www.solusikeluargaharmonis.com

Memilih Usaha Franchise Yang Bisa Tahan Lama

No comment 401 views

Harus diakui usaha franchise sekarang ini semakin sepi peminat. Ada beberapa alasan mengapa hal ini terjadi.

Yang pertama, sekarang sedang booming usaha IM atau internet marketing. Ini merupakan usaha yang minim modal namun peluang pendapatan yang berlimpah.

Bahkan, ada jenis usaha bisnis online yang hanya membutuhkan modal ratusan ribu saja untuk membuat situs. Affiliate contohnya. Hal ini disebabkan affiliate pada dasarnya hanya mereferensikan banyak orang untuk membeli produk tertentu.

Selain itu, franchise tidak lagi banyak diminati lantaran pengusaha terikat dengan pihak yang memilik merek dagang atau pemilik franchise.

Setiap franchise pasti ada syarat dan ketentuan seperti memberikan modal awal dan membayarkan fee entah itu bersifat bulanan atau tahunan. Dan inilah yang membuat para pengusaha tidak begitu bersemangat untuk memilih peluang usaha franchise.

Mungkin Anda memiliki alasan yang lain. Terlepas dari itu semua, franchise merupakan bisnis yang sampai sekarang sangat menjanjikan.

Setidaknya 3 alasan mengapa franchise masih bisa diandalkan sebagai peluang usaha yang menjanjikan profit yang besar.

#Potensi Bisnis Franchise

Jika berbicara tentang perekonomian, salah satu patokan yang tepat adalah Negara Amerika Serikat. Lihat saja berapa banyak bisnis franchise yang turun andil dalam membangun perekonomian negara. 7 Eleven dan McDonald’s menjadi dua merek dagang yang sekarang ini tersebar di berbagai negara, tak terkecuali di Indonesia.

Dua perusahaan besar tersebut membuka franchise hingga ke berbagai negara. Dan jika ada yang mengatakan franchise itu kurang diminati, sebenarnya anggapan tersebut kurang tepat. Pada kenyataannya, 7 Eleven dan McDonald’s justru semakin banyak membuka cabang di berbagai negara. Di Indonesia saja, hampir di semua kota besar dan bahkan kecil sudah ada McDonald’s. Tidak jarang juga di satu kota terdapat lebih dari 2 McDonald’s.

#Resiko Rugi Kecil

Yang menjadi kendala banyak orang dalam memulai usaha adalah ketakutan jika terjadi kegagalan atau kerugian. Apalagi jika jenis usaha yang mereka jalankan membutuhkan modal yang tidak kecil.

Lain hal jika memilih untuk membuka usaha franchise. Bisnis ini pasti sudah terkenal. Setidaknya, sudah banyak orang yang mengenal dan menerima bisnis tersebut. Jadi, akan semakin mudah untuk membuka cabang.

Selain itu, pemegang merek dagang atau pemilik franchise pasti sudah menghitung matang-matang apa saja mulai dari modal, management, dan lain sebagainya. Jadi, Anda hanya perlu mengikuti apa yang sudah ditetapkan oleh pemilik franchise. Bahkan, tidak jarang juga perusahaan franchise yang selalu memantau dan memberikan bimbingan.

Dengan keuntungan tersebut, bisa dipastikan resiko buruk akan bisa diminimalisir. Dan dengan demikian, peluang meraup untungpun semakin terbuka.

#Mudah Mendapatkan Pendanaan

Apa yang sering menjadi kendala saat membuka usaha baru? Kebanyakan orang akan menjawab pendanaan. Jika tidak ada dana yang cukup, tentu saja Anda harus lari ke bank.

Anda harus meminjam sejumlah dana untuk membuka usaha tersebut. Namun, apakah bank pasti akan memberikan pinjaman? Jika tidak ada jaminan, tentu saja pihak bank tidak akan memberikan pinjaman. Dan ini menjadi masalah yang besar jika Anda tidak ada yang bisa Anda gunakan sebagai jaminan.

Lain hal dengan usaha franchise. Brand yang sudah terkenal membuat pihak bank akan lebih mudah menyetujui jumlah dana yang akan Anda pinjam. Pasalnya, bank sudah tahu perusahaan franchise atau franchisor sehingga bank sudah yakin dengan reputasi perusahaan tersebut.

