www.solusikeluargaharmonis.com

Kesalahan Fatal Memulai Usaha

No comment 1418 views

kesalahan-memulai-usahaKesalahan Fatal Pengusaha Pemula

Bisakah Anda sebutkan kesalahan fatal pengusaha pemula yang pernah Anda ketahui? Ternyata, setidaknya ada 5 kesalahan yang sering dilakukan oleh pengusaha pemula. Anehnya, kesalahan tersebut dilakukan terus menerus dan ditiru oleh pengusaha pemula yang lain.

Apa saja kelima kesalahan tersebut? Kelima-limanya akan dibahas secara mendetail dalam kesempatan kali ini. Selain itu, Anda pun bisa mengambil pelajaran sehingga Anda tidak seperti yang dilakukan oleh kebanyakan pengusaha pemula yang seolah kalah sebelum berperang. Kenapa demikian? Karena mereka sebenarnya belum bertempur tapi seolah sudah kalah telak. Usaha baru diritis tapi ambruk duluan.

5 Kesalahan yang Membuat Usaha Para Pengusaha Pemula Ambruk Total

Sebelumnya, harus digarisbawahi terlebih dahulu bahwa tidak semua kesalahan fatal pengusaha pemula di bawah ini membuat usaha beberapa pengusaha pemula hancul total. Gagal tidaknya sebuah bisnis tergantung pula dengan scoop atau level bisnis tersebut.

Asal Ikut Trend

Beberapa bulan yang lalu, bisnis akik sangat booming sekali. Bahkan, para wanita yang awalnya suka berlian rela menggadaikan berlian mereka dan membeli akik. Tentu fenomena ini membuat banyak orang ingin ke dunia jual beli akik.

Namun, apa yang terjadi? Lihat saja sekarang. Akik sudah tidak lagi booming seperti beberapa bulan yang lalu. Orang tidak lagi gila jika melihat akik. Bahkan, bisa dikatakan orang tidak terlalu suka lagi dan tidak terlalu bangga lagi ketika memakai akik mahal sekalipun.

Itulah yang sering dilakukan oleh pengusaha pemula. Mereka rela mengeluarkan modal yang cukup besar hanya untuk mengambil untung dari tren yang sifatnya hanya sementara.

Mereka tidak bisa melihat bagaimana seorang Bill Gate membangun perusahaan yang bisa dikatakan sampai ia tutup usia nanti bisnisnya masih ngetrend.

Asal Action

Ini adalah salah satu kesalahan fatal pengusaha pemula yang juga ditulis di beberapa buku motivasi. Memang salah satu kunci menjadi seorang pengusaha adalah, take action. Jangan terlalu lama berpikir.

Bahkan, Bob Sadino pernah mengkritik para mahasiswa yang terlalu berpikir tentang teori sehingga tidak ada action. Sementara itu, menurut salah satu panutat pengusaha Indonesia tersebut, kunci keberhasilan seorang pengusaha adalah mengutamakan action.

Akan tetapi, jika Anda satu dari berjuta-juta pengusaha pemula, jangan menelan mentah-mentah ucapan Bob Sadino tersebut. Ada ungkapan seperti ini, business is not emotional sport, business is intellectual sport. Artinya, dalam berbisnis, seorang pengusaha harus mempertimbangkan resiko-resiko yang mungkin terjadi. Sayangnya. Kebanyakan pengusaha pemula asal action dan tidak mempertimbangkan resikonya. Ibarat kata, orang terjun ke sungai tanpa mengetahui seberapa dalam sungai tersebut.

Budaya Instan

Salah satu kesalahan fatal pengusaha pemula yang paling sering dilakukan adalah ingin kaya secara instan. Tidak hanya makanan instan yang digemari oleh anak-anak muda sekarang, tapi juga dalam hal mendapatkan kekayaan. Mereka ingin lulus kuliah langsung membangun bisnis dan langsung mendapatkan profit.

