www.solusikeluargaharmonis.com

Mengintip 7 Usaha Sembako Yang Menguntungkan Untuk Dijalankan

 

grosir-sembakoMau usaha dengan keuntungan maksimal di tiap harinya? Jika benar, liriklah usaha penyediaan sembako. Setidaknya ada 7 Usaha sembako yang menguntungkan yang patut dicoba untuk dijadikan lahan bisnis.

Sembako atau Sembilan bahan pokok sangat krusial dalam kehidupan seseorang sehingga kebutuhan tersebut harus cukup di tiap harinya.

Sadar akan kebutuhan tersebut, seseorang akan dengan rela mengeluarkan biaya untuk mendapatkannya. Karena tidak semua orang diberikan kesempatan untuk memilikinya sendiri tanpa perlu mengeluarkan modal.

Contohnya, seseorang butuh makan untuk mendapatkan energi / melangsungkan kehidupannya. Dan banyak cara dilakukan untuk mendapatkan makanan.

Faktanya, kebanyakan orang akan lebih suka untuk membeli ketimbang menanam tanaman untuk kebutuhan makan.

Karena alasan inilah, tidak salah bila Anda terjun langsung untuk menyediakan apa yang dibutuhkan oleh konsumen.

Dan inilah yang dinamakan sebuah peluang yang akan menghasilkan pundi-pundi uang di tiap harinya.

Masalahnya, ada banyak sekali warung sembako di sekitar. Ada yang memilih untuk menyediakan satu jenis saja, dan ada juga yang menawarkan beberapa jenis sembako untuk konsumen.

Tapi bagi Anda yang memang ingin terjun langsung di dunia jual beli sembako, agaknya pilihlah satu jenis saja yang sangat dibutuhkan. Alasannya adalah untuk mempermudah dalam urusan management, baik itu management keuangan sampai keluar masuknya barang.

Setidaknya ada 7 jenis warung sembako yang bisa Anda putuskan. Tentunya dengan hasil yang cukup besar. Diantaranya adalah sebagai berikut ini.

Bisnis Penyediaan Beras

Salah satu kebutuhan pokok paling utama adalah beras. Ini berlaku di tanah air yang mayoritas nasi adalah bahan pangan utama.

Banyak yang bilang, makan tanpa nasi bisa dikatakan sebagai bagian dari camilan. Dan ini menunjukkan jika asumsi makan adalah hanya bila telah mengkonsumsi nasi, dalam artian berasal dari beras.

Beras cukup mengenyangkan, dan menjadi salah satu bahan pangan yang harus disediakan oleh konsumen.

Menariknya, beras banyak diimpor langsung dari luar negeri. Ini menunjukkan bahwa permintaan akan beras sangatlah besar di lingkungan Anda.

Menyadari akan kondisi ini, tentu saja ini akan menjadi peluang bisnis yang menjanjikan. Untuk itu, penyediaan beras ini bisa dilakukan untuk dijadikan sebagai bisnis utama di ranah penyediaan jenis usaha sembako.

Bisnis Penyediaan Ikan

Selain beras, salah satu daftar barang sembako yang juga sangat diperlukan di tiap harinya adalah ikan.

Ikan menjadi salah satu sumber protein hewani yang juga dibutuhkan konsumen. Dan ada banyak jenis ikan yang digemari oleh konsumen.

Contoh bisnis penyediaan ikan ini bisa bermacam-macam seperti usaha menjual ikan langsung di pasar.

Atau yang lebih modern lagi, Anda mencoba untuk berternak ikan di rumah. Kemudian menjadikan lahan usaha seperti pemancingan sekaligus warung makan.

Cara ini menjadi sangat populer di kalangan masyarakat. Karena selain mendapatkan manfaat dari konsumsi ikan, konsumen juga diuntungkan dengan kegiatan menyenangkan seperti memancing ikan dari kolam.

Terlepas dari cara-cara yang dipilih, penyediaan ikan akan sangat bagus dalam hal pengumpulan uang karena hampir sebagian besar masyarakat butuh ikan dari Anda.

Makanya, sediakan sebuah tempat untuk menjual ikan, dan kalau bisa seleksilah jenis ikan yang paling mudah untuk diperjual belikan.

Bisnis Penyediaan Daging

Contoh lain dari jenis barang yang akan laris di pasaran adalah daging. Dan daging menjadi salah satu bagian dari Sembilan bahan pokok yang mana bisa memberikan keuntungan besar.

Anda tak perlu modal besar di awal, karena ini bisa Anda coba dengan modal kecil terlebih dahulu. Ya, warung sembako modal 5 juta saja sudah bisa mendapatkan daging cukup banyak.

Dan Anda bisa menyuplai daging dengan modal tersebut, kemudian menjualnya sekiranya Anda sudah mendapatkan keuntungan.

Setidaknya, keuntungan yang normalnya didapatkan oleh pebisnis adalah 30%. Ini artinya, batas maksimal yang sebaiknya diambil adalah 30%.

Jangan sampai terlalu rakus dengan menaikkan harga lebih tinggi, karena hal ini bisa membuat Anda gulung tikar karena tak mampu menjual daging secara tuntas.

Bisnis Penyediaan Sayur-Sayuran

Warung sembako kecil-kecilan juga menguntungkan. Jangan pernah remehkan modal kecil, karena kenyataannya modal kecil bisa memberikan keuntungan lebih besar.

Normalnya modal kecil ini didistribusikan untuk menjalankan usaha kecil-kecilan yang mudah untuk mendapatkan uang. Contohnya adalah untuk penyediaan sayur-sayuran yang mudah dijual.

Sayuran sendiri biasanya dijual lebih murah. Namun peminatnya sangatlah besar. Anda bisa memastikannya di pasar-pasar tradisional.

Misalkan Anda punya keuntungan 1000 rupiah untuk satu ikat sayuran misalnya kacang panjang. Bayangkan jika Anda punya 100 ikat. Pastinya keuntungan yang akan didapatkan darinya adalah sekitar 100.000 rupiah.

Itu untuk satu ikat kacang panjang. Lalu bagaimana jika Anda punya sayuran jenis lainnya, pastikan akan ada banyak keuntungan.

Bisnis Penyediaan Buah-Buahan

Satu jenis makanan yang dibutuhkan oleh konsumen adalah buah-buahan. Dan modal awal usaha sembako ini terbilang cukup besar.

Setidaknya Anda butuh puluhan juta rupiah untuk menyediakan berbagai jenis buah-buahan. Namun untuk keuntungannya akan sangatlah besar.

Biaya tadi nantinya tidak hanya digunakan untuk membeli buah-buahan dari produsen, tapi juga digunakan untuk menyediakan tempat.

Setelahnya, Anda hanya butuh menyuplai buah-buahan saja. Dan tinggal lakukan strategi pemasaran yang tepat agar buah-buahan yang Anda miliki laris terjual.

Bisnis Penyediaan Minyak Dan Gas Elpiji

Ketika bisnis penyediaan bahan pangan dirasa sudah banyak, Anda bisa melirik bisnis sembako rumahan lainnya semisal penyediaan minyak / gas elpiji.

Kedua barang ini juga paling sering diincar oleh konsumen. Bahkan konsumen sendiri rela mengeluarkan biaya lebih besar sekedar untuk mendapatkan gas elpiji.

Dan Anda sudah tahu itu, karena hal ini sering terjadi. Contohnya kelangkaan gas elpiji yang membuat konsumen sangat mudah untuk mengeluarkan uang demi gas elpiji.

Gunanya adalah untuk memudahkan dalam proses masak-memasak. Karena saat ini, pemanfaatan kayu bakar jarang dilakukan, apalagi bagi konsumen yang tinggal di perkotaan.

Menyadari akan peluang besar ini, Anda bisa memanfaatkan kesempatan ini untuk berbisnis. Untuk modal usaha sembako rumahan ini, pastikan cukup untuk menyediakan beberapa gas yang nantinya akan dimanfaatkan untuk jualan.

Bisnis Penyediaan Keperluan Dapur

Contoh lain dari bisnis rumahan sembako adalah penyediaan keperluan dapur. Keperluan dapur sendiri beragam. Dan yang dimaksud di sini adalah pelengkap dari sebuah resep makanan.

Diantara pelengkap makanan di dapur adalah garam, gula, bahan-bahan dapur lainnya yang sifatnya mudah habis digunakan oleh konsumen.

Anda bisa memulainya dengan menbuat sebuah toko, kemudian menyetok keperluan dapur tersebut. Kemudian hal terpenting lainnya adalah melakukan strategi pemasaran yang bagus untuk menarik pelanggan.

Tapi ingat, pastikan jika Anda terus menghitung berapa keuntungan dari bisnis yang dijalankan. Baru kemudian sisihkan untuk memperbesar usaha tersebut.

Intinya, penuhilah dan permudah masyarakat di sekitar dengan memilih salah satu dari 7 Usaha sembako yang menguntungkan di atas.

www.solusikeluargaharmonis.com
author
No Response

Leave a reply "Mengintip 7 Usaha Sembako Yang Menguntungkan Untuk Dijalankan"