www.solusikeluargaharmonis.com

Cara Memperoleh Pelanggan Pertama Dari Toko Online

Hampir jutaan masyarakat tanah air melek internet, bahkan telah lama memanfaatkannya, baik itu untuk mencari informasi sampai menemukan barang yang diinginkan.

Melihat banyaknya pengguna internet, tentunya hal ini membuka peluang lebih lebar bagi Anda yang ingin berbisnis, terutama bisnis online dengan membuat sebuah toko online.

Selain membuat toko online, Anda bisa menjual barang-barang dengan memanfaatkan ecommerce marketplace. Di tempat tersebut, Anda bisa bekerjasama dengan ecommerce untuk tujuan menjual barang.

Pasalnya, situs tersebut bisa menjadi wadah yang terbaik, bahkan sebagai tempat berkumpulnya para pengguna internet dalam menemukan apa yang diinginkannya.

Namun begitu, Anda tetap bisa menggunakan cara lain untuk menjual barang, yakni dengan membuat toko sendiri sebagai wadah dari barang-barang yang Anda jual.

Nah, pertanyaannya kemudian adalah bagaimana cara Anda mendapatkan konsumen di toko online yang Anda bangun?

Meskipun ada jutaan pengguna internet, ternyata tidak mudah untuk memperoleh pelanggan. Dan ini merupakan tantangan dari setiap pemilik olshop saat ini.

Untuk memperoleh pelanggan, dibutuhan cara yang tepat. Namun sebelum mengulas caranya, mari perhatikan apa saja kelebihan dari toko online dan bagaimana cara membuatnya terlebih dahulu di bawah ini.

Kelebihan Dari Toko Online

Toko online semakin berkembang di tanah air, terbukti dengan banyaknya olshop yang mulai hadir menjajakan segala jenis barang. Mulai dari fashion, barang elektronik, sampai dengan kuliner.

Alasan dibalik mengapa banyak bermunculan toko online tidak lain karena toko online punya sejumlah kelebihan dibandingkan dengan toko konvensional. Diantaranya adalah sebagai berikut ini.

  • Bisa menjangkau pasar lebih luas

Keunggulan toko online yang tidak terbantahkan adalah konsumennya jauh lebih besar dibandingkan toko konvensional.

Hal ini disebabkan konsumen yang hadir bisa berasal dari manapun. Bahkan sampai pelosok negeri asalkan jaringan internet bisa digunakan.

  • Bisa dijalankan dari rumah

Dahulu memiliki penghasilan dengan duduk manis di rumah mustahil dilakukan. Namun berkat adanya kecanggihan teknologi ini, maka harapan tersebut bisa diwujdukan.

Bahkan penghasilan yang bisa didapatkan di rumah bisa lebih besar ketimbang bekerja di luar rumah. Dan inilah yang menjadi kelebihan dari toko online.

Cara Membuat Toko Online

Pangsa pasar lebih luas, kemudian bisa dimanage dari rumah memang menjadi alasan utama mengapa banyak pengguna internet ingin membuat toko online. Pertanyaannya kemudian bagaimana cara membuat toko online tersebut?

Untuk membuat toko online ini, Anda sejatinya bisa melakukannya dengan mudah. Yang dibutuhkan hanyalah membuat sebuah akun gmail saja.

Setelah memiliki akun gmail yang terverifikasi, Anda hanya perlu memaksimalkan jasa pembuatan toko online. Disini, penyedia jasa pembuatan website akan memberlakukan domain dan hosting.

Domain ini bisa dijabarkan dengan nama toko online yang ingin Anda buat. Kemudian hosting sendiri adalah masa berlaku toko online agar bisa tetap exist di internet.

Yang perlu dilakukan, temukan penyedia jasa pembuatan toko online. Dan biarkan penyedia jasa membuatkan toko online milik Anda.

Jika sudah, silahkan isi dengan berbagai jenis produk yang ingin dijual. Dan rajinlan untuk update konten untuk mendapatkan trafik. Tujuannya adalah agar calon pembeli datang, dan Anda bisa bersiap menjual barang untuk meraih keuntungan.

Cara Mendapatkan Konsumen Di Toko Online

Memiliki toko online sendiri terbilang mudah. Yang paling sulit adalah mencari trafik, atau mendatangkan konsumen untuk barang yang Anda jual.

