www.solusikeluargaharmonis.com

Peluang Usaha Handicraft

No comment 2808 views

usaha-handicraftPeluang usaha handicraft kurang mendapat perhatian dari beberapa orang. Padahal melihat potensi dari usaha ini yang cukup bagus, harusnya banyak orang yang melirik usaha ini. Usaha handicraft ini bisa Anda jalankan dengan modal yang kecil, tanpa harus menghamburkan uang yang besar. Namun semua ini tergantung dari keterampilan Anda dalam menjalankan usaha handicraft ini. Bahan-bahan yang dibutuhkan dalam usaha ini juga tidak terlalu sulit untuk dicari dan semuanya biasanya barang-barang sepele yang kurang dipakai. Bahan-bahan yang dibutuhkan dalam handicraft ini antara lain adalah:

  • Bambu

Dari dahulu, bahan dasar bambu ini memang sudah digunakan untuk berbagai hal di kehidupan sehari-hari. Orang zaman dahulu, memanfaatkan bambu sebagai bahan dasar pembuatan rumah, getek penyeberang sungai, dan kebutuhan dapur. Banyak barang yang dihasilkan dari bahan ini. Untuk ukuran zaman modern saat ini, barang kerajinan yang berasal dari bambu misalnya adalah perkakas dapur rumah tangga seperti bakul nasi dan wadah sendok. Bakul nasi dari kerajinan tangan bambu ini masih sering dipakai hingga saat ini dengan bermacam variasi bentuk dan kombinasi bahan. Selain untuk keperluan dapur, ada juga untuk aksesoris ruangan. Contohnya adalah tempat lilin, kotak majalah, dan juga kotak tissue. Handicraft dari bambu ini yang masih sering dilihat adalah untuk aksesoris pada lampu ruangan dan juga meja kursi dalam ruang tamu.

  • Kain Perca

Peluang usaha handicraft yang kedua adalah dengan bahan dasar kain perca. Ada banyak aneka ragam kerajinan yang bisa dibuat dengan bahan kain perca ini, misalnya adalah gorden kain perca. Beberapa kain perca ini dengan kreatifitas Anda, bisa mengolahnya menjadi sebuah gorden unik untuk aksesoris dalam rumah Anda. Contoh lainnya adalah sprei, longsong bantal guling, boneka, lamping, dompet dan tas dari kain perca. Bahan-bahan bekas ini memang seringkali dipAndang sebelah mata bagi beberapa orang. Namun kalau Anda pAndai dalam kerajinan dan minat dalam seni, Anda bisa memanfaatkan kain perca ini menjadi sesuatu yang berarti dan berkelas seni.

  • Batok Kelapa

Kerajinan tangan dari batok kelapa beberapa waktu lalu sempat menjadi lirikan bagi beberapa kolektor bahan unik. Yaitu dengan dibuatnya tas kecil dari batok kelapa yang lucu. Peluang usaha handicraft dari batok kelapa ini kemudian dimanfaatkan oleh para pengrajin di beberapa daerah seperti Jogja, Solo dan tempat lainnya. Selain itu batok kelapa juga bisa dimanfaatkan dalam pembuatan hiasan-hiasan lainnya seperti mangkuk dan gelas hiasan, asbak, celengan, dan lain-lain.

  • Kain Flanel

Usaha kerajinan dengan kain flannel bisa Anda jalankan di rumah Anda sendiri. Usaha ini biasanya hanya berpusat pada kerajinan dalam membuat souvenir semata. Namun permintaan akan kerajinan ini cukup bagus di beberapa toko-toko souvenir di Indonesia.

Kerajinan tangan merupakan seni yang bisa dikembangkan menjadi uang dan peluang usaha. Beberapa contoh bahan di atas bisa digunakan sebagai peluang usaha handicraft di era modern ini. Semoga sukses.

www.solusikeluargaharmonis.com
author
No Response

Leave a reply "Peluang Usaha Handicraft"