www.solusikeluargaharmonis.com

Peluang Usaha Lovebird Bagi Pemula

No comment 7147 views

bididaya-lovebirdPeluang bisnis lovebird cukup menjanjikan, mengingat permintaan terhadap burung jenis ini mulai meningkat. Beberapa orang yang dulunya tidak menyukai burung, menjadi suka terhadap burung karena keindahan butung lovebird ini. Selain karena keindahannya, lama kelamaan orang-orang mulai suka memelihara karena suara khas lovebird yang panjang.

Peluang bisnis lovebird bagi pemula dapat dikatakan gampang-gampang susah. Tapi kalau dengan ketekunan anda dan malah akan menjadi sebuah hobi, pasti bagaimanapun sulitnya akan bisa anda atasi. Kesulitan pertama mungkin pada saat membedakan jantan dan betinanya burung lovebird ini. Cara simple membedakannya adalah memperhatikan cupit yang terdapat pada bagian anus burung lovebird. Misalnya saat kita raba bagian tersebut terasa lancip, rapat, dan keras maka burung lovebird itu kemungkinan besar adalah jantan. Kemudian apabila bagian tersebut tidak lancip, lebar, dan lebih lembek maka burung lovebird itu kemungkinan besar adalah betina. Bisa juga membedakannya dengan melihat bagian paruhnya. Burung lovebird jantan paruhnya dari pangkal sampai ujung akan terlihat lebih meruncing, sedangkan burung lovebird betina paruhnya akan cenderung lebih melebar. Kemudian ikuti tahap-tahap berikut:

Persiapkan Kandang

Anda bisa membuat kandang yang besar sekaligus tapi terpisah satu sama lain. Hal ini bisanya kandang untuk mencarikan pasangan burung lovebird anda. Dan persiapkan juga tempat untuk pengemkraman telur. Buatlah kandang dari kawat strimin, untuk menghindarkan dari gangguan hama tikus.

Pasangankan Burung Lovebird

Burung lovebird ini termasuk burung yang tidak bisa dijodohkan dengan paksa. Jadi untuk mendapatkan pasangannya, anda bisa dengan memasukkan banyak burung lovebird ke dalam satu sangkar besar. Nanti akan terlihat burung yang sering bersama, maka itulah pasangan dari burung lovebird. Setelah itu anda bisa memasukkan kedua burung itu ke dalam satu sangkar kecil. Jangan lupa memberi tempat untuk bertelur burung lovebird betina. Buatkan sarang yang lembut dari jerami, kain dan sejenisnya.

Pengembangbiakan Burung Lovebird

Burung lovebird usia 8 bulan adalah burung yang sudah siap kawin. Tempatkan pada tempat yang tenang untuk kedua burung anda ini. Proses pengengkraman biasanya mencapai 21 hari dan baru bisa menetas. Setelah bertelur, anda biasanya harus menunggu sekitar lebih dari 24 jam untuk penetasan yang tidak serempak dari burung lovebird ini. Kemudian setelah 2 minggu anda sapihkan anak burung lovebird ini dan induknya sudah siap kawin lagi.

Pemberian Pakan Burung Lovebird

Induk yang sudah siap kawin lagi ini yang sudah dipisahkan dari anaknya bisa diberi makan seperti kwaci, sawi maupun toge. Pakan-pakan ini bisa menambahkan birahi burung lovebird ini untuk bisa cepat-cepat kawin lagi. Kemudian pakan untuk anak lovebird, lebih baik anda memberi pakan yang sedikit lembut layaknya bubur untuk anak kecil. Setelah sedikit dewasa, anda bisa melatihnya untuk makan makanan yang sewajarnya burung lovebird dewasa.

Penjualan burung lovebird ini biasanya setelah burung lovebird ini berusia sekitar 40 hari. Harga dari burung lovebird ini biasanya tergantung pada warna bulunya dan kicau burung lovebird ini. Peluang bisnis burung lovebird ini bisa sebagai hobi yang menguntungkan bukan?

www.solusikeluargaharmonis.com
author
No Response

Leave a reply "Peluang Usaha Lovebird Bagi Pemula"