www.solusikeluargaharmonis.com

Peluang Kerja Freelance Untuk Mahasiswa

No comment 868 views

freelance-untuk-mahasiswaSekarang ini musimnya mahasiswa sukses, tapi pekerjaannya masih remang-remang alias belum diketahui. Tunggu, jangan dulu buruk sangka ya! Sebab bisa jadi mereka memiliki pekerjaan paruh waktu atau freelance. Secara kasar, bekerja paruh waktu memang tak menghasilkan uang yang sama banyaknya dengan pekerja full time, namun apabila dikerjakan dengan telaten maka bisa menghasilkan pendapatan yang tidak terbatas, terutama untuk mahasiswa. Coba lihat di sekitar kita, bisa jadi ada banyak contoh mahasiswa yang bekerja paruh waktu dan bisa membiayai kuliahnya sendiri.

Daftar Pekerjaan Freelance yang Paling Populer

Yang menariknya dari bekerja paruh waktu atau populernya freelance ini adalah waktu yang fleksibel, tetapi bisa menghasilkan uang yang tak terbatas. Lalu apa saja sih pekerjaan freelance yang populer di kalangan mahasiswa?

  • Penulis

Menulis adalah salah satu bidang pekerjaan yang dibutuhkan oleh banyak kalangan, tak heran jika banyak mahasiswa yang merambah bidang ini. Bila kita gemar menyusun kata menjadi tulisan fiksi, bisa mencoba jadi seorang penulis cerpen atau novel. Bukan hanya itu, namun juga bisa menjadi penulis artikel lepas. Menjadi penulis tidak banyak memakan waktu dan tak boros tenaga tenaga, selain itu hobi pun jadi tersalurkan.

Di mana temukan lowongan kerja sebagai penulis lepas? Kita bisa mencarinya di internet, majalah, atau juga koran harian. Jika beruntung, saat berkunjung ke beberapa website juga bisa kita temukan lowongan penulis freelance.

  • Tour Guide

Jika kita penyuka traveling dan cukup paham tempat wisata, maka pekerjaan freelance sebagai pemandu wisata independen atau bergabung di salah satu travel agent adalah pilihan yang cocok. Apalagi kalau kita menyukai pekerjaan ini dan menjadi penggiat travelling serta memiliki wawasan luas mengenai dunia pariwisata, keputusan untuk menjadi pemandu wisata ini bisa memuaskan hobi traveling kita sekaligus menghasilkan uang yang tak terbatas.

Tapi ada satu hal yang harus diingat, jika kita menjadi seorang pemandu wisata artinya kita punya tanggung jawab besar untuk membawa para wisatawan supaya tetap aman dan membuat tetap berada di jalur wisata yang aman. Selain itu, kita juga harus mampu memberikan citra tempat pariwisata yang baik dan berkesan pada turis.

  • Guru Les

Belajar sambil mengajar itu cara untuk mempertahankan pengetahuan yang sudah kita pelajari. Dengan menjadi guru les maka kita juga bisa dapatkan ilmu baru setiap hari. Apalagi di luaran sana ada banyak orangtua yang tak keberatan untuk mengeluarkan uang banyak demi guru les yang berkualitas. Untuk menjadi guru guru les memang membutuhkan kesabaran yang ekstra. Akan tetapi, hasil yang akan kita tentu sangat sebanding dengan kesabaran yang telah kita berikan.

  • Proofreader

Yang satu ini cocok untuk penggemar novel atau macam-macam jenis bacaan. Apalagi jika kita membekali diri dengan pemahaman EYD (ejaan yang disempurnakan yang kini jadi EBI Ejaan Bahasa Indonesia). Di Indonesia sendiri ada banyak media dan penerbitan yang membutuhkan proofreader paruh waktu! Menjadi proofreader juga sangat mudah, yaitu hanya membaca sebuah naskah mentah, kemudian mereview singkat tulisan tersebut apakah menarik, memiliki nilai jual, dan sejenisnya.

  • Fotografer

Sejak banyak ponsel berkamera canggih maka manusia jadi makin gemar main foto Semua momen diabadikan dengan lensa kamera dan semakin bagus hasilnya, semakin puas mereka. Suka memotret dan hasil jepretannya lumayan oke? Kenapa tak coba jadi fotografer saja? Pekerjaan yang satu ini bisa dibilang elit (Tak berarti pekerjaan freelance yang lain tak elit juga lho, ya), sebab memotret suatu objek sampai menghasilkan nilai seni yang tinggi itu tak mudah, belum lagi kamera yang bagus dan segala perlengkapannya juga bukan hal kacangan yang bisa dibeli semua orang.

Untuk memulai pekerjaan ini mulailah dengan menawarkan jasa memotret gratis/setengah harga kepada teman-teman dahulu. Selain itu pastikan juga kita punya banyak foto hasil jepretan sendiri yang bagus sebagai contoh. Untuk pemula, bermodalkan kamera DLSR serta kemampuan dasar fotografi sudah cukup, kok.

Bagaimana? Ternyata ada banyak sekali pekerjaan paruh waktu yang menanti di luaran sana. Tidak perlu bolak-balik pergi ke kantor untuk mendapatkan uang. Tak perlu terkungkung jam kerja yang monoton untuk menghidupi diri sendiri. Di luar sana masih ada banyak hal positif, apalagi ketika kamu melakukan kerja paruh waktu dengan hati yang bahagia. Kita akan dapat keuntungan ganda, bukan hanya mendapat uang lebih, degan menjadi pekerja freelance maka akan memberikan kita pengalaman bekerja yang lebih baik juga skill yang belum tentu dimiliki orang lain.

Waktu kerja yang disesuaikan dengan keinginan kita, juga menjadi alasan lain mengapa pekerjaan freelance ini digandrungi oleh mahasiswa. Siang kuliah, malam kerja freelance, dan akhir bulan tetap dapat transferan honor dari tempat kerja? Bisa banget! Yuk kerja freelance!

www.solusikeluargaharmonis.com
author
No Response

Leave a reply "Peluang Kerja Freelance Untuk Mahasiswa"