www.solusikeluargaharmonis.com

Peluang Bisnis MLM, Seperti Apa Ciri-Ciri Bisnis MLM Yang Sehat?

peluang bisnis MLMSebeumnya Anda mungkin saja pernah mendengar peluang bisnis MLM ini. Dan hampir sebagian besar dari Anda menyatakan jika bisnis ini tidak sehat, bisnis yang membodohi para membernya.

Penulis dulunya juga berfikir seperti itu. Bahkan enggan sekali jika ditawari untuk bergabung di dalam bisnis tersebut.

Namun setelah melihat beberapa sumber terpercaya, pandanganpun terbuka lebar kalau bisnis MLM ini tidak seperti yang dibayangkan sebelumnya. Yakni bukan pembodohan masal yang memberikan keuntungan besar buat pelaku yang pertama kali bergabung dengan bisnis tersebut.

Dikatakan seperti itu karena ada dua sudut pandang berbeda dalam memahami bisnis ini. Pertama adalah bisnis yang sehat yang mana bukan sekedar membangun network saja, namun juga ikut berpartisipasi dalam mengenalkan perusahaan sekaligus memasarkan produknya.

Sementara yang kedua adalah pelaku bisnis yang tidak sehat, selalu memanfaatkan sistemnya saja sehingga pelaku bisnis yang bergabung pertama kali akan diuntungkan dengan sistem tersebut.

Contoh dari jenis yang kedua adalah pelaku bisnis yang memanfaatkan Peluang bisnis MLM ini sebagai ajang untuk mencari keuntungan dari member di bawahnya. Misalnya dari setoran awal member, dan member lain yang ada di bawahnya.

Nah, ulasan di sini dimaksudkan untuk mencerahkan pandangan mengenai bisnis MLM yang baik, bukan bisnis yang sifatnya menipu. Serta untuk menunjukkan kriteria dari bisnis MLM yang sehat. Seperti apa itu? Mari perhatikan kriterianya di bawah ini!

Memiliki Produk Yang Bisa Dipertanggungjawabkan

Bisnis MLM ini tergolong sehat dan baik jika memang memiliki produk yang berkualitas dan bisa dipertanggungjawabkan. Maksudnya, produk ini memang ada, dan untuk dipasarkan pada pembeli.

Pasalnya, bisnis ini juga terkait dengan memasarkan produk yang jelas. Sementara perekrutan member ini dimaksudkan untuk memperluas jaringan supaya produk yang dijual bisa lebih mudah dijangkau oleh pembeli.

Namun jika Anda hanya menemukan sistem perekrutan anggota tanpa ada produk yang jelas, atau hanya punya produk yang bisa Anda manfaatkan sendiri, maka Anda tidak perlu bergabung di dalamnya.

Anggota Teratas Mau Membantu Anggota Lain Supaya Berkembang

Peluang bisnis MLM yang benar-benar sehat selalu ada keterkaitan. Pihak upline senantiasa membantu pihak downline untuk ikut berkembang dalam meraih kesuksesan dalam memasarkan produk.

Bantuan tersebut adalah dalam bentuk pembinaan, pengajaran ilmu marketing supaya penjualan produk bisa lancar, dan member yang ada di bawahnya juga ikut sukses menjalankan bisnis tersebut.

Ketika Anda mendapati upline seperti ini, maka hampir dipastikan jika bisnis yang dijalankan sehat. Sebaliknya jika upline hanya mengandalkan member di bawahnya, dan tidak ikut terlibat, maka bisnis tersebut pantas untuk tidak dilirik oleh Anda.

Bisnis MLM Memiliki Sistem Yang Adil Untuk Setiap Membernya

Supaya Anda tidak terjebak seaktu memanfaatkan Peluang bisnis MLM penipu, Anda bisa mencermati sistem yang dijalankannya. Jika sistem tersebut adil untuk setiap member, maka Anda tidak salah bergabung di dalamnya.

Adil disini maksudnya adalah setiap anggota bisa meraih kesuksesan dengan kerja kerasnya. Bukan anggota terataslah yang sukses. Contohnya adalah dalam hal memasarkan produk, bukan sistem investasi uang yang nantinya lebih menguntungkan pihak upline.

Sederhananya, pihak downline juga bisa menyaingi kesuksesan upline jika memiliki kemampuan untuk menjual produk, bahkan bisa lebih besar keberhasilannya dari pada upline yang tidak mampu menjual produk.

Bisnis Tersebut Sudah Memiliki Badan Hukum

Bisnis yang sehat selalu memiliki badan hukum yang jelas. Gunanya adalah untuk mempertanggunjawabkan terkait bisnis tersebut.

Anda sangat keliru ketika Anda hanya tergiur keuntungan dalam menjalankan Peluang bisnis MLM yang tanpa badan hukum yang jelas. Karena bisa saja Anda hanya akan diperbudak oleh upline yang hanya tinggal duduk-duduk di rumah dan menikmati hasil keringat downlinenya.

Bisnis MLM Ini Memiliki Kantor Yang Jelas

Tentunya Anda juga pernah ditawari oleh pelaku bisnis MLM ini, dan menyatakan kantornya hanya ada di luar negeri. Hal ini sangat beresiko karena Anda tidak bisa memastikan kantornya jika terjadi permasalahan.

Selain itu, hal ini juga akan berpotensi menimbulkan kerugian buat Anda sendiri karena bisa jadi Peluang bisnis MLM ini tidak sehat. Malahan akan membuat Anda down ketika kehilangan uang yang sudah Anda setorkan untuk menaikkan level.

Berbeda ketika Anda tahu kantornya dekat dengan lingkungan. Anda akan mudah dalam menjangkaunya dan bisa memastikan diri jika bisnis tersebut memang baik, contohnya adalah Oriflame.

Bisnis Ini Telah Memiliki Support Team Yang Baik

Di dalam mengoptimalkan usaha ini serta mengembangkannya, bisnis yang sehat akan memiliki support team yang memang baik.

Hal ini dimaksudkan untuk memonitor, kemudian untuk memberikan bantuan langsung pada setiap membernya, baik secara offline atau online. Tentunya agar bisnis ini bisa berjalan dengan baik dan menghasilkan keuntungan yang besar untuk setiap member yang tergabung di dalam bisnis tersebut.

Kesimpulannya, pilihlah bisnis MLM yang sehat yang mana menekankan pada proses penjualan produk dan proses membangun network yang jelas. Dan jangan sampai memilih bisnis ini yang mana hanya memfokuskan pada pembangunan network saja yang berpoetensi pada permainan uang. Dengan cerdas memilih, maka Peluang bisnis MLM ini akan jauh lebih menguntungkan.

www.solusikeluargaharmonis.com
author
No Response

Leave a reply "Peluang Bisnis MLM, Seperti Apa Ciri-Ciri Bisnis MLM Yang Sehat?"