www.solusikeluargaharmonis.com

Peluang Usaha Ikan Hias Air Tawar

3 comments 9103 views

ikan-hias-air-tawarPeluang bisnis ikan hias air tawar lebih mudah? Tentu, bila dibandingkan dengan bisnis ikan hias air laut. Walaupun keberagaman ikan hias air laut lebih bervariasi dan lebih bagus corak warnanya. Namun dalam pemeliharaannya akan lebih ribet ikan hias air laut. Ikan hias air laut sangat sensitif terhadap lingkungannya. Anda perlu memperhatikan ph dan kadar garam air lautnya. Kemudian, dalam akuarium untuk ikan hias air laut, anda harus memperhatikan kualitas airnya. Akuarium air laut harus mempunyai prorein krimmer.

Peluang bisnis ikan hias air tawar ini cukup menjanjikan karena memang luas sekali pangsa pasarnya, karena penyuka ikan hias berada disemua kalangan masyarakat. Baik dari yang menengah ke bawah maupun menengah ke atas. Untuk menengah ke atas, misalnya ikan Louhan, ikan Arwana, atau ikan Discus. Harga dan pemeliharaan dari jenis-jenis ikan ini bisa sangat mahal.seperti misalnya ikan Arwana yang harganya bisa sangat melambung tinggi di Indonesia. Harga ikan Arwana bervariasi tergantung jenis ikan dan ukuran dari ikan Arwana ini. Harga ikan Arwana mulai 300 ribuan sampai mencapai 70 jutaan rupiah. Selain karena coraknya yang indah, tetapi juga karena ikan Arwana ini mempunyai nilai mistis di beberapa orang yang mempercayainya. Dipercaya ikan Arwana ini bisa membawa keberuntungan bagi yang memeliharanya.

Untuk menengah ke bawah, misalnya ikan Cupang, Ikan Koki, Ikan Koi, Ikan Emas, Ikan Komet, Ikan Lemon atau Ikan Manfish. Namun ada beberapa ikan yang bersifat galak dan tipe petarung seperti ikan Cupang. Ikan ini sering ditempatkan ditempat sendiri dan tidak bergerombol seperti ikan lain. Peluang bisnis ikan hias air tawar jenis Cupang ini cukup bagus. Peminatnya yang selain menyukai corak warnanya, juga karena suka ada yang menjadikan ikan ini sebagai bahan aduan.

Untuk memulai bisnis ini, tentunya ada beberapa hal yang perlu anda ketahui, yaitu:

Lokasi dan Tempat pemeliharaan

Lokasi yang stategis pasti akan terasa sangat vital dalam bisnis apapun, kecuali bisnis online. Jadi pemilihan tempat bisa jadi pilihan pertama, sedangkan kalau modal yang tidak begitu banyak bisa saja memeliharanya di rumah anda sendiri.

Soal tempat pemeliharaannya, perlu anda sediakan tempat yang sesuai dengan jumlah ikan hias yang anda pelihara. Yang paling penting lainnya adalah system pakan dan pemeliharaan air. Semakin sering anda memberi makan tentu saja semakin cepat keruh tempat pemeliharaan anda.

Peralatan

Peralatan yang dibutuhkan misalnya adalah jarring penangkap ikan, akuarium, filter, dan pompa air. Anda juga perlu menyediakan vitamin-vitamin untuk ikan-ikan anda.

Jenis-jenis ikan

Jenis-jenis ikan ini bisa anda sesuaikan dengan target fokus bisnis anda. Apakah anda mentargetkan kalangan kelas menengah ke atas atau menengah ke bawah. Bisa juga anda memelihara dua jenis kalangan ikan hias secara bersamaan.

Pemasaran

Target pemasaran ini juga perlu anda fokuskan. Apakah target anda anak-anak atau dewasa, namun kedua target bisa bersamaan juga anda prioritaskan. Untuk anak-anak kebanyaka lebih suka dengan ikan Cupang. Kalau ikan jenis ini, anda perlu menyediakan tempat atau akuarium mini untuk ikan jenis ini.

Apapun bisnis yang anda jalankan, bisa membuat anda semakin tebal kantongnya kalau ditekuni dengan serius. Jangan setengah-setengah menjalankan bisnis, sama halnya dengan peluang bisnis ikan hias air tawar ini.

www.solusikeluargaharmonis.com
author
3 Responses
  1. Peluang Usaha Budidaya Ikan Lele - Tabloid Peluang Usaha | Tabloid Peluang Usaha3 years ago

    […] jenis ikan lele diatas merupakan jenis ikan lele yang bisa anda pelihara di pekarangan atau halaman belakang rumah anda. Semua tergantung selera dan minat anda untuk memelihara jenis […]

    Reply
  2. Peluang Usaha Budidaya Ikan Koi3 years ago

    […] emas ini mempunyai corak warna yang indah, hal ini menjadi ketertarikan tersendiri bagi mereka para pecinta ikan koi. Kolaborasi warna dari ikan ini juga sangat indah. Ikan koi ini juga dipercaya bisa mendatangkan […]

    Reply
  3. Tips Memulai Bisnis Ikan Hias - Tabloid Peluang Usaha3 years ago

    […] anda dapat memilih dua opsi ikan hias yang hendak anda budidayakan dan dijual. Pertama adalah jenis ikan hias air tawar, dimana perawatan ikan hias dari air tawar ini cukup mudah. Yang kedua adalah ikan hias air laut […]

    Reply

Leave a reply "Peluang Usaha Ikan Hias Air Tawar"