengan keuntungan menakjubkan.

Memilih Bisnis untuk Pelajar

Ide bisnis yang dijalankan untuk pelajar dapat diperoleh dari sekitarnya. Misalnya saja menjual peralatan tulis, pulsa, makanan kecil atau asesoris rambut. Pintar-pintar mengamati kebutuhan di sekitarnya yang dapat menjadi peluang bisnis. Bekerja sama dengan kantin sekolah atau koperasi sekolah juga dapat dilakukan. Misalnya dengan menitipkan jajanan di kantin atau menitipkan kebutuhan sekolah di koperasi.

Berikut ini beberapa peluang bisnis yang dapat dilakukan oleh seorang pelajar.

  1. Menjadi guru les privat.

Seorang pelajar yang memiliki otak encer dapat memanfaatkannya menjadi peluang bisnis, yaitu sebagai guru les privat. Les privat dapat dijalankan di luar jam sekolah sehingga tidak mengganggu kegiatan belajarnya di sekolah. Tempat untuk berbisnis les privat dapat dilakukan di rumah. Anak-anak yang akan les datang ke rumah. Les privat dengan mendatangi rumah siswa juga dapat dilakukan. Untuk berpromosi dapat melalui penyebaran brosur di lingkungan sekitar rumah. Dan biasanya promosi yang sangat ampuh adalah promosi dari mulut ke mulut.

  1. Menjadi penulis.

Bagi pelajar yang suka menulis dapat menuangkan ide karya tulisnya untuk menjadi peluang usaha. Saat ini dunia tulis menulis sedang berkembang. Media tulis tidak hanya di atas kertas saja, namun dengan perkembangan teknologi, menulis dapat dilakukan di komputer kemudian pengiriman melalui email. Puisi, artikel, dan cerpen dapat dikirim ke media massa. Jika suka menulis novel dapat dikirimkan ke penerbit untuk diterbitkan menjadi sebuah buku.

  1. Bisnis kuliner.

Pelajar yang suka memasak dan berkreasi dengan masakan dapat membuka usaha kuliner. Misalnya dapat menjalankan bisnis kulinernya setelah pulang sekolah dengan menjual kreasi makanan atau minuman di depan rumah maupun mendirikan kedai. Pelajar juga dapat menjual kreasi masakannya di sekolah yang ditawarkan kepada teman-teman sekolahnya atau dititipkan di kantin sekolah. Keuntungan yang diperoleh dari bisnis kuliner tidak dapat dianggap enteng. Tidak jarang bisnis kulinernya dapat berkembang.

  1. Bisnis menggambar.

Pelajar yang suka dan memiliki keahlian menggambar dapat menjual hasil karyanya kepada teman sekolah, guru atau orang-orang di sekitarnya. Menawarkan jasa gambar untuk majalah, koran atau buku patut dicoba.

  1. Menjadi desainer.

Saat ini usaha fashion berkembang dengan sangat pesat. Semakin banyak desainer muda yang bermunculan dengan model-model fashion berbagai gaya. Bagi pelajar yang hobby mendesain fashion atau suka menggambar desain fashion dapat berbisnis fashion. Hasil desainnya kemudian dijahit menjadi sebuah baju dan ditawarkan pada teman-temannya. Hasil karya desainnya juga dapat ditawarkan melalui online di internet. Dari bisnis fashion ini akan menghasilkan keuntungan bahkan berkembang hingga memiliki brand sendiri.

Memiliki bisnis di saat berusia pelajar patut diacungi jempol. Di usia yang masih belia ini mereka tidak hanya berpangku tangan saja meminta uang kepada orang tua tetapi dapat memberikan uang kepada orang tua. Semangat mudanya untuk memperoleh ide-ide kreatif pada produk dan inovasi pemasarannya akan membuat bisnisnya lebih berkembang.

Berbisnis di usia pelajar memang sangat boleh dan bahkan dianjurkan untuk bekal di masa depan. Namun yang tidak boleh dilupakan bagi seorang pelajar adalah tetap menomorsatukan belajarnya karena sekolah juga menjadi bekal di masa depan.

www.solusikeluargaharmonis.com
author
No Response

Leave a reply "Bisnis Menguntungkan Bagi Mereka Yang Masih Pelajar"