www.solusikeluargaharmonis.com

Inilah 7 Cara Menghindari Ketakutan Memulai Usaha

ketakukan-mulai-usaha7 cara menghindari ketakutan saat memulai usaha merupakan solusi bagi Anda yang masih belum berani atau masih memiliki kekhawatiran yang berlebih pada saat ingin memulai sebuah usaha.

Memulai sebuah uaha terkadang banyak sekali hambatannya. Banyak hal yang terkadang dapat menjadi penyebab seseorang akan menyerah di tengah jalan padahal keberhasilan Anda belum tercapai.

Apalagi jika rasa takut akan kegagalan sudah menghantui Anda. Maka rencana atau strategi yang sudah Anda buat dengan sangat matang akan menjadi berantakan.

Bisa dibilang bahwa musuh besar dari sebuah peluang yaitu perasaan takut ketika ingin memulainya.

Umumnya rasa takut seperti ini akan muncul ketika Anda tidak mengetahui peluang apa yang sedang Anda hadapi.

Sehingga apabila Anda perhatikan banyak sekali yang kemudian menyia-nyiakan sebuah peluang tersebut lantaran hanya takut gagal.

Perasaan takut akan kegagalan merupakan hal yang umum dialami bagi mereka yang sedang memulai sebuah usaha.

Namun apabila rasa takut gagal ini terus menghantui Anda sehingga tidak berani untuk mengmbil sebuah resiko lantas Anda hanya berani melakukan hal-hal yang kecil-kecil saja maka berharap Anda akan maju sangatlah sulit terjadi.

Orang-orang dengan tipikal seperti ini selalu ingin mengambil zona aman saja dan tidak memiliki keberanian untuk mengambil sebuah resiko apapun meskipun sekecil apapaun resiko tersebut.

Sedangkan apabila Anda hanya berani melangkah pada zona aman saja sebenarnya juga memiliki resiko terhadap usaha Anda.

Anda hanya akan memiliki keberanian untuk menetapkan target yang minimal saja. Sedangkan target yang minimal secara otomatis akan menghasilkan hasil yang minimal juga. Sehingga usaha Anda akan jalan di tempat dan kemajuan usaha Anda masih jauh dari harapan.

Untuk itulah Anda harus memiliki keberanian untuk memulai sebuah gebrakan. Apalagi jika Anda sedang memulai usaha baru.

7 cara menghindari ketakutan ketika ingin memulai sebuah usaha

Banyak yang memiliki impian untuk membangun sebuah usaha sendiri, sayangnya mimpi tersebut harus dikuburnya dalam-dalam lantaran terhalang oleh rasa takut yang berlebihan.

Maka dari itu jangan pernah rasa takut menjadi penghalang bagi Anda untuk meraih sebuah kesuksesan.

Namun, jika Anda memiliki passion untuk sesuatu yang Anda inginkan maka tidak ada lagi yang perlu Anda takutkan.

Ikuti saja 7 cara menghindari ketakutan memulai usaha baru yang perlu Anda lakukan berikut ini:

  1. Petimbangkan Kerugian Apabila Kehilangan Peluang

Resiko terbesar apabila gagal pada saat mengambil peluang adalah tidak dapat memperoleh keuntungan dari peluang itu sendiri.

Coba Anda bayangkan, apabila Anda mengambil sebuah peluang maka Anda dijamin akan dapat mengatasi kendala apapun yang akan Anda hadapi.

  1. Identifikasi dampak Positif dan Negatif dari Sebuah Peluang
Pertimbangkan aspek positif dan negatif

Pertimbangkan aspek positif dan negatif

Salah satu dari 7 cara menghindari ketakutan saat memulai usaha baru adalah dengan cara mencari informasi sebanyak-banyaknya terkait dengan berapa besar peluang keberhasilan dari usaha Anda tersebut.

Tidak ada informasi yang cukup terkait dengan peluang binis Anda merupakan penyebab utama dari rasa takut itu sendiri.

Ketika tidak tahu dengan apa yang akan dihadapi maka akan berdampak sangat buruk terhadap perasaan takut itu sediri.

Untuk itulah dorong diri Anda untuk mencari informasi selengkap mungkin tentang apa yang akan Anda hadapi misalnya bisa dengan cara melakukan sebuah penelitian.

  1. Membuat Skenario Terburuknya

Membuat scenario terburuk merupakan salah satu dari 7 cara menghindari ketakutan saat ingin memulai usaha.

