www.solusikeluargaharmonis.com

Jenis Usaha Yang Paling Sering Dipilih Oleh Fresh Graduate

Kini, semakin banyak anak-anak muda fresh graduate yang memulai sebuah usaha baru. Mereka generasi milenial yang memang kebanyakan tidak mau dikekang oleh kontrak di perusahaan atau kantor.

Mereka ingin menunjukkan eksistensinya sendiri dengan melakukan hal yang mereka sukai. Ini menjadi salah satu alasan utama mengapa anak-anak muda yang baru lulus dari Universitas menjalankan usaha sendiri.

Tentu setiap usaha yang mereka jalankan tidak selalu berjalan mulus. Selalu ada rintangan yang harus mereka hadapi. Umumnya, mereka melakukan perhitungan yang cermat sebelum akhirnya terjun di sebuah bidang usaha tertentu.

Pertimbangan utama yang mereka lakukan adalah risiko. Sebisa mungkin mereka meminimalisir risiko buruk yang bisa saja terjadi. Mereka tidak ingin ditertawakan orang sekitar.

Pasalnya, dengan menjalankan usaha, masih banyak masyarakat yang menganggap itu bukan pilihan yang terbaik untuk seorang sarjana.

Guru Privat

Salah satu jenis usaha yang faktor risikonya sangat kecil adalah menjadi seorang guru les privat. Bisa dikatakan tidak ada modal yang harus mereka keluarkan untuk bisa menjadi guru les privat.

Ini merupakan usaha di bidang jasa. Mereka hanya perlu menunjukkan diri bawasannya mereka mampu untuk mengajar mata pelajaran tertentu.

Yang menjadi pertanyaan adalah apakah peluang usaha ini masih sangat bagus untuk saat ini? Jawabannya bisa ya dan bisa juga tidak. Tergantung apa yang mereka tawarkan.

Jika mereka mawarkan jasa memberikan pengajaran secara privat layaknya lembaga-lembaga pendidikan dan kursus lainnya, sudah jelas mereka kalah pamor. Namun, jika ada hal yang baru yang bisa mereka tawarkan, maka mereka bisa sukses dalam bidang jasa ini.

Dalam hal ini, mereka harus tahu apa yang diinginkan oleh orang tua atau anak yang menjadi calon siswa. Sekarang ini, pelajaran sudah full diajarkan di sekolah. Bahkan, ada sekolah yang memulangkan siswanya di sore hari.

Praktis tidak ada waktu bagi anak untuk les lagi. Mereka yang membuat jasa sebagai guru privat tahu apa yang bisa mereka tawarkan. Mereka bisa menawarkan pengajaran yang berbeda dengan yang diajarkan di sekolah seperti persiapan masuk Universitas, persiapan meraih beasiswa, dan lain sebagainya.

Tawaran seperti ini jauh lebih menggiurkan bagi orang tua dan juga anak daripada menawarkan les privat biasa yang tujuannya agar anak lebih matang dalam pelajaran tertentu dan mendapatkan nilai yang bagus di kelas.

Bisnis Online

Generasi milenia selain tidak ingin terkekang juga tidak ingin repot dengan peraturan seperti harus datang ke kantor setiap pagi hingga sore hari. Apalagi sekarang sudah ada internet yang merupakan media luas di mana mereka bisa menjalankan berbagai jenis bisnis.

Secara umum, usaha yang dijalankan dengan mengandalkan internet disebut dengan bisnis online. Ada banyak sekali jenis bisnis online yang mereka bisa jalankan seperti menjadi seorang blogger, affiliate marketer, desianer website, penjual online, dan lain sebagainya.

Usaha semacam ini memang berisiko namun sangat kecil. Mereka tidak perlu menyewa tempat sepertu ruko atau ruang tertentu untuk bisa menjalankan bisnis mereka tersebut. Mereka bisa bekerja di mana saja, termasuk di rumah asalkan ada jaringan internet yang bisa diandalkan.

Reseller

Reseller merupakan salah satu jenis dari bisnis online. Para sarjana Fresh Graduate sangat suka dengan model bisnis ini. Hal ini disebabkan mereka hampir tidak perlu mengeluarkan modal.

Pada intinya, reseller adalah usaha untuk menjualkan sebuah produk orang lain di mana mereka tidak perlu membeli produk tersebut terlebih dahulu. Ini hampir sama dengan makelar namun metodenya yang sedikit berbeda.

Reseller konotasinya berupa usaha yang dijalankan secara online. Mereka bisa menggunakan akun media sosialnya mereka untuk memasarkan produk tertentu. Mereka yang ingin terlihat lebih profesional biasanya membuat website untuk menampilkan gambar dari produk yang mereka pasarkan.

Berkebun

Tidak harus sarjana pertanian atau agribisnis saja yang bisa menjalankan bisnis perkebunan. Siapa saja sekarang bisa belajar tentang berkebun asalkan ada niat yang kuat. Sekarang sudah tutorial berkebun dan juga seminar yang diselenggarakan oleh praktisinya secara langsung. Jadi, peluang untuk berkebun ini sangat luas.

Ini juga menjadi usaha yang paling banyak diminati oleh fresh graduate saat ini. Apalagi sekarang ini teknik berkebun selalu diperbaharuai dan cara berkebun semakin mudah.

Kini, orang yang ingin menjalankan bisnis ini tidak harus memiliki lahan perkebunan yang luas. Sekarang sudah zamannya berkebun secara modern, yaitu dengan teknik modern serta cara yang berbeda dengan yang dilakukan oleh petani konvensional.

Mereka bisa gunakan lahan yang sedikit seperti yang ada di samping atau belakang rumah untuk berkebun. Ini yang sering disebut dengan teknik berkebun hidroponik, yaitu menggunakan media tertentu yang tidak perlu memakan tempat yang luas.

Masyarakat sekarang ini juga lebih memilih tanaman yang ditanam secara natural tanpa pestisida atau yang sering disebut dengan tanaman organik.

Bahkan, mereka yang berkembun buah atau sayuran organik bisa merauh keuntungan yang luar biasa. Pasalnya, tanaman organik tidak hanya bisa dipasarkan di Indonesia saja tapi juga ke luar negeri. Apalagi, semakin tinggi permintaan produk organik dari berbagai negara.

 

Local Tour Guide

Indonesia semakin hari menjadi negara yang semakin seksi di mata para pecinta traveling luar negeri. Dan ini juga didukung dengan komitmen pemerintah yang terus memperkuat sektor pariwisata. Hal tidak hanya membuat nilai tambah ekonomi negara tapi juga masyarakat Indonesia. Kini, semakin banyak orang yang menjadi local tour guide.

Para wisatawan mancanegara lebih nyaman didampingi oleh local tour guide. Mereka lah orang yang lebih tahu tentang tempat wisata karena di sanalah mereka tinggal. Berbeda dengan tour guide dari lain daerah yang pengetahuannya mungkin sebatas dari buku atau informasi yang selama ini ia dapatkan.

Lalu, jenis usaha apa yang ingin Anda jalankan? Sebagai sarjana fresh graduate yang belum memiliki pengalaman kerja, Anda tidak memiliki bargaining position yang bagus di mata pemilik perusahaan. Anda harus menerima apa yang mereka berikan dan apa yang mereka tugaskan.

Kalaupun Anda ingin menjalankan sebuah usaha, pastikan Anda tekuni usaha tersebut. Pilih peluang usaha yang Anda memang tahu dan mampu untuk menjalankannya. Anda juga harus terus belajar mengingat dunia bisnis berubah begitu cepat

 

www.solusikeluargaharmonis.com
author
No Response

Leave a reply "Jenis Usaha Yang Paling Sering Dipilih Oleh Fresh Graduate"