Jadi, ragu untuk membuka usaha franchise?

Meskipun demikian, ada juga franchisee atau penerima franchise yang tidak mampu mencapai target dan akhirnya mereka menutup usaha tersebut. Untuk menghindari hal tersebut, ada beberapa tips yang harus Anda ketahui.

#Memaksimalkan Brand Dari Franchisor

Anda sebagai franchisee tentu tidak hanya bisa mengandalkan brand yang sudah terkenal dari franchisor. Tetap saja Anda yang berhadapan dengan konsumen. Jika konsumen nyaman dan puas dengan pelayanan Anda, maka mereka akan kembali lagi. Jadi, brand yang sudah terkenal hanya membantu pada awal saja. Mereka sudah tahu dan percaya. Selanjutnya tugas Anda yang harus menjawab kepercayaan konsumen tersebut.

Berikut ini beberapa hal yang harus Anda perhatikan.

Memilih Target Konsumen Yang Jelas

Tidak semua usaha franchise yang sudah terkenal itu menguntungkan. Ini tergantung dengan target konsumen. Contohnya saja perusahaan besar seperti McDonald’s. Hampir semua orang mengetahui merek dagang ini. Namun, usaha ini tidak akan menghasilkan profit seperti yang Anda inginkan jika Anda membuka usaha ini di kota kecil di mana masyarakat memiliki pengahasilan yang tidak begitu besar.

Jenis Franchise

Ada banyak sekali jenis franchise seperti bidang pelayanan pendidikan, makanan, dan lain sebagainya. Dalam hal ini, Anda harus tentukan jenis franchise apa yang cocok untuk daerah yang sudah Anda tentukan.

Sekarang, banyak sekali bermunculan franchisor di bidang yang berbeda. Dulu, kebanyakan franchisor hanya pada bisnis makanan saja. Saat ini, tidak sedikit orang yang berhasil menemukan formula yang tepat sehingga semakin banyak orang yang bisa menjalankan bisnis yang mereka lakukan. Itulah mengapa mereka akhirnya membuka program franchise.

Sesuai Dengan Passion

Tidak ada usaha yang bisa bertahan dan berkembang tanpa adanya passion dari pemilik usaha. Sekalipun Anda membuka usaha franchise, passion akan menentukan bagaimana Anda menjalankan bisnis ini.

Ada baiknya Anda memilih franchise yang sesuai dengan passion. Setidaknya, Anda akan merasa senang menjalani bisnis tersebut.

Selain itu, masyarakat yang menjadi target konsumen Anda akan semakin yakin jika Anda menjalakan sebuah bisnis yang sesuai dengan passion Anda. Jika latar belakang pendidikan Anda adalah seorang IT, pasti akan semakin mudah bagi Anda untuk membuka usaha jual beli komputer, jasa perbaikan alat elektronik. Seperti itu kira-kira logikanya.

Bisnis Franchise Tahan Lama

Ada banyak sekali franchise yang gulung tikar. Namun, tidak jarang franchise yang bertahan di tengah kompetisi yang semakin kuat. Bisnis franchise makanan menjadi salah satu jenis usaha yang bertahan lama.

Hal ini disebabkan makanan merupakan kebutuhan utama masyarakat. Akan tetapi, harus dipetakan juga jenis makanannya, apakah termasuk makanan yang dikonsumsi sebagai makanan pokok atau bukan.

Selain itu, franchise yang menjual barang kebutuhan pokok juga yang paling bertahan lama. Bahkan, jumlahnya sekarang semakin banyak. Mereka tidak hanya memberikan pelayanan yang terbaik untuk konsumen, tapi juga menjual barang kebutuhan pokok dengan harga yang menarik.

Lihat saja masyarakat kini tidak lagi ragu untuk membeli bahan kebutuhan pokok di minimarket yang dulu konotasinya menjual barang dengan harga yang lebih mahal. Kini tidak lagi.

Terlepas dari hal tersebut, Anda harus pertimbangkan pula faktor lainnya seperti target konsumen dan juga passion Anda.

www.solusikeluargaharmonis.com
author
No Response

Leave a reply "Memilih Usaha Franchise Yang Bisa Tahan Lama"