www.solusikeluargaharmonis.com

Peluang Usaha Menjadi Seorang Online Marketer

No comment 511 views

Anda sudah tahu profesi sebagai seorang online marketer atau yang disebut juga dengan internet marketer? Kebanyakan profesi ini dijalankan oleh anak-anak muda karena memang ini merupakan jenis pekerjaan yang relatif baru.

Ketika internet muncul dan banyak orang menggunakan internet, profesi ini baru terlihat menarik. Tentu saja anak-anak muda yang lebih banyak tertarik menjalani profesi ini karena mereka yang bisa dikatakan melek terhadap teknologi terbaru berbasis internet.

Seberapa Menjanjikan Profesi Internet Marketer?

Internet marketer atau yang sering disebut IM atau IMers menjadi salah satu dari sekian banyak peluang usaha yang diminati saat ini. Hal ini tidak lepas dari peluang yang begitu besar dalam hal mendapatkan pendapatkan dari menjadi seorang online marketer.

Anda bayangkan saja hampir semua orang menggunakan gadget yang bisa digunakan untuk browsing di internet. Perilaku masyarakat juga berubah yang dulunya berbelanja di toko sekarang mereka tidak ragu lagi berbelanja secara online.

Adryan Fitra bisa dijadikan bukti betapa menggiurkan menjadi seorang online marketer. Ia menjadi sangat terkenal ketika ia mendapatkan pendapatan 1 milyar rupiah dengan menjadi seorang publisher Google Adsense (salah satu jenis dari bisnis internet marketing).

Dari keahliannya tersebut, ia sekarang tidak hanya menjadi seorang publisher tapi juga masuk ke dalam kategori atau jenis bisnis internet marketing lainnya.

Rakean Gagah memiliki cerita yang berbeda. Dengan situsĀ sederhana Rakean mendapatkan omset sekitar 3,6 milyar per tahun. Dan masih banyak lagi cerita dari seorang online marketer yang sukses lainnya seperti Rudi Salim yang menjalankan bisnis pembiayaan transaksi penjualan online, Suwandi Chow seorang konsultan internet marketing serta copywriting handal, dan lain sebagainya.

Tentu ada juga internet atau online marketer yang gagal. Setiap bisnis pasti ada resiko gagal. Tinggal Anda bisa meminimalisir resiko buruk tersebut atau tidak. Dan ternyata, beberapa nama tersebut di atas mampu meminimalisir resiko gagal sehingga mereka sukses menjalani profesi sebagai internet marketer.

Apa Yang Dilakukan Oleh Seorang Online Marketer?

Dari namanya saja, sebenarnya Anda bisa tebak apa yang dilakukan oleh seseorang yang berprofesi sebagai online marketer. Ia adalah seorang marketing sebuah jasa atau produk. Hanya saja, cara marketingnya dilakukan secara online, yang menggunakan internet.

Namun, ternyata banyak sekali jenis dari bisnis internet marketing ini.

Publisher

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, Adryan Fitra adalah seorang publisher yang mendapatkan uang sebesar 1 milyar rupiah. Anda tahu apa yang ia lakukan? Sebagai seorang publisher, ia harus membuat sebuah situs yang menarik banyak orang. Di situs tersebut, akan ada iklan yang dipasang di halaman situs. Semakin banyak yang meng klik iklan, maka pendapatan seorang publisher akan semakin tinggi. Konsepnya seperti itu.

Yang paling terkenal hingga saat ini adalah publisher Google Adsense. Pasalnya, Google Adsense memberikan pendapatan yang tinggi untuk setiap publisher yang memiliki situs dengan trafik yang banyak.

Affiliate

Bisnis affiliate ini berbeda dengan publisher. Tugas Anda sebagai affiliater hanyalah memasukkan link tertentu sehingga pembaca tertarik untuk meng klik dan akhirnya membuat sebuah jasa atau produk yang ditawarkan. Jadi, bisa dikatakan seorang affiliater adalah seseorang yang mempromosikan sebuah situs yang menawarkan sebuah produk atau jasa.

Biasanya, seorang affiliate akan membuat konten entah itu berbentuk artikel atau video yang mereview sebuah produk atau jasa. Jika ada pembaca yang akhirnya membeli produk atau mengambil jasa tersebut, maka affiliater akan mendapatkan komisi.

Email Marketing

Bisa dikatakan ini adalah jenis online marketing yang paling tua. Sebelum adanya model marketing online seperti saat ini dengan memanfaatkan search engine dan juga social media, email marketing menjadi strategi marketing yang dahsyat. Namun, dengan adanya strategi online marketing yang baru muncul seperti saat ini, bukan berarti email marketing sudah tidak efektif lagi. Terbukti perusahaan online besar saja masih menggunakan strategi ini.

Pada dasarnya, seseorang yang menjalankan usaha email marketing membantu para pemilik usaha, perusahaan, atau pihak mana saja yang ingin melakukan pemasaran. Dengan demikian, perusahaan akan semakin terkenal dan diharapkan produk atau jasa yang ditawarkan semakin banyak diminati.

Sebenarnya masih banyak lagi jenis bisnis online marketing lainnya. Yang pasti, peluang usaha seperti ini sangat tepat untuk Anda coba ditengah kebiasaan masyarakat menggunakan fasilitas internet dan perubahaan perilaku mereka dengan tidak lagi ragu bertransaksi secara online.

Tips Menjalani Usaha Sebagai Online Marketer

Mungkin Anda sangat tertarik setelah tahu berapa penghasilan dari Adryan Fitran dan Rakean Gagah. Belum lagi para Imers lainnya yang sekarang ini sudah ada di setiap kