www.solusikeluargaharmonis.com

Peluang Industri Kreatif Yang Perlu Digarap Lebih Serius Di Indonesia

Industri kreatif selalu berhubungan dengan anak muda. Bisa dikatakan untuk peluang usaha yang satu ini, anak-anak muda lah jagonya. Silakan yang merasa sudah senior dari segi usia untuk menyingkir saja.

Namun, bukan tidak mungkin orang-orang yang sudah lebih senior bisa terjun di bidang ini lho. Di sisi yang lain, meskipun anak-anak muda lebih suka dengan peluang industri kreatif, bukan berarti mereka tidak bisa bekerjasama dengan generasi yang lebih senior. Bagaimanapun juga, permodalan biasanya dikuasai oleh orang-orang kaya yang kebanyakan usianya lebih tua.

Jadi, bisa dikatakan ide dari industri kreatif ini berasal dari generasi muda. Sementara itu, kapital atau modalnya bisa dari mana saja, tak terkecuali bekerjasama dengan orang kaya yang usianya tidak muda lagi.

Anda bisa lihat beberapa startup yang merupakan bagian dari industri kreatif ternyata lebih berkembang ketika mendapatkan sokongan dari orang-orang yang kaya yang notabene usianya tidak lagi muda.

Terlepas dari itu semua, tidak bisa dipungkuri bawasannya peluang industri kreatif ini lebih banyak diminati oleh para generasi muda. Mereka generasi yang tidak ingin bekerja di bidang yang tidak menyenangkan. Sementara itu, industri kreatif menawarkan kepada mereka cara menjadi kaya yang menyenangkan.

Bagaimana dengan Anda? Masih ingin mencoba keberuntungan untuk melamar pekerjaan di kantor atau mau melihat apa yang bisa Anda lakukan di dunia bisnis kreatif?

Jenis Industri Kreatif Dengan Masa Depan Sangat Baik

Jika berbicara tentang industri kreatif, maka ini berhubungan dengan fenomena terkini atau masa depan. Dan perubahannya sangat cepat. Bisa saja sebuah industri kreatif tertentu saat ini sangat terkenal. Bahkan, banyak orang yang terjun di dunia bisnis tersebut. Akan tetapi, tidak lama kemudian, hanya dalam hitungan satu atau dua tahun, jenis industri kreatif tersebut sudah hilang.

Berani berubah menjadi kunci utama agar Anda bisa bertahan di dalam sebuah industri kreatif ini. Yang perlu Anda lakukan hanya ada dua. Yang pertama, melihat fenomena masa kini dan yang kedua melihat masa depan.

Jika berpatokan pada dua hal tersebut, ada tiga jenis industri kreatif yang sepertinya layaknya untuk digarap dengan lebih serius, terutama di Indonesia mengingat bisa dikatakan sekarang adalah tahun di mana industri kreatif semakin menggeliat.

Apa saja ketiga jenis industri kreatif tersebut?

Pembuatan Video atau Film

Agar Anda bisa lebih tahu dan akhirnya tertarik dengan sektor industri kreatif yang satu ini, ada hal yang perlu Anda ketahui terlebih dahulu.

Apa yang dilakukan oleh sebuah bisnis agar bisa maju dan berkembang? Selain inovasi, mereka juga membutuhkan promosi yang tepat. Dan kini, media visual menjadi cara berpromosi yang paling tepat.

Perusahaan sekarang ini tidak hanya mengandalkan cara berpromosi menggunakan iklan video yang ditayangkan di TV. Sekarang sudah ada media lainnya seperti Facebook dan terutama Youtube. Anda bisa lihat banyak sekali video atau bahkan film pendek yang menarik di mana pada intinya video atau film pendek tersebut digunakan untuk menarik para penonton untuk membeli sebuah produk.

Bahkan, jika Anda lebih jeli lagi, tidak jarang para politisi mencari jasa pembuatan video atau film pendek lho. Mereka tahu, video menjadi cara yang paling tepat dan menarik untuk menjelaskan program apa saja yang mereka ingin buat. Anda bisa bayangkan berapa keuntungan membuat satu video atau film pendek yang menarik yang di request oleh politisi. Belum lagi jika ada perusahaan besar.

