www.solusikeluargaharmonis.com

Peluang Usaha Ikan Hias

No comment 1993 views

ikan-hias-air-tawarPeluang usaha ikan hias air tawar yang mudah bertelur cukup bagus. Apalagi kalau ikan tersebut mudah bertelur saat berada di aquarium, akan banyak diminati oleh banyak orang. Ada beberapa jenis ikan hias air tawar yang mudah pembiakannya dan perawatannya, diantaranya adalah:

  • Ikan Platis

Ikan air tawar satu ini biasa juga disebut sebagai ikan pedang. Peluang usaha ikan hias air tawar yang satu ini cukup bagus karena ikan hias air tawar satu ini memang terkenal mudah membiakkannya. Kalau anda punya satu pasang ikan platis ini, ikan ini dapat menghasilkan puluhan anak. Namun anda harus dapat membedakan dahulu ikan platis jantan dan betina. Ikan platis jantan ukuran badannya biasanya lebih kecil dan ramping daripada si betina. Ciri lainnya adalah ikan yang jantan memiliki ekor yang panjang dan lancip pada bagian bawah. Kemudian pada bagian anal, ikan jantan mempunyai sirip lancip seperti jarum. Sedangkan ikan platis betina badannya lebih besar dan cenderung gemuk dibandingkan dengan ikan platis jantan. Kemudian pada bagian anal, ikan platis betina ini tidak lancip seperti si jantan. Kalau anda hendak membiakkan ikan platis, usahakan membiakkan yang bermata hitam. Kalau ikan platis mata hitam ini cenderung lebih mudah untuk dikembangbiakkan dari ikan platis mata merah.

  • Ikan Molly

Ikan molly ini termasuk salah satu ikan hias yang mudah dibiakkan dan juga mudah perawatannya. Jenis ikan ini hampir mirip dengan ikan platis namun ukuran badannya lebih pendek dan lebih besar. Seperti ikan platis, anda harus bisa membedakan dahulu mana yang jantan dan betina.

Ikan molly jantan mempunyai gonopodium. Gonopodium ini adalah tonjolan di bagian perut. Ikan molly jantan mempunyai tubuh ramping, warna badan ikan lebih cerah, sirip punggung panjang, dan kepala lebih besar. Sedanglan ikan molly betina tidak mempunyai gonopodium, tubuhnya gemuk, warna badan kurang cerah, sirip unggung lebih pendek, dan kepalanya runcing.

  • Ikan Molly Balon

Ikan molly ini merupakan varian molly yang memiliki badan yang cenderung lebih bulat dan gendut pada bagian perutnya. Ikan molly balon ini juga mudah pemeliharaannya walau tanpa perhatian khusus. Pengembangbiakan ikan molly balon ini juga mudah seperti ikan molly biasa. Membedakan jantan dan betina juga hampir sama dengan ikan molly biasa.

  • Ikan Guppy

Peluang usaha ikan hias air tawar yang bagus lainnya adalah ikan guppy. Ikan hias air tawar jenis ini berkembang biak dengan beranak. Pada awaknya ikan guppy ini hidup di daerah rawa air payau. Dan kemudian karena ekornya yang bagus, beberapa orang mulai membiakkannya untuk ikan hias di aquarium. Cara membedakan ikan guppy jantan dan betina hampir sama dengan ikan molly. Si jantan pasti berbadan cenderung ramping, warna badannya lebih cerah, dan mempunyai gonopodium. Kemudian ikan guppy betina badannya lebih gemuk, warna badan kurang cerah, dan tidak terdapat gonopodium.

Itulah beberapa jenis ikan hias air tawar yang mudah untuk dibiakkan tanpa harus memakai perawatan khusus. Sehingga menjadikan peluang usaha ikan hias air tawar menjadi semakin bagus saja.

 

www.solusikeluargaharmonis.com
author
No Response

Leave a reply "Peluang Usaha Ikan Hias"