www.solusikeluargaharmonis.com

Melirik Peluang Usaha Budidaya Durian Bawor Di Pasaran

Peluang Usaha Budidaya Durian BaworDurian bawor telah dikenal oleh penikmatnya, rasanya manis dan dagingnya lebih tebal. Harganyapun terbilang sangat mahal. Lalu seberapa besar keuntungan yang didapatkan ketika memulai peluang usaha budidaya Durian Bawor ini?

Peluang untuk sukses di perkebunan ini cukup besar, malahan bisa dikatakan sangat besar karena hanya sekali tanam, Anda akan mendapatkan hasilnya sampai puluhan tahun berikutnya.

Coba bayangkan saja, misalnya 1 kilo durian ini dihargai 30 ribu rupiah (harga tereendah), maka bila durian ini beratnya mencapai 5 kg, maka harganya bisa mencapai 150 ribu rupiah.

Menariknya, durian bawor ini bisa mencapai berat 8 kg perbuahnya, sementara untuk bhinneka bawor sendiri bisa mencapai 15 kg (berat maksimal). Jadi, laba dari satu buah saja bisa sangatlah besar.

Anda bisa membayangkan sendiri mengenai Peluang usaha budidaya Durian Bawor ini bila satu pohon bisa menghasilkan setidaknya 50 buah atau lebih, maka hasilnya jelas akan sangat besar.

Alasan Mengapa Sebaiknya Menanam Durian Bawor?

Durian bawor menjadi komoditas unggulan, bisa dijual dimanapun, bahkan sampai luar negeri. Hal ini jelas menjadi poin plus yang mana bisa Anda maksimalkan.

Banyak alasan yang mendasari banyaknya pelaku usaha untuk memulai bisnis di dunia perkebunan yang satu ini. Diantara alasannya adalah sebagai berikut.

  • Banyak peminatnya

Meskipun durian bawor ini terbilang mahal, bukan berarti jika durian ini sepi dari pembeli. Terbukti dengan banyaknya permintaan atas durian yang satu ini karena rasanya memang khas, dan dagingnya lebih tebal, disertai dengan bijinya yang kempes.

  • Lebih menguntungkan

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, penjualan durian bawor ini terbilang cukup fantastis. Untuk 1 kg sekitar 30 ribu rupiah, dan durian ini biasanya memiliki berat sekitar 5 kg (rata-rata).

Anda bisa bayangkan berapa besar keuntungannya jika 1 pohon durian ini menghasilkan puluhan buah dengan berat rata-rata tersebut. Pastinya, Anda akan memperoleh penghasilan yang jauh lebih besar.

  • Waktu berbuahnya lebih cepat

Banyak sekali dari Anda yang mulai melirik Peluang usaha budidaya Durian Bawor ini. Alasannya adalah pohon bawor ini cepat berbuah, setidaknya 2 tahun saja Anda sudah bisa melihat buahnya bergelantungan di pohon.

Syarat utama pohon ini bisa berbuah dalam jangka waktu pendek, Anda perlu memilih jenis bibit unggulan. Dan setidaknya Anda memilih bibit yang sudah memiliki ketinggian 3 meter.

Namun jika Anda tidak memilih bibit seperti ini, biasanya pohon durian akan lamban, dan Anda butuh waktu lebih lama, setidaknya 5 tahunan dengan perawatan yang baik.

  • Pohonnya lebih pendek sudah bisa berbuah

Normalnya, pohon durian ini akan menjulang tinggi, dan menyusahkan pemilik perkebunan ketika ingin memetiknya.

Berbeda ketika Anda melirik Peluang usaha budidaya Durian Bawor ini, pohonnya tidak terlalu besar, apalagi tingginya sampai puluhan meter. Uniknya, pohon ini tetap bisa berbuah maksimal.

Apakah ini alami? Tentu saja tidak, ada trik khusus yang bisa dilakukan supaya pohon durian ini tetap pendek, tapi tetap bisa berbuah maksimal.

Caranya adalah dengan memotong ujungnya setelah mencapai 4 meteran, kemudian memberikan pemberat pada setiap rantingnya. Hal ini ditujukan untuk membuat pohon durian ini tidak menjulang tinggi.

Teknik Menanam Durian Bawor

Seperti kebanyakan tanaman, durian bawor juga ditanam dengan cara yang relatif sama. Namun ada beberapa hal yang harus diperhatikan supaya pohon ini bisa berbuah seperti yang Anda bayangkan.

Pertama kalinya, Anda harus menyiapkan lubang. Anda sebaiknya melubangi lahan kira-kira 50 cm. Hal ini dilakukan untuk membuat pohon durian cepat beradaptasi dengan lahannya.

Pada kasus ini, Anda sebaiknya membiarkan lubang tersebut selama seminggu. Terutama ketika Anda sudah mencampurkan tanah dengan kompos atau pupuk kandang.

Namun perlu diingat, jangan sampai menanam pohon durian ini dengan pupuk kandang yang masih basah atau baru. Karena pupuk tersebut masih panas, dan bisa menyebabkan kematian pada bibit tersebut. Makanya, Anda akan kehilangan Peluang usaha budidaya Durian Bawor yang menjanjikan ini.

Kedua kalinya, perhatikan jarak antara satu pohon dengan pohon durian lainnya. Ya, jika Anda memiliki lahan yang luas, pastikan Anda tidak menempatkan pohon durian terlalu berdekatan.

Hal ini dimaksudkan untuk mendukung pertumbuhan pohon sekaligus memberikan ruang untuk mendapatkan sinar matahari.

Nah, Peluang usaha budidaya Durian Bawor ini akan sangat maksimal ketika Anda menanamnya dengan memberikan jarak sekitar 10 meteran untuk masing-masing pohon, baik ke kanan atau ke kiri.

Tapi, jika Anda hanya memiliki lahan yang sempit, Anda bisa mengatur jarak tanamnya menjadi 6 meteran saja. Itu batasan minimal yang mana cukup memberikan kesempatan pohon durian ini untuk tumbuh lebih cepat.

Ketiga, lakukan pemupukan dan penyiraman. Pada kasus ini, Anda bisa melakukan pemupukan 3 bulan sekali, atau 6 bulan sekali dengan pupuk kandang. Selain itu, lakukan penyiraman secukupnya saja.

Di dalam menyiram pohon durian ini, jangan biarkan air tergenang di atas tanah yang ditanami pohon durian karena bisa menyebabkan kematian atau menyebabkan kurang normalnya pertumbuhan durian.

Kesimpulannya, dalam rentan waktu yang singkat, Anda bisa mendapatkan laba yang sangat besar setelah memanfaatkan Peluang usaha budidaya Durian Bawor ini.

 

www.solusikeluargaharmonis.com
author
No Response

Leave a reply "Melirik Peluang Usaha Budidaya Durian Bawor Di Pasaran"