www.solusikeluargaharmonis.com

Peluang Usaha Budidaya Ikan Nila

No comment 2895 views

budidaya-ikan-nilaPeluang usaha ikan nila sangat terbuka lebar saat ini mengingat ikan tawar jenis ini cukup mudah mengembangbiakkannya. Selain itu, ikan nila ini mudah untuk dipasarkan karena ikan ini juga salah satu jenis ikan tawar yang sering dikonsumsi selain ikan lele. Ikan yang masih satu kerabat dengan ikan mujair ini termasuk hewan omnivora atau pemakan segala. Ikan ini dalam keadaan liar bisa ditemukan di sungai-sungai dengan makanan alaminya adalah plankton, tumbuhan air, ikan-ikan kecil dan hewan-hewan air lain.

Untuk pengusaha ikan nila kecil-kecilan atau rumahan, ikan nila ini hanya dijadikan konsumsi pribadi dan dijual dalam jumlah kecil ke pasar. Peluang usaha ikan nila ini akan semakin bagus kalau ada permintaan dari restaurant dan warung makan yang menjajakan ikan bakar atau sejenisnya. Namun dari beberapa pengusaha ikan tawar jenis ini, mereka sudah membuat perjanjian dagang dengan restaurant besar yang sering membutuhkan ikan nila dalam jumlah besar. Hal ini bisa menguntungkan kedua belah pihak karena sama-sama membutuhkan satu sama lain. Melihat beberapa kondisi beberapa tahun lalu yang menjadi kendala petani ikan nila adalah karena tidak adanya pembeli, dengan adanya perjanjian seperti ini tentu akan lebih menguntungkan.

Dengan berkembangnya zaman, ikan nila ini juga sudah sering dijadikan salah satu ikan yang diekspor ke luar negeri. Sehingga peluang usaha ikan nila ini cukup menggiurkan. Namun kebanyakan dari petani ikan nila belum bisa megekspor ikan nila secara langsung ke luar negeri. Biasanya mereka akan melalui perantara seperti pabrik atau perusahaan pengekspor ikan yang sudah mempunyai kontrak kerja dengan importer di Negara lain. Dan perusahaan pengekspor ikan ini biasanya juga mempunyai semacam perjanjian kerja dengan sejumlah petani ikan nila.

Kebanyakan dari perusahaan pengekspor ikan ini mengekspor ikan nila merah karena permintaan dari importir. Ikan nila merah ini biasanya untuk bahan baku fillet di luar negeri. Untuk anda yang memang tertarik untuk terjun ke dalam usaha ini, ajaklah beberapa orang untuk bergabung. Dan buatlah sebuah kelompok khusus untuk memasok ikan nila merah ini ke perusahaan pengekspor ikan. Karena biasanya perusahaan pengekspor ikan ini akan membuat perjanjian tentang waktu pemasokan ikan nila. Kalau waktu pemasokan ikan nila tidak tepat waktu, maka petani akan dikenai penalty oleh perusahaan tersebut. Sehingga anda harus pandai menyiasati waktu panen, jumlah ikan, dan kendala lainnya. Untuk itu, pembuatan kelompok petani ikan nila ini akan lebih membantu.

Beberapa petani ikan nila yang membuat kelompok pemasok ikan ke perusahaan pengekspor ikan ini mulai menjadi percontohan bagi daerah lainnya. Hal ini akan meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan warga. Melihat peluang usaha ikan nila ini yang semakin hari semakin baik, anda tertarik bukan untuk ikut terjun dalam usaha ikan nila?

www.solusikeluargaharmonis.com
author
No Response

Leave a reply "Peluang Usaha Budidaya Ikan Nila"