www.solusikeluargaharmonis.com

Peluang Usaha Budidaya Jabon Untuk Investasi Masa Depan

Peluang Usaha Budidaya JabonPeluang usaha budidaya Jabon kini mulai terbuka semakin lebar seiring dengan keinginan pemerintah untuk melihat masyarakatnya mengambil langkah dalam mensejahterakan kehidupannya.

Selain untuk mensejahterakan, penanaman pohon jabon ini juga menjadi salah satu cara untuk melindungi lingkungan. Pasalnya, karakteristik dari pohon kayu ini adalah mampu menjaga kontur tanah, mampu mengurangi polusi udara di lingkungan.

Untuk peluangnya dalam mensejahterakan pelaku bisnis tidak lain disebabkan oleh keuntungan yang akan diperolehnya. Betapa tidak, pohon ini sudah menjadi alternatif yang digunakan untuk kebutuhan papan seperti pembuatan furniture, perlengkapan rumah tangga, dan lain sebagainya.

Menariknya lagi, pemerintah masih mengimpor pohon ini yang menandakan jika kayu jabon ini masih terbilang langka, belum bisa memenuhi kebutuhan sepenuhnya.

Dari sini, Anda bisa menarik kesimpulan jika Peluang usaha budidaya Jabon ini masih sangatlah besar. Anda yang masih ragu-ragu tentunya akan melewatkan kesempatan berharga ini, dan mungkin saja akan menyesalinya.

Apalagi ketika rekan-rekan atau tetangga Anda telah sukses dalam membudidayakan pohon jabon ini.

Mengapa Harus Pohon Jabon?

Baru-baru ini, pohon yang terkenal ditanam oleh para petani atau pelaku bisnis adalah sengon. Pohon ini juga berpeluang memberikan hasil maksimal, hanya saja perawatannya yang bisa dikatakan lebih inten.

Karena bila tidak, maka pohon sengon ini jelas tidak akan mengalami masa pertumbuhan yang jelas. Bisa dikatakan perkembangannya sedikit lamban, atau mati karena terserang oleh hama.

Inilah mengapa Anda diberikan peluang lain yakni dengan menanam pohon jabon. Lalu apa sih kelebihan dari pohon jabon ini?

  • Bisa ditanam di lahan apapun

Pohon jabon ini terbilang sebagai pohon hutan, biasanya hidup di pedalaman hutan. Tingginya bisa mencapai puluhan meter, biasanya sekitar 45 meter.

Pohon jenis ini bisa ditanam di atas lahan yang sulit sekalipun. Contohnya adalah lahan berbatu, atau di tanah lempung.

Kelebihan ini dikarenakan pohon jabon ini memiliki akar serabut yang mana bisa menyerap sekaligus menyimpan air. Oleh karenanya, pohon ini bisa hidup dan tumbuh subur meskipun di atas lahan yang sulit sekalipun.

  • Bebas dari hama

Tidak seperti kebanyakan pohon, pohon jabon ini memiliki keunggulan pada ketahanan dari serangan hama. Bahkan studi menyebutkan jika jarang sekali pohon jabon yang terserang oleh hama. Hal ini jelas jika peluang usaha budidaya Jabon ini akan semakin besar.

Hama yang biasa muncul di pohon ini adalah ketika pohon masih baru, atau berusia muda. Hamanya adalah rusa atau banteng yang suka memakan daunnya saja.

  • Pertumbuhannya lebih cepat

Sekilas, pertumbuhan jabon dengan sengon hampir sama. Sengon mampu tumbuh lebat dengan diameter besar setelah menginjak usia 5 tahun.

Begitupun dengan pohon jabon. Usia 5 tahun, pohon jabon ini juga akan tumbuh besar dengan diameter yang besar pula. Lalu kenapa memilih jabon?

Itu Cuma perbandingan saja, namun perlu diketahui jika pohon jabon ini akan lebih cepat pertumbuhannya sehingga Anda yang saat ini mulai menangkap Peluang usaha budidaya Jabon tidak akan menyesal.

Ya, pertumbuhan jabon ini termasuk yang paling cepat dibandingkan dengan pohon lainnya. Biasanya, pohon ini akan memiliki diameter 10 cm setelah berusia 1 tahun. Sementara perkiraan 5 tahun jelas akan memiliki diameter 50 cm yang mungkin belum bisa didapatkan dari pohon sengon.

  • Bisa tumbuh kembali

Yang membuat Peluang usaha budidaya Jabon ini menggiurkan adalah Anda tidak perlu lagi membeli bibit baru lagi ketika ingin menanamnya kembali.

Setelah pohon jabon ditebang, pohon ini akan tumbuh kembali. Tentunya dengan proses tumbuh yang relative cepat sehingga Anda bisa panen beberapa kali tanpa harus membeli bibit kembali.

Cara Membudidayakan Pohon Jabon

Sadar akan keunggulan dari pohon ini, maka tidak salah jika saat ini pohon jabon banyak dilirik oleh pelaku bisnis. Nah, ada 5 tahapan yang harus Anda lakukan ketika ingin membudidayakan pohon jabon ini. Apa saja itu?

  • Mempersiapkan lahan

Ya, kalau Anda tidak punya lahan, lalu mau menanam pohon ini dimana. Lahan ini penting untuk dipersiapkan.

Jika sudah memiliki lahan, hal yang selanjutnya dilakukan adalah membersihkan dari rerumputan dan mengolah tanah supaya lebih baik.

  • Tentukan jarak tanam

Untuk memaksimalkan peluang usaha budidaya Jabon ini, Anda diwajibkan untuk mempertimbangkan jarak tanamnya. Karena jarak tanam ini nantinya akan mempengaruhi pertumbuhannya. Contohnya tidak berhimpitan karena terlalu padat.

Nah, jarak ideal penanaman pohon jabon ini adalah 3x4 meter supaya pohon ini nantinya akan normal pertumbuhannya.

  • Pembuatan lubang

Langkah selanjutnya adalah membuat lubang. Pembuatan lubang ini sebaiknya dilakukan seminggu sebelum melakukan penanaman.

Normalnya, Anda perlu melubangi tanah dengan perkiraan 40x40x40 cm saja.

  • Penanaman

Setelah lubang dibuat, kini saatnya Anda mulai menanam pohon jabon ini. Penanaman ini bisa dilakukan dengan memisahkan plastik poly bag yang membungkusnya. Dan perhatikan untuk menanamnya di musim penghujan supaya memudahkan dalam penyiraman.

  • Pemeliharaan

Langkah terakhir adalah perawatan. Perawatan ini meliputi pemupukan dan juga pembersihan lahan dari rerumputan dan lain sebagainya.

Untuk semester pertama, lakukan pemupukan sekitar 50 gram pertanaman selama 3 tahun. Baru setelah itu, berikan dengan intensitas lebih besar yakni 80 gram.

Nah, mari manfaatkan peluang usaha budidaya Jabon untuk tabungan masa depan selagi masih bisa.

www.solusikeluargaharmonis.com
author
No Response

Leave a reply "Peluang Usaha Budidaya Jabon Untuk Investasi Masa Depan"