Apakah Anda tahu ternyata Mark Zukerberg tidak lantas langsung mendapatkan pundi-pundi dollar seperti saat ini ketika mulai membangun Facebook. Namun, para pengusaha muda hanya melihat enaknya saja. Seorang Mark yang santai dengan penghasilan jutaan dollar tiap hari.

Budaya instan ini merupakan virus yang mudah menyerang para pengusaha muda saat ini. Dan jika Anda juga terjangkit virus yang sama, maka mustahil Anda bisa membangun bisnis yang hebat.

Banyak Gaya

Bagi Anda yang sering menjelajah dunia online terutama media sosial, pasti Anda sering melihat iklan berupa peluang usaha mudah. Pada iklan tersebut, terdapat foto anak muda yang dilingkupi dengan kekayaan seperti mobil mewah, rumah besar, berlibur di suatu tempat yang mahal, atau makan di restoran kelas mewah. Lalu, apa respon Anda? Jika Anda akhirnya bergabung dengan bisnis tersebut, bersiaplah untuk kecewa.

Saat ini media sosial dijadikan tempat menyebarkan pencitraan secara massive. Banyak pengusaha muda yang belum tentu mereka berhasil berani banyak gaya seperti selfie dengan pejabat atau selfie di tempat yang mewah. Sudah dipastikan pengusaha yang banyak gaya tersebut sebentar lagi ambruk atau jangan-jangan semua itu hanya pencitraan saja.

Sekarang pertanyaannya, siapa yang tidak tahu Bapak Khairul Tanjung. Meskipun sudah memiliki banyak perusahaan, beliau tetap sederhana dan tidak banyak gaya. Sekarang Anda bisa menyimpulkan sendiri seperti apa pengusaha sejati, bukan?

Mudah Hutang

Di beberapa seminar entrepreneurship atau seminar tentang kiat menjadi pengusaha hebat, kebanyakan pembicara akan menyarankan untuk berhutang. Karena tidak ada cara lain untuk mendapatkan modal dan segera membesarkan sebuah bisnis selain berhutang.

Memang tidak salah jika Anda berhutang asalkan Anda sudah tahu arah bisnis Anda dan apa yang akan Anda lakukan dengan hutang tersebut. Akan tetapi, jika bisnis Anda baru seumur jagung, sebaiknya Anda mengoptimalkan apa yang ada dan jangan berpikir untuh berhutang apalagi dalam jumlah banyak.

Itulah kelima kesalahan yang sering dilakukan para pengusaha pemula. Apakah Anda pernah melakukan salah satu atau lebih dari lima kesalahan fatal pengusaha pemula tersebut di atas?

Demikian juga dengan bisnis online, anda bisa dengan mudah mengikuti bisnis dan jika anda hanya terbawa trend maka akan kebingungan karena setiap hari akan muncul bisnis baru. Tidak banyak bisnis yang terbukti sudah bertahan lama dan terbuki laku di pasarkan di internet maupun di offline. Salah satu contoh bisnis internet yang bertahan lama dan layak dijalankan oleh siapapun adalah bisnis yang terkait dengan kebutuhan pokok, seperti pakaian, perawatan wajah (skincare), perawatan tubuh (penurun berat badan. obat herbal, antioksidan dll), perawatan organ intim (pasutri) dan peralatan rumah tangga.

Pengalaman dan kejelian anda dalam analisa bisnis sangatlah diperlukan, dan jika anda masih pemula silahkan dipelajari dan diikuti sosok yang sudah sukses dan bisa anda percaya. Hal yang lebih penting anda harus yakin bahwa anda juga bisa mengikuti caranya agar bisa sukses. Jika anda ingin membaca baca buku tentang kesalahan memulai bisnis bisa anda pilih di www.bukupilihan.com

www.solusikeluargaharmonis.com
author
No Response

Leave a reply "Kesalahan Fatal Memulai Usaha"