www.solusikeluargaharmonis.com

Kue Kering Lebaran Yang Tetap Menjadi Trend Bisnis

kue-lebaranKue Kering Lebaran Yang Tetap Menjadi Trend Bisnis

Yang tak bisa lepas dari perayaan hari raya Idul Fitri selain ketupat dan opor ayam adalah aneka kue kering. Beraneka macam jenis kue kering (yang tahun ini hits disingkat ‘kuker’) disajikan di tiap rumah. Dari tahun ke tahun trend kue kering yang populer di masyarakat berbeda-beda, dan rasanya tidak afdol jika tidak mengikuti trend pasar tersebut.

Melihat banyaknya permintaan kue kering, maka para pelaku bisnis menjadikan momen-momen tahunan ini sebagai momen dimana mereka membuka usaha sampingan, dengan omzet yang lumayan. Apalagi bisnis yang satu ini cenderung nothing to lose, laku? Syukur Alhamdulillah. Tak laku? Kita tak akan merugi, toh bisa dimanfaatkan oleh kita sendiri. Baik itu untuk suguhan sendiri di rumah, dijadikan parcel Lebaran untuk kerabat dan teman dekat, atau bahkan dibagikan secara cuma-cuma untuk sesama rekan yang kurang beruntung.

Tetapi, jika kita melakukan promosi yang baik sejak jauh-jauh hari, kecil kemungkinan kita akan mengalami rugi. Selain pandai melakukan promosi, kita juga harus memastikan bahwa produk kue kering yang kita produksi memiliki rasa yang nikmat, inovatif dan punya promosi bisnis yang oke, dijamin konsumen terus datang dan tak ragu mempercayakan suguhan lebarannya pada kita.

Cara Mencari Tren Kue Kering yang Tengah Hits

Sebelum memutuskan untuk berbisnis kue kering (pesanan atau jual langsung), tentu kita lebih dulu mencari informasi mengenai tren kue kering yang akan naik tahun ini, survey ke pasaran, dan juga mulai hitung menghitung modal yang akan kita keluarkan. Salah satu trik untuk melihat tren kue apa yang akan hits adalah dengan rajin memantau media sosial, terutama media sosial untuk berbagi foto seperti Instagram.

Saat menggunakan Instagram sebagai tolak ukur tren kue kering, satu patokan yang harus kita patuhi adalah memastikan kita mengikuti akun milik chef, spesialis kue kering dan kue basah, atau akun-akun milik selebtagram yang sudah terkenal memiliki passion dalam dunia memasak kue. Bahkan dengan mengikuti akun official milik produsen bahan kue dan masakan. Biasanya mereka akan membuat beberapa jenis kue kering dan melihat reaksi dari masyarakat seperti apa.

Sebenarnya baik kita, sebagai calon pebisnis kue kering musiman, dan mereka, pembuat tren kue kering yang ngehits sama-sama menggunakan reaksi masyarakat sebagai patokan. Bisa dikatakan sejenis gambling juga, bikin kreasi kue kering, sodorkan ke pasaran dan lihat reaksi. Banyak share, banyak komentar, banyak like dan banyak kreasi sejenis bermunculan di pasaran? Berarti tren yang mereka angkat sukses. Tapi jika minim publikasi dan reshare masyarakat? Ya berarti harus coba lagi.

Kita sebenarnya terima enak saja lho, sebab yang kerja keras menciptakan tren itu ya akun-akun besar milik mereka. Kita hanya menunggu hasil akhir tren, mencoba resep (yang biasanya juga disertakan dalam setiap postingan kue kering yang dipost oleh akun-akun tersebut), modifikasi resep dan promosi bisnis. Tak apa, memang seperti itu siklus bisnis.

Semua pihak diuntungkan dengan adanya tren kue kering. Produsen bahan kue dan makanan menciptakan tren yang memasukkan produk mereka sebagai bahan utama, kita sebagai pelaku bisnis utama juga mau tak mau pasti menggunakan produk mereka, bukan? Kue kering itu juga kita jual dan dapat untung. Dan masyarakat yang ingin mencoba sendiri juga akan membuat produk yang ditawarkan produsen bahan makin laris. Lihat? Semua diuntungkan di sini.

Daftar Kue Lebaran yang Wajib Dicoba

Lalu seperti apa sih kue Lebaran yang sedang ngtren di masyarakat belakangan ini? Seperti apa kue kering yang akan naik tahta saat hari raya nanti? Berikut adalah daftar singkat kue Lebaran yang pernah populer dari tahun ke tahun. Silahkan disimak, semoga bisa menjadi inspirasi.

  1. Kuker Rainbow. Semua serba rainbow alias pelangi. Dimulai dari Rainbow cake, lalu beralih ke semua jenis kreasi kue dan penganan dengan lapis-lapis warna yang cantik dan enak dilihat. Salah satu kue kering yang terkena demam rainbow adalah kue Lidah Kucing. Dibuat dengan memadukan tujuh warna pelangi yang cantik dalam satu keping kue, Lidah Kucing Rainbow ini populer banget kala itu, bahkan hingga saat ini.
  2. Cokelat Kurma Kacang. Seperti namanya, kue yang satu ini terbuat dari kurma full yang dicelup cokelat, dan dalamnya diberi cacahan mede yang renyah. Tak ada mede? Boleh pakai kacang tanah sangrai kok! Biasanya setelah dicelup cokelat, kurma ini diberi taburan sprinkle atau meses, ada juga yang menghiasnya dengan menggunakan cokelat warna-warni. Cantik!
  3. Nastar Wafer Renyah. Kuker yang satu ini agaknya akan menjadi trending topik Lebaran sekarang. Terbuat dari bahan dasar nastar kebanyakan, namun pengolahan akhir dan isiannya berbeda jauh dari kue nastar yang biasa. Adonan nastar dibuat menjadi lembaran-lembaran dengan ketebalan tertentu, lalu dipotong sesuai ukuran yang diinginkan dan setelah itu diletakkan sepotong kecil wafer, gulung dan padatkan. Hasilnya cantik sekali, wafernya juga terasa lebih renyah.

Bagaimana? Tertarik untuk mencoba bisnis kue kering Lebaran? Kerjakan semua pekerjaan dengan hati yang senang dan bahagia, niatkan untuk beribadah dan membahagiakan orang yang akan merayakan hari raya. Insya allah, berkah.

www.solusikeluargaharmonis.com
author
No Response

Leave a reply "Kue Kering Lebaran Yang Tetap Menjadi Trend Bisnis"