Ya, sebagai pebisnis online, mendapatkan konsumen adalah hal yang harus dipikirkan. Dan memperoleh konsumen sekaligus sukses menjual barang akan menjadi titik balik dalam kehidupan Anda.

Betapa tidak, keinginan untuk mendapatkan penghasilan akan terwujud dengan lebih mudah. Bahkan bisa berlipat selama konsumen yang berkunjung lebih banyak.

Masalahnya, bagaimana cara mendapatkan konsumen tersebut? Inilah yang menjadi kendala. Namun setidaknya, masalah ini bisa diatasi dengan cara berikut ini.

  • Buatlah konten yang menarik berhubungan barang yang dijual

Kunci sukses untuk mendatangkan pengunjung adalah konten atau artikel. Anda perlu rajin untuk membuat artikel, tentunya artikel yang benar-benar bagus dan bisa menjual.

Konten yang baik adalah konten yang bukan copy paste. Jadi, Anda perlu membuatnya sendiri.

Ketika menulis artikel, pastikan apa yang ditulis berhubungan dengan produk yang dijual. Dan ide penulisan bisa berupa review produk, kelebihan produk, sampai informasi mengenai produk yang dijual.

Namun begitu, jangan jejali terus menerus dengan konten yang sifatnya menjual secara langsung. Karena konten seperti ini malah akan membuat konsumen enggan.

  • Buatlah daftar email di website

Daftar email memang banyak digunakan di website yang sudah terkenal. Fungsinya adalah untuk mengumpulkan konsumen yang potensial.

Dengan pemanfaatan daftar email ini, penjual bisa berinteraksi langsung, bahkan bisa menunjukkan barang baru yang kemungkinan dicari oleh konsumen yang telah mendaftar.

Intinya, Anda akan menawarkan barang melalui konsumen yang terdaftar tadi. Dan ini menjadi kelebihan tersendiri bila website yang Anda miliki tidak muncul di halaman pertama pencarian google.

  • Daftarkan diri anda di sebuah forum

Forum di internet beragam sekali, baik itu forum untuk kesehatan ataupun jual beli. Di forum ini, Anda bisa mencarinya di pencarian google. Tentunya yang berkaitan dengan produk yang Anda jual.

Di forum tersebut, Anda bisa memberikan tips atau penyelesaian masalah. Bila mendapatkan respon, Anda bisa mengarahkan para pembaca forum untuk memasuki toko online Anda.

Disinilah Anda bisa memperoleh sedikitnya konsumen. Bahkan konsumen  akan lebih banyak jika Anda juga aktif berdiskusi di forum tersebut.

  • Jangan lupakan media sosial

Hampir jutaan pengguna internet memiliki akun media sosial, entah itu facebook, twitter, instagram dan lain sebagainya.

Ini merupakan peluang bagus untuk menjaring konsumen. Anda hanya perlu membuat sebuah halaman khusus yang ditujukan untuk mencari konsumen.

Jika Anda sudah mendapatkan banyak follower, Anda bisa mengarahkan berbagai status penjualan menuju toko online utama. Jika berhasil, maka penjualan satu dua barang akan terwujud.

  • Berikan informasi yang jelas mengenai produk

Bicara mengenai produk, konsumen belum tentu percaya. Apalagi produk yang dijual masih baru, dan penjualan dilakukan secara online. Untuk itu, bangunlah kepercayaan pada konsumen.

Caranya adalah dengan memberikan informasi lebih jelas mengenai produk. Detail produk yang dijual ini akan memberikan gambaran khusus untuk calon pembeli, dan ini menjadi langkah bagus untuk mendapatkan kepercayaan dari pembeli.

Selain itu, berikan layanan yang terbaik. Karena layanan terbaik mengindikasikan jika toko online tersebut benar-benar mengutamakan kenyamanan dan keamanan bagi setiap pembelinya.

Inti dari pencarian konsumen adalah rajin untuk menulis artikel mengenai produk, kemudian membangun kepercayaan pada konsumen. Kedua hal ini bisa membuat calon pembeli yang berkunjung memutuskan untuk membawa pulang produk yang Anda tawarkan. Oleh karena itu, maksimalkan cara-cara tersebut agar produk Anda bisa terjual sempurna

www.solusikeluargaharmonis.com
author
No Response

Leave a reply "Cara Memperoleh Pelanggan Pertama Dari Toko Online"