www.solusikeluargaharmonis.com

Peluang Usaha Budidaya Lidah Buaya

No comment 2383 views

budidaya-lidah-buayaPeluang bisnis lidah buaya menambah masukan yang cukup tinggi untuk anda. Kenapa tidak? Tanaman lidah buaya atau aloevera ini merupakan jenis tanaman yang sangat laris diperdagangan dalam maupun luar negeri. Lidah buaya ini banyak permintaannya di daerah jepang yang merupakan pengimpor lidah buaya terbesar saat ini. Lidah buaya ini pada umumnya berfungsi sebagai tanaman hias dan sebagai keramas. Karena kandungan dalam lidah buaya ini sangat bagus untuk kesuburan rambut. Namun anda juga perlu tahu kalau lidah buaya ini juga diproduksi dan diolah untuk dijadikan makanan, minuman ataupun sebagai obat.

Lidah buaya diolah untuk dikonsumsi? Anda tentu tidak membayangkannya bukan. Peluang bisnis lidah buaya ini menjadi semakin menarik dengan bermacamnya kegunaan tanaman ini. Beberapa pabrik minuman sudah mulai mengolah lidah buaya ini sebagai minuman siap teguk. Dan sudah dijual di berbagai toko maupun swalayan. Lidah buaya juga biasa dijadikan sebagai manisan. Selain untuk dikonsumsi, lidah buaya ini juga biasa dijadikan campuran dalam kosmetik dan juga sebagai obat. Biasanya lidah buaya ini dijadikan obat untuk penyembuh luka. Kandungan saponin dalam lidah buaya ini bisa untuk pembersih dan antiseptik. Ketika anda mempunyai luka sayatan, anda tinggal menutup luka itu dengan lidah buaya. Potong lidah buaya, bersihkan dan kupas kulit luarnya dan tutupkan lidah buaya tersebut pada luka anda.

Sebagai obat pencahar? Bisa saja. Tanaman lidah buaya ini memiliki kandungan aloin yang cukup banyak. Dimana senyawa ini dapat dipergunakan untuk melancarkan sistem pencernaan anda. Caranya adalah potong lidah buaya sebanyak kira-kira 250-300 gram. Bersihkan lidah buaya ini, kemudian parut dan saring untuk menghasilkan cairannya. Cairan inilah sebagai obat pencahar anda, konsumsi lah 2 kali 2 sendok makan sehari. Peluang bisnis lidah buaya ini sungguh menguntungkan bukan kalau dilihat dari segi kegunaannya yang tidak hanya tertuju pada sampo dan obat penyubur rambut.

Budidaya tanaman lidah buaya ini cukup mudah, karena jenis tanaman ini sangat cocok dengan iklim tropis di Negara kita. Ada banyak jenis dari tanaman lidah buaya ini, namun hanya tiga jenis saja yang mempunyai nilai jual tinggi. Yaitu pertama adalah Aloe barbandensis yang berasal dari Amerika, kedua adalah Aloe ferox yang berasal dari Afrika, dan yang terakhir adalah Aloe sinensis yang berasal dari Asia. Namun dari ketiga jenis lidah buaya ini, jenis Aloe barbandensis merupakan yang paling baik untuk dibudidyakan karena lebih tahan terhadap hama dan penyakit. Selain itu, ukuran lidah buaya jenis ini lebih besar dibandingkan dengan jenis-jenis lainnya.

Pembudidayaannya yang tidak terlalu sulit, bisa diekspor ke luar negeri, dan mempunyai banyak kegunaan, sebuah tanaman yang menarik bukan? Peluang bisnis lidah buaya ini akan menjadi prospek cerah untuk anda bila ditekuni.

www.solusikeluargaharmonis.com
author
No Response

Leave a reply "Peluang Usaha Budidaya Lidah Buaya"