www.solusikeluargaharmonis.com

Peluang Usaha Budidaya Ikan Lele

No comment 2285 views

budidaya-lelePeluang bisnis ternak ikan lele hanya terbuka untuk orang-orang dengan pekerjaan tidak tetap? salah sekali. Karena bisnis ini bisa sebagai sampingan anda dalam pekerjaan tetap anda yang menyita banyak waktu. Budidaya ikan lele ini terbilang mudah dan tidak menyita banyak waktu anda. Apalagi ikan seperti ini juga bisa dibudidayakan dalam kolam penampungan yang kecil. Seperti di halaman belakang anda dan pekarangan rumah anda.

Peluang bisnis ternak ikan lele ini cukup menghasilkan banyak uang saat masa panen. Tidak perlu susah memikirkan pasar penjualan ikan lele ini. Karena ikan yang satu ini cukup dicari oleh banyak orang dan para penjual “pecel lele”. Rasa ikan lele ini yang enak dan gurih menjadi faktor larisnya permintaan terhadap ikan lele ini di pasaran. Lalu apa saja jenis-jenis ikan lele yang bisa dibudidayakan?

Lele Lokal

Ikan lele jenis ini merupakan ikan lele pertama yang bisas dibudidayakan masyarakat Indonesia. Namun setelah diperkenalkan ikan lele dumbo, ikan lele lokal ini menjadi jarang dibididayakan. Hal ini dikarenakan budidaya ikan lele dumbo lebih mudah dan menguntungkan dibanding ikan lele lokal.

Lele Dumbo

Sekitar tahun 1985, ikan lele dumbo ini mulai diperkenalkan di Indonesia. Ikan lele dumbo ini bentuknya lebih besar dari ikan lele lokal dan lebih cepat pertumbuhannya. Sehingga dengan piperkenalkannya ikan lele jenis ini, para pembudidaya mulai berpaling pada ikan lele ini. Bayangkan saja, ikan lele dumbo berumur 2 bulan saja ukurannya sudah hampir 2 kali lipat dari ikan lele lokal yang berumur setahun.

Lele Sangkuriang dan Lele Phyton

Kedua jenis ikan lele ini merupakan hasil persilangan yang pernah di uji coba oleh para peneliti dan peternak. Dan kedua ikan jenis ini belum dipasarkan secara umum. Baru beberapa bagian daerah saja yang baru mencoba kedua jenis ikan lele ini.

Ketiga jenis ikan lele diatas merupakan jenis ikan lele yang bisa anda pelihara di pekarangan atau halaman belakang rumah anda. Semua tergantung selera dan minat anda untuk memelihara jenis ikan lele yang mana. Karena setiap ikan lele mempunyai keunggulan dan kelemahan masing-masing. Seperti ikan lele lokal yang berwarna hitam ini, masa panennya yang cukup lama. Karena pertumbuhan dari ikan lele lokal ini cukup lama. Apalagi rasio pakan ikan lele lokal ini juga tinggi. Namun dari kekurangannya ini, lele lokal mempunyai rasa daging yang lebih enak dan tidak lembek.

Peluang bisnis ternak ikan lele dumbo biasanya lebih menguntungkan dibandingkan dengan ikan lele lokal. Masa panennya yang lebih cepat menjadi pertimbangannya. Selain itu, bongsor tubuh dari ikan lele dumbo ini menjadi minat tersendiri bagi pembeli. Namun, rasa ikan lele dumbo ini terasa lebih lembek dan tidak seenak lele ikan lokal.

www.solusikeluargaharmonis.com
author
No Response

Leave a reply "Peluang Usaha Budidaya Ikan Lele"