www.solusikeluargaharmonis.com

Peluang Bisnis Cacing Tanah

No comment 3671 views

budi-daya-cacing-tanahPeluang bisnis cacing tanah menggiurkan? Mungkin bagi beberapa orang terdengar sedikit kurang familiar atau aneh. Untuk beberapa orang ada yang terlihat jijik untuk hal ini, terutama wanita. Namun siapa sangka, bisnis cacing tanah ini sangat berpeluang menghasilkan uang yang lumayan menggiurkan. Sehingga beberapa orang berusaha membudidayakan cacing tanah.

Bisnis ini bisa anda jadikan usaha sampingan dirumah yang bisa anda mulai dari skala kecil dan terus akan berkembang

Peluang bisnis cacing tanah ini memang cukup menjanjikan, namun untuk apakah cacing tanah ini? Cacing tanah ini merupakan pakan untuk ayam, itik, ataupun unggas-unggas lainnya. Cacing tanah juga bias sebagai pengganti pakan buat ikan lele. Cacing tanah cukup diminati karena kandungan gizi dalam cacing tanah ini sangat tinggi. Antara lain, asam amino yang lengkap, energi 900-4100 kal, lemak 7-10 %, mineral, air, dan protein 64-76.

Cara pembudidayaannya yaitu:

Pertama, siapkan tempat pemeliharaan cacing tanah ini. Buatlah sebuah wadah khusu untuk menampung cacing tanah ini. Wadah ini akan menjadi tempat pengembangbiakan bagi cacing tanah ini nanti. Besar kecilnya wadah bisa disesuaikan dengan jumlah yang anda inginkan.

Kedua, siapkan media hidup untuk cacing tanah ini. Bahan-bahan yang dipakai untuk budidaya cacing tanah ini adalah berupa campuran kompos dengan tambahan beberapa bahan organik dan air.

Ketiga, campurkan bahan-bahan tersebut dan masukkan kedalam wadah yang sudah disediakan. Ketinggian campuran bahan-bahan tersebut kira-kira berkisar 15 sampai 20 cm. Kemudian campurkan air kedalamnya agar tanah menjadi lebih gembur dan basah. Campuran bahan-bahan ini akan berfermentasi sekitar empat minggu. Media sudah dianggap tepat bagi cacing tanah kalau pH nya sudah mencapai 6,0 – 7,2, tingkat kelembapan 15-30%, dan suhu antara 15 – 25ºc.

Keempat, masukkan cacing tanah dan tambahan kotoran hewan kedalam wadah tadi. Perkiraan kotoran hewannya sekitar 45% dari cacing yang akan dimasukkan. Kalau media hidup cacing tanah ini seberat 3 kg, maka seberat itu pula cacing tanah yang dimasukkan. Kemudian tutup wadah ini dengan bahan yang tidak tembus cahaya matahari.

Peluang bisnis cacing tanah ini tidak bisa dengan mudah berkembang tanpa adanya system jual beli yang handal. Terkadang menjadi sulit pemasarannya tanpa anda tahu kemana harus menjualnya. Namun, bagi pebisnis unggas atau ikan yang sudah besar, pasti malah akan mencari anda dan anda tidak perlu lagi mengiklankannya. Terlebih lagi kalau bisnis ini anda jalankan sembari anda membudidayakan unggas atau ikan.

Namun, ada juga hama dalam budidaya cacing tanah ini. Antara lain, katak, ayam, tikus, dan kelabang. Untuk mengatasinya, anda hanya perlu mencari lokasi penyimpanan kotak yang lebih aman terhadap hama-hama tersebut dan lebih sering-sering memperhatikan kotak media tersebut. Bagaimana, tidak terlalu sulit bukan bisnis cacing tanah ini?

www.solusikeluargaharmonis.com
author
No Response

Leave a reply "Peluang Bisnis Cacing Tanah"