www.solusikeluargaharmonis.com

Peluang Usaha Budidaya Lengkeng Diamond Rumahan

No comment 1362 views

Peluang Usaha Budidaya Lengkeng DiamondPeluang usaha budidaya lengkeng Diamond terbilang cukup menarik, hal ini tidak lain dikarenakan oleh keunggulan yang dimilikinya dibandingkan dengan jenis kelengkeng lainnya.

Lengkeng atau kelengkeng diamond ini bisa dibudidayakan dengan mudah, baik di atas lahan pekarangan atau di dalam pot. Namun kebanyakan, lengkeng diamond ini lebih sering ditanam di dalam pot.

Yang menariknya lagi, kelengkeng jenis ini cepat berbuah. Bayangkan saja, pada usia 8-10 bulan saja, kelengkeng ini bisa berbuah dengan lebat. Ini terjadi pada kelengkeng yang hidup dengan teknik vegetative.

Sementara bila ditanam melalui bijinya, kelengkeng ini sudah bisa berbuah setelah menginjak usia minimal 2 tahunan.

Jadi, permasalahan mengenai apakah tanaman kelengkeng ini bisa berbuah atau tidak, jawabannya adalah bergantung pada jenis tanamananya, kemudian berapa lama usia produktif tanaman tersebut.

Asal-Usul Kelengkeng Diamond

Sebelum memutuskan untuk mengambil Peluang usaha budidaya lengkeng Diamond ini, mungkin Anda perlu tahu banyak mengenai asal-usul dari tanaman ini.

Lengkeng diamond sendiri berasal dari china, dibudidayakan dengan teknik yang berbeda-beda, yakni dengan teknik vegetative atau juga teknik konvensional.

Yang paling sering adalah menanam dengan cara vegetatif. Normalnya, ditanam di dalam pot karena memang tanaman ini memiliki karakteristik lebih melebar daripada menjulang tinggi.

Dengan kata lain, kelengkeng jenis ini akan berbuah meskipun tanamannya masih pendek. Apalagi jika Anda juga menerapkan pemangkasan sebagai upaya untuk membuat tanaman lebih pendek.

Ciri khas dari kelengkeng diamond ini bisa Anda lihat pada bagian daunnya. Daunnya lebih lebar, terdapat gelombang ditepiannya, kemudian warnanya lebih hijau cerah.

Ciri ini bisa dilihat dengan jelas ketika tanaman ini memang tumbuh subur. Artinya, telah dirawat penuh oleh penjualnya sebagai bibit unggulan yang akan memudahkan pembudidaya dalam menanamnya.

Cara Tanam Kelengekeng Diamond Dalam Pot

Memulai pembudidayaan kelengkeng diamond ini tidak perlu memiliki lahan yang besar, cukup gunakan lahan pekarangan yang masih kosong, atau lahan di depan rumah yang tampak kosong.

Di atas lahan tersebut, Anda tidak perlu melubanginya. Namun cukup gunakan sebuah pot untuk menampung tanaman tersebut.

Dengan pemanfaatan tersebut, peluang usaha budidaya lengkeng Diamond ini akan jauh lebih efektif, dan tidak akan memakan lahan yang terlalu besar. Nah, bagaimana cara yang tepat untuk membudidayakan kelengkeng ini di dalam pot?

  • Seleksi bibit kelengkeng

Hal pertama yang menentukan apakah tanaman tersebut sehat atau tidak terletak pada bagaimana cara Anda memilih bibitnya. Bibit bisa saja terlihat baik, namun dibalik itu bibit bisa saja kurang sehat. Makanya, ketika Anda menanamnya, Anda akan dipusingkan dengan berbagai masalah seperti hama, ranting mengering dan lain sebagainya.

Jika Anda memang berniat untuk membuka peluang usaha budidaya lengkeng Diamond ini, seleksilah bibit dengan benar.

Anda bisa memperhatikan daunnya, kemudian batangnya, dan akarnya. Untuk daun, perhatikan apakah daunnya hijau semua atau tidak, kemudian apakah diserang hama atau tidak.

Jika daun nampak hijau subur, kemudian tidak ada yang bolong atau rusak akibat hama, Anda selangkah sudah benar.

Kemudian untuk batangnya, coba perhatikan sambungannya. Ketika sambungannya terlihat sesuai (tidak berat sebelah antara sambungan dengan yang disambung), maka Anda bisa mengambilnya. Karena ini merupakan tanda jika ada kesesuaian di dalam sambungan tersebut.

Sementara yang ketiga adalah melihat akarnya. Pastikan akarnya telah banyak, atau kalau bisa sudah menembus poly bagnya. Hal ini menandakan jika tanaman memang telah siap untuk ditanam.

  • Pilih pot yang lebih besar ketimbang tanamannya

Peluang usaha budidaya lengkeng diamond ini tidak akan menghasilkan ketika Anda tidak bisa menanamnya dengan benar.

Penanaman yang benar dengan media tanam pot adalah dengan memperhatikan ukuran pot dan tanamannya.

Pot yang baik adalah yang jauh lebih besar ukurannya ketimbang tanamannya. Gunanya adalah untuk memberikan ruang yang lebih lebar untuk akar tanaman.

  • Mulai menanam dan memeliharanya

Setelah Anda menyediakan bibit dan potnya, kini saatnya Anda mulai menanamnya. Pada kesempatan ini, Anda perlu menyediakan tanah yang sudah diberikan pupuk organik. Tujuannya adalah supaya peluang usaha budidaya lengkeng diamond benar-benar menguntungkan.

Jika sudah, kini saatnya Anda mulai menanam pohon kelengkeng tersebut. Tapi perlu diingat, tanaman ini biasanya akan memperlihatkan daunnya yang menguning dan mati di minggu-minggu pertama.

Hal ini dikarenakan oleh tanaman yang masih dalam proses adaptasi. Untuk itu, bantulah tanaman dengan cara menyiraminya, kemudian melakukan perawatan yang sewajarnya.

Setelah melewati minggu pertama, Anda akan mulai melihat jika tanaman yang Anda tanam sudah mulai subur. Kini saatnya Anda mulai memperhatikan bagaimana cara membuat tanaman tambah lebih subur.

Caranya adalah dengan memberikan pemupukan yang tepat. Normalnya, 6 bulan sekali dilakukan pemupukan untuk mendapatkan hasil yang lebih baik.

Nah, biasanya ada beberapa pengalaman tersendiri buat pembudidaya sehingga pemeriksaan harus selalu dilakukan. Hal ini ditujukan untuk mencari tahu apa yang sebaiknya diperlukan dalam menyehatkan tanaman, bahkan untuk merangsang tanaman supaya cepat berbuah.

Demikianlah ulasan mengenai peluang usaha budidaya lengkeng diamond yang bisa Anda optimalkan. Jika Anda memang gemar menanam, jadikan tanaman lengkeng sebagai hobi sekaligus bisnis yang menjanjikan.

www.solusikeluargaharmonis.com
author
No Response

Leave a reply "Peluang Usaha Budidaya Lengkeng Diamond Rumahan"