www.solusikeluargaharmonis.com

Mengenal Peluang Usaha Budidaya Burung Kenari Serta Cara Merintisnya

Peluang Usaha Budidaya Burung KenariMengenal Peluang Usaha Budidaya Burung Kenari Serta Cara Merintisnya

Peluang usaha budidaya burung kenari ini tergolong sangat baik karena di samping harganya yang terbilang stabil, burung jenis ini juga sudah sangat populer di kalangan penghobi. Banyak faktor yang mempengaruhi tentang keberhasilan bisnis ini. Salah satunya adalah semakin diminatinya jenis burung ini sebagai burung kontes. Karena Kenari ini sifatnya lebih agresif ketika mendengar burung lain berkicau. Tidak mau kalah dengan burung lain, kenari akan menyahut dan menunjukkan kebolehannya dalam berkicau. Hal inilah yang disukai oleh penghobi sehingga hampir sebagian besar penghobi burung memiliki burung kenari. Jika Anda memiliki niatan berbisnis, Anda disarankan untuk membudidayakan burung ini. kenapa? Lalu bagaimana caranya? Mari simak ulasannya tentang alasan serta bagaimana cara berternak burung kenari di bawah ini!

Alasan Mengapa Anda Perlu Membudidayakan Burung Kenari

Peluang usaha budidaya burung kenari merupakan prospek cerah dalam meraup keuntungan finansial. Bahkan tidak jarang peternaknya lebih memfokuskan pekerjaannya pada bisnis tersebut. Ada beberapa alasan mengapa peternak lebih suka membudidayakan burung kenari. Diantaranya adalah sebagai berikut.

  • Burung berkicau teratas

Kenari memiliki suara yang nyaring walaupun bentuknya kecil. Suaranya sangat menarik, dan bisa membuat penghobi lebih tertarik untuk memilikinya. Banyak sekali penghobi yang menyertakan burung kenari sebagai burung kontes. Malahan tidak jarang jika penghobi burung lain kepincut untuk memilikinya karena suaranya yang keras, nyaring dan tentunya menarik. Menariknya, burung kenari ini tipenya tidak mau kalah dengan kicauan burung lain. Makanya, sekali mendengar kicauan burung lain, kenari cenderung akan menyahut dengan kicauan yang lebih nyaring.

  • Harga burung kenari cenderung stabil

Alasan yang mendasari peternak untuk membudidayakan burung kenari ini berkaitan dengan harganya. Harga burung ini cenderung stabil. Artinya, Anda tidak akan merugi ketika membudidayakannya. Meskipun harganya cenderung turun, namun penurunan harga ini tidaklah banyak. Dan waktu depan, harganya bisa melambung lagi.

  • Cepat berkembang biak

Peluang usaha budidaya burung kenari ini sangatlah besar, terutama ketika Anda memutuskan untuk menternakkannya. Ya, Kenari ini sangat mudah untuk berkembang biak, karena birahinya sangat tinggi. Terutama ketika burung kenari ini terlalu lama dipanaskan di terik matahari. Ini berarti bahwa Anda hanya perlu memasangkan kenari jantan dengan betina. Biarkan burung tadi melakukan tugasnya untuk berkembang biak, dan Anda tinggal menyiapkan saja tempat yang mana akan menjadi sarang untuk bertelur. Ketiga keuntungan ini jelas akan membuka lebar peluang untuk untung lebih banyak setelah berternak burung kenari. Ini artinya, Peluang usaha budidaya burung kenari sangatlah besar dibandingkan dengan jenis burung lainnya. Lalu bagaimana cara menternakkannya?

Cara Menternakkan Burung Kenari

Dilihat dari banyaknya faktor di atas, jelas sekali jika burung kenari ini memiliki prospek cerah untuk memberikan keuntungan buat Anda. Melihat peluang ini, sudah semestinya jika Anda mulai mempertimbangkan untuk merintis usaha berternak burung kenari. Bagaimana caranya? Untuk berternak burung kenari, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Tentunya untuk menghindari kesalahan yang mengakibatkan kerugian di masa mendatang. Makanya, simak tahapan-tahapannya dalam merintis usaha tersebut di bawah ini!

  • Kenali jenis kelamain burung kenari

Membeli indukan secara langsung jelas akan memakan biaya yang cukup besar. Malahan bisa jadi peternak lagi enggan untuk menjualnya. Solusinya adalah dengan membeli burung kenari yang masih kecil. Permasalahannya, jika Anda berniat untuk memaksimalkan Peluang usaha budidaya burung kenari ini, Anda tentu harus memiliki sepasang burung jantang dan betina. Bagaimana cara mengenalinya? Mudah sekali, perhatikan kebiasaan burung kenari kecil usia 1 bulan. Ketika burung tersebut telah berpisah dengan induk dan sering berbunyi, itu menandakan jika burung kenari tersebut jantan. Selain itu, bentuknya biasanya ramping dan memanjang. Sedangkan untuk kenari betina masih bersama indukannya. Bentuknya biasanya lebih bulat dan belum banyak bersuara.

  • Perhatikan usia kawin burung kenari

Anda tidak akan pernah bisa mendapatkan anakan burung kenari jika tidak tahu kapan waktu yang tepat burung tersebut dikawinkan. Kondisi ini jelas akan meminimkan peluang usaha budidaya burung kenari. Normalnya, burung kenari jantan akan siap kawin setelah menginjak usia 8 bulan. Sementara yang betina telah berusia 6 bulanan. Jadi, sangat pas ketika Anda menjodohkannya setelah keduanya menginjak usia tersebut.

  • Perhatikan kondisi sangkar

Sangkar yang tepat adalah yang membuat burung kenari tidak stress. Caranya adalah selalu membersihkan sangkar, kemudian memperhatikan ukuran sangkar. Selain itu, jauhkan sangkar burung dari adanya semut atau serangga lain yang mana bisa mengganggu burung kenari tersebut.

  • Setelah menginjak usia kawin, lakukanlah penjodohan

Cara paling sederhana untuk penjodohan adalah menempatkan burung kenari jantan dan betina dalam satu sangkar. Sementara cara lainnya adalah dengan mendekatkan keduanya dan memberi sekat khusus supaya bisa saling mengenal. Jika burung sudah siap satu sama lain, proses perkawinan akan terjadi dan kini Anda tinggal membuatkan tempat untuk bertelur dan mengerami telurnya. Biasanya kenari akan mengerami telurnya sekitar 12-14 hari. Untuk membantu menghangatkannya, tempatkan lampu sekitar 5 watt saja sampai menetas. Setelah menetas, pisahkan kenari jantan supaya bisa kembali ke karakter awalnya. Demikianlah ulasan mengenai peluang usaha budidaya burung kenari serta cara menternakkannya di rumah.

www.solusikeluargaharmonis.com
author
No Response

Leave a reply "Mengenal Peluang Usaha Budidaya Burung Kenari Serta Cara Merintisnya"