www.solusikeluargaharmonis.com

Peluang Bisnis Tour and Travel

No comment 2209 views

tiket-pesawat-online-murahMobilitas kehidupan manusia berubah drastis sejak revolusi industri tahun 1700 an . Yang dahulunya melalui proses panjang dan rumit, kini dituntut serba instant dan cepat. Salah satu yang paling menonjol adalah transportasi. Bila anda hidup sebelum abad 19, perjalanan surabaya – jakarta bisa ditempuh berhari – hari. Namun sekarang jangankan ke jakarta, pergi dari indonesia ke eropa sehari tiga kali dapat anda lakukan. Tidak heran kalau sekarang banyak orang pergi ke luar negri sekedar untuk shoping atau liburan.

Dari hobi bepergian tersebut dimanfaatkan oleh sebagian orang untuk membuka jasa perjalanan. Selain lebih praktis, melakukan perjalanan lewat jasa memiliki beberapa fasilitas yang memudahkan anda. Contohnya seperti makan, minum dan tempat menginap. Paket yang disediakan Jasa perjalanan ( Tour & Travel ) juga bermacam – macam mulai paket untuk ibadah seperti perjalanan haji sampai paket keliling dunia. Prospek bisnis Tour & Travel sangat menjanjikan. Pertahun saja ada puluhan ribu umat muslim indonesia yang melakukan perjalanan haji ke mekah. Belum lagi kaum sosialita yang hobi keliling dunia atau mahasiswa yang ingin pulang kampung. Dari gambaran diatas tentu anda dapat melihat besarnya peluang di bisnis ini.

Memulai usaha Tour & Travel

Jika anda pikir usaha Tour & Travel memerlukan modal

banyak, anda salah besar. Karena sekarang para pebisnis tour memberikan kemudahan bagi orang yang ingin mengikuti jejaknya dengan sistem affiliate. Apa itu affiliate ? mekanismenya anda menjualkan paket perjalanan milik penyedia jasa Tour & Travel. Jadi dengan cara ini anda dapat membuka usaha travel tanpa modal besar. Selain itu anda juga perlu mempekerjakan satu atau dua orang karyawan untuk membantu kerja anda.

Modal kecil dan tidak perlu keahlian kusus.

Seperti yang saya katakan diatas usaha ini bermodal kecil karena sifatnya waralaba. Kecuali jika anda punya keinginan untuk mendirikan suatu perusahaan sendiri, tentu memerlukan modal besar seperti untuk membangun tempat dan membeli alat transportasi.

Keahlian yang dibutuhkan adalah management. Ya, management waktu dan uang. Oleh karena itu disarankan mempekerjakan karyawan untuk membantu tugas anda. Tapi overal tidak membutuhkan keahlian yang expert dalam suatu bidang.

Bisnis Jangka Panjang

Kebutuhan pasar akan jasa ini masih sangat besar. Dan setiap hari selalu ada yang bepergian. Sehingga dapat dipastikan setiap hari selalu ada peluang, orang lain mengunakan jasa anda. Sekarang tergantung bagaimana memanage, agar usaha anda dapat lebih maju kedepanya.

Dapat Liburan Secara Gratis

Terkadang pemilik Tour and travel harus merangkap sebagai guide. Kecuali jika travel anda sudah besar dan mampu menyewa guide. Kalau tidak mau tidak mau anda harus menemani perjalanan wisata client. Tapi segi positivenya anda dapat liburan secara gratis.

Keuntungan bisnis ini tour & travel memang kecil sekitar 5 – 7 % , tergantung dari kesepakatan. Namun bila jasa anda sudah terkenal keuntunganya bisa berlipat ganda. Jangan lupa untuk melakukan ekspansi usaha anda. Karena tanpa ekspansi usaha hanya berjalan ditempat.

PELUANG BISNIS TOUR AND TRAVEL

bisnis-tour-travelPeluang bisnis tour and Travel masih sangat terbuka lebar. Potensi bisnis ini juga masih sangat menjanjikan. Meski saat ini persaingan semakin sengit. Namun tetap saja, potensi pasar yang sangat besar membuat peluang usaha travel layak dilirik. Apalagi bagi kita yang memiliki modal pas-pasan.

Dulu, para pelaku bisnis ini harus menyiapkan modal ratusan juta rupiah untuk bisa memulai-nya. Tiket pesawat juga harus diprint dan pelanggan harus datang ke kantor travel agent untuk mendapatkan tiket-nya. Nah, berkat perkembangan dan pemanfaatan teknologi, kini siapa saja bisa dengan mudah untuk mengambil peluang bisnis ini.

Sungguh, asal ada kemauan yang kuat siapa saja bisa membuka usaha tour and travel agent.

Lantas bagaimana sesungguhnya peluang bisnis ini ?. Berikut sejumlah fakta tentang potensi bisnis tour & travel service yang saya kutip untuk Anda dari buku ‘Revolusi Gila Bisnis Tour & Travel‘.

  • Tingkat pengguna jasa pesawat terbang selalu bertambah dari tahun ke tahu. bayangkan saja, sampai saat ini pengguna pesawat terbang tercatat lebih dari 66-juta orang.
  • Airline berlomba-lomba menambah jumlah pesawat mereka. Hal ini bisa terjadi karena permintaan konsumen juga terus meningkat. Salah satu maskapai penerbangan nasional bahkan memecahkan rekor kontrak pembelian pesawat Bing dari Amerika.
  • Di bandara sudah penuh sesak dengan calon penumpang dan ada beberapa bandara yang terus meningkatkan kapasitasnya.
  • Saat ini pesawat terbang bukanlah barang mewah, segmentasi pasarnya sudah mengena ke hampir semua lapisan masyarakat. Apalagi diera sekarang, orang sangat menghargai waktu melebihin uang.
  • Penjualan yang selalu stabil dan pasti meningkat pesat pada saat high season.

Selain tiket pesawat masih banyak produk tour and travel yang bisa Anda pasarkan. Mulai dari paket liburan, voucher hotel, tiket kapal dan keret api, tiket bus, jasa rental mobil, antar jemput bandara, dan masih banyak lagi. Berbagai produk tersebut bisa dijual secara bersamaan dengan bisnis tiket pesawat.

So, apakah Anda tertarik untuk menangkap peluang bisnis tour & travel. Silahkan baca beberapa artikel saya sebelumnya tentang cara membuka bisnis tour travel.

Seperti bisnis lainnya, untuk sukses menjalankan bisnis travel agent dibutuhkan kerja keras. Meski modal yang dibutuhkan tidak terlalu besar, namun tetap saja bisnis ini juga membutuhkan modal awal. Meski sebagian orang sukses menjalankan usaha ini tanpa kantor, setidaknya Anda tetap harus menyiapkan minimal smartphone atau PC dan sambungan internet.

Salah satu hal yang jadi tantangan bisnis tour and travel adalah persaingan yang semakin ketat. Ketatnya persaingan yang ada, membuat siapa saja yang ingin terjun dalam industri ini berfikir keras guna menciptakan trobosan dan inovasi. Pemanfaatan teknologi mengambil peranan yang sangat mengagumkan. Sejumlah startup travel yang sukses memanfaatkan kemajuan teknologi telah berhasil meraih sukses yang sangat mencengangkan.

Meski demikian, peluang bisnis tour and travel merupakan salah satu ladang subur yang patut dipertimbangkan. Baik sebagai usaha sampingan, maupun bisnis rintisan.

STRATEGI BISNIS TOUR AND TRAVEL

Apapun bisnisnya kita pasti membutuhkan strategi jitu untuk bisa sukses. Tak terkecuali bisnis tour travel. Banyak yang meyakini bahwa prospek bisnis tour & travel tidak akan pernah sepi pelanggan. Salah satu tokoh pariwisata Indonesia bahkan yakin bahwa bisnis pariwisata tidak akan pernah mati.

Bisnis tour travel memerlukan strategi yang tepat. Menjamurnya pelaku bisnis yang menggeluti bidang wisata membuat strategi yang tepat menjadi salah satu resep jitu untuk sukses dalam bisnis ini. Persaingan bisnis jasa perjalanan ini kian sengit ditengah tingginya minat dan kebutuhan masyarakat terhadap produk dan jasa perjalanan wisata. Untuk mampu bersaing dibutuhkan strategi yang juga tidak mudah. Setelah menetapkan target market dengan jelas, anda harus siap bersaing untuk mendapatkan mereka.

Strategi Marketing Travel
Untuk mencapai target market yang lebih luas, tidak cukup hanya dengan cara promosi biasa seperti exhibition / pameran saja. Saat ini campaign di internet hampir mutlak hukumnya. Jika dikerjakan secara serius, strategi promosi di internet bisa dilakukan jarak jauh dan dengan biaya yang relatif lebih rendah.

Sebetulnya strategi online marketing tour travel tidak mudah, namun semuanya bisa dipelajari. Jika budged marketing anda cukup besar, silahkan gunakan jasa pihak ke-tiga.

Dalam marketing online travel ada dua level, yaitu level promosi secara umum tentang destinasi atau daya tarik wisata yang dijual, dan yang kedua level perusahaan, mengapa tour travel Anda layak jadi partner terbaik bagi target audience tersebut.

Sebenarnya promosi online bisa ditujukan langsung untuk dua arah. Pertama adalah B2B yaitu promosi ditujukan untuk partner travel agent lain, kedua B2C yaitu langsung menargetkan pengunjung/market Anda.

Sedangkan bagi anda yang memiliki kantor yang juga berfungsi sebagai lapak jaulan, anda dapat memadukan strategi marketing online dan offline.

Langkah marketing online pertama untuk trour travel adalah membuat/memiliki website. Membuat website tour travel tidak selalu mahal. Jika memang anda memiliki keahlian untuk membuat sendiri website travel sendiri tentu sangat bagus. Jika belum punya website sudah saatnya anda travel anda membuat website. Bila dikelola dengan baik, investasi untuk website anda akan membuahkan hasil yang sangat maksimal.

Selain strategi marketing online dan offline, berbagai strategi bisnis tour travel lainnya harus dibuat dengan matang mulai dari perencanaan, penerapan strategi, manajemen, hingga evaluasi dan proses kontrol. Bagaimana perusahaan anda membuat dan merealisasikan rencana kerja atau program yang sudah disusun, pelayanan yang prima pada semua lini, strategi keuangan, produk, sampai cara menghadapi resiko.

 

www.solusikeluargaharmonis.com
author
No Response

Leave a reply "Peluang Bisnis Tour and Travel"