www.solusikeluargaharmonis.com

Jual Susu Murni Pasteurisasi Untuk usaha anda

27916 views

Susu Pasteurisasi adalah susu sapi murni segar yang diolah melalui proses pemanasan dengan suhu 75° bertujuan mencegah kerusakan susu akibat aktivitas mikroorganisme perusak (patogen) tetapi tetap menjaga kualitas nutrisi dan gizi yang terdapat pada susu.

Menurut berbagai ahli nutrisi urutan dan klasifikasi susu yang baik dan bermanfaat besar bagi pertumbuhan adalah sebagai berikut:

1.     ASI (Air Susu Ibu) yang merupakan minuman terbaik untuk bayi sampai masa usia 2 tahun.

2.     Susu Pasteurisasi Susu segar yang kemurnian nutrisi dan kualitas gizi tetap terjaga dibandingkan produk susu olahan lainnya.

3.     Susu UHT (Ultra High Temperature) susu yang diproses dengan suhu yang tinggi dalam waktu singkat. Pemanasan suhu tinggi dapat menyebabkan kerusakan nutrisi dan kandungan gizi pada susu walaupun susu mampu bertahan lama.

4.     Susu Bubuk adalah susu murni yang dikeringkan namun proses pengeringan menyebabkan susu bubuk mengalami penurunan nilai gizi lebih banyak daripada susu cair segar olahan seperti susu pasteurisasi.

5.     Susu Kental Manis. Sebenarnya tidaklah masuk dalam kategori susu karena hanya memiliki kandungan lemak dan juga gula yang tinggi, namun rendah protein dan kalsium.

#Mengenal Susu Pasteurisasi

Bagaimana sebenarnya proses susu murni menjadi pasteurisasi?

Proses pasteurisasi merupakan sebuah proses pemanasan susu segar dengan tujuan untuk membunuh jasad-jasad renik yang bisa membahayakan kesehatan kita.

Seperti yang sering terjadi, Kuman kuman dari penyakit TBC dan Thypus ternyata dapat juga berasal dari susu. Karena pasteurisasi juga dapat membunuh sebagian jasad renik pembusuk yang memperpendek daya simpan susu.

Oleh karena itu  susu yang sudah dipasteurisasi relatif lebih awet dari pada susu segar dengan nilai gizi yang relatif sama dengan susu segar.

Tidak seperti sterilisasi, proses pasteurisasi tidak dibuat dengan tujuan untuk membunuh seluruh mikro-organisme di makanan.

Coba Bandingkan dengan appertisasi yang diciptakan oleh Nicolas Appert. Pasteurisasi memiliki tujuan utama  untuk mencapai “pengurangan log” dalam jumlah organisme, mengurangi jumlah mereka sehingga tidak lagi bisa menyebabkan penyakit (dengan syarat produk yang telah dipasteurisasi didinginkan dan digunakan sebelum tanggal kedaluwarsa).

Sterilisasi skala komersial makanan masih belum umum, karena dapat mempengaruhi rasa dan kualitas dari produk.  Produk yang bisa dipasteurisasi susu, anggur, bir, jus buah, cider (sari buah apel), madu, telur, minuman olah raga ata makanan kaleng

#Pasteurisasi sederhana

Memanaskan susu pada suhu + 63°C pada wadah terbuka selama 30 menit. Biasanya dijual dalam wadah botol gelas. Daya tahannya, jika disimpan pada suhu kamar, bisa tahan kira-kira 16 jam. Dan tahan selama 24 jam bila disimpan di lemari es.

Pasteurisasi dengan pemanasan suhu tinggi. 

Memanaskan pada suhu tinggi dan waktu pemanasan relatif singkat (proses HTST = High Temperature short time). Susu dipanaskan pada suhu 72°-75°C selama 15 detik, setelah itu didinginkan dan dibotolkan/pak.

Memanaskan pada suhu sangat tinggi (proses UHT = Ultra High Temperature). Pada cara ini, susu dipanaskan dalam dua tingkat pemanasan. Pertama 75°C dan kemudian 140°C di bawah tekanan selama 4 detik.

Setelah didinginkan, dipak dengan cara aseptis (steril). Tanpa disimpan di lemari es pun, susu UHT mempunyai daya tahan lama. Meskipun demikian kita harus tetap memperhatikan batas kadarluwarsanya. Harga susu UHT memang lebih mahal.

#Peluang Usaha Menjual Susu Pasteurisasi

Jika anda jeli terhadap peluang ini masih sangat lebar dengan potensi usaha yang sangat tinggi. Anda bisa menjadi seorang agen susu pasteurisasi atau menjadi produsen

Pemasaran susu pasteurisasi juga sangat mudah karena berbagai kalangan masyarakat sudah mulai menyadari pentingnya mengkonsumsi makanan sehat atau 4 sehat 5 sempurna

Jika anda ingin memulai usaha ini dengan lebih simple bisa menjadi info franchise yang menjual susu pasteurisasi. Cara inilah yang biasa dilakukan para pebisnis pemula agar bisnisnya bisa tumbuh dengan cepat

 

www.solusikeluargaharmonis.com
author
No Response

Comments are closed.