Yang harus Anda lakukan adalah menggali ide yang menarik. Membuat video tidak hanya sekedar merekam sebuah adegan. Ada cerita yang sangat mempengaruhi bagaimana video tersebut menarik atau tidak. Dan selanjutnya adalah kemampuan Anda dalam membuat video.

Periklanan Online

Memang masih ada reklame besar yang ada di jalan-jalan utama kota besar. Itu menunjukkan cara promosi seperti itu masih efektif.

Akan tetapi, yang paling dilirik oleh para perusahaan sekarang adalah iklan di media online. Ini juga sektor industri kreatif yang seharusnya digarap.

Harus diakui sekarang ini sudah ada digital agency atau perusahaan periklanan online yang sudah besar. Namun, apakah setiap orang atau perusahaan mampu membayar digital agency tersebut? Biaya beriklan secara online itu mahal. Apalagi market online itu sangat besar. Diperlukan banyak sekali strategi untuk melakukan hal tersebut. Dan dalam hali ini, digital agency biasanya mematok biaya yang tidak murah untuk layanan ini.

Dengan adanya fenomena ini, maka tidak sedikit orang secara personal menawarkan diri sebagai pengiklan. Dengan pengetahuan SEO (search engine optimization) serta media sosial yang mereka pahami, mereka bisa membantu pebisnis untuk mempromosikan produk atau jasa mereka secara online. Karena bersifat personal, maka biayanya pun lebih murah. Dan Anda harus tahu tidak sedikit pelaku bisnis yang tertarik dengan layanan semacam ini lho.

Industri Makanan

Menurut BPS (Badan Pusat Statistik), industri makanan ternyata menempati urutan pertama industri kreatif saat ini. Jika Anda tertarik, apa yang harus Anda lakukan?

Tentu saja bukan hanya sekedar membuat atau menciptakan kreasi makanan yang baru. Karena ini berkaitan dengan industri kreatif, maka caranya pun harus kreatif.

Sebagai contoh saja, ada beberapa startup yang merangkup para pengrajin jajanan khas daerah kemudian mengemasnya dengan baik. Apa yang terjadi? Mereka berhasil membuat brand yang begitu terkenal. Dan pada akhirnya, produk yang dipasarkan tersebut bukan lagi menjadi jajanan yang bersifat lokal saja, tapi juga global.

Ini hanya satu contoh saja. Yang pasti, kreativitas diperlukan untuk membuat makanan yang bisa menjadi luar biasa.

Kunci Keberhasilan Terjun di Industri Kreatif

Ada banyak sekali tips yang harus Anda ikuti. Akan tetapi, setidaknya 3 hal ini harus Anda ingat terus.

Yang pertama, terus belajar. Industri kreatif ini lekat sekali dengan perubahan yang sifatnya sangat cepat. Jika Anda tidak mau terus belajar, maka Anda akan tertinggal. Maka dari itu, Anda harus sering berkumpul dengan orang-orang yang terjun di bidang industri kreatif agar Anda mendapatkan input yang semakin banyak. Ikuti seminar atau forum industri kreatif untuk mendapatkan update terbaru mengenai industri ini.

Yang kedua, berani berubah. Jangan berhenti jika Anda merasa sudah berhasil. Anda harus ingat semuanya pasti berubah. Dan yang harus Anda lakukan adalah menyiapkan diri untuk perubahan tersebut.

Yang ketiga dan yang paling penting adalah dengarkan apa kata masyarakat. Menjadi pebisnis di industri kreatif harus bisa mendengarkan apa yang diinginkan oleh masyarakat sebagai klien Anda. Kebutuhan mereka selalu berubah dan Anda harus merespon setiap perubahan tersebut.

Pada akhirnya, keputusan ada pada diri Anda. Jika Anda berniat untuk mengambil salah satu peluang bisnis kreatif ini, maka tidak hanya kecerdasan saja yang harus Anda miliki tapi juga keberanian dan kreativitas.

www.solusikeluargaharmonis.com
author
No Response

Leave a reply "Peluang Industri Kreatif Yang Perlu Digarap Lebih Serius Di Indonesia"