Tidak ada yang mengetahui masa depan. Sebagai manusia hanya bisa berusaha dan Tuhanlah yang menentukan hasilnya.

Memulai sebuah usaha idealnya Anda harus menyiapkan tidak hanya satu strategi bisnis saja, akan tetapi sebaiknya Anda juga harus menyiapkan rencana alternatif apabila rencana awal tidak sesuai dengan harapan.

  1. Mengambil Manfaat dari Sebuah Kegagalan

7 cara menghindari ketakutan saat ingin memulai usaha baru berikutnya adalah dengan cara memahami manfaat dari sebuah kegagalan.

Jangan pernah memaknai kegagalan sebagai akhir dari sebuah usaha. Buatlah kegagalan sebagai pelajaran untuk melangkah yang lebih baik lagi kedepannya.

Memanglah tidak mudah melakukan hal seperti ini, butuh ketenangan jiwa dan pikiran agar supaya dapat berada dalam level ini.

Akan tetapi jika Anda tidak mencobanya terus dan terus maka hudup Anda dijamin tidak akan melangkah maju. Anda hanya akan jalan di tempat bahkan parahnya akan jalan mundur.

Jangan pernah menjadikan kegagalan membuat Anda untuk takut memulai sebuah usaha. Karena kegagalan ini bisa Anda jadikan sebagai guru terbaik untuk membuat langkah awal yang lebih baik untuk memulai usaha Anda.

  1. Menyiapkan Sebuah Alternatif

7 cara menghindari ketakutan ketika ingin memulai usaha adalah bisa Anda lakukan dengan cara menyiapkan sebuah alternatif.

Mengatasi resiko dengan cara membuat alternatif merupakan cara cerdas yang bisa Anda lakukan.

Dengan memiliki alternatif ini rasa takut saat memulai sebuah usaha bisa Anda minimalisir. Karena meskipun rencana pertama tidak berjalan sebuai rencana maka Anda masih memiliki rencana cadangan yang bisa Anda lakukan.

Sehingga Anda tidak panik seumpama ada kejadian yang tidak diinginkan terjadi di masa depan.

  1. Ambil Tindakan

7 cara menghindari ketakutan ketika ingin memulai usaha baru adalah dengan cara mengambil sebuah tindakan.

Memang akan sulit pada awalnya, ibarat melompat dari tebing menuju dalam danau. Akan tetapi setelah Anda melakukannya, Anda akan merasa bahwa hal itu akan aman dan setiap Anda akan melakukannya lagi maka semuanya akan menjadi semakin mudah.

Oleh karena itu segeralah mengambil tindakan. Mulailah dengan cara membuat langkah-langkah kecil sambil membangun kepercayaan diri di dalam diri Anda. Sampai pada akhirnya rasa takut itu akan hilang dengan sendirinya.

  1. Bakar Perahu

motivasi-bisnis-bakar-perahu7 cara menghindari ketakutan saat ingin memulai usaha adalah dengan cara “Bakar Perahu”

Bakar perahu merupakan sebuah pribahasa terkenal dari sejarah Yunani. Ketika tentara Yunani ingin melintasi lautan untuk melakukan perang maka hal pertama yang akan mereka lakukan adalah dengan membakar perahu/kapalnya, sehingga tidak ada kesempatan lagi untuk kembali.

Jadi satu-satunya cara ketika ingin bertahan hidup adalah dengan mengalahkan musuh. Dengan cara seperti ini bisa membuat moral dan semangat para prajurit menjadi semakin terpacu. Karena hanya ada dua pilihan, yaitu mati atau menang.

Maka dari itu apabila Anda ingin menggapai tujuan akan tetapi rasa takut selalu menghantui Anda maka satu-satunya cara adalah terus maju untuk mengejar tujuan Anda tersebut.

Jangan pernah ada pikiran untuk mundur. Itulah kenapa “Bakar Prahu” salah satu dari 7 cara menghindari ketakutan saat ingin memulai usaha baru yang bisa Anda lakukan.

Itulah 7 cara menghindari ketakutan saat memulai usaha yang bisa Anda pilih. Teruslah berusaha untuk menggapai tujuan Anda. Jangan pernah menyerah di tengah jalan.

 

 

www.solusikeluargaharmonis.com
author
No Response

Leave a reply "Inilah 7 Cara Menghindari Ketakutan Memulai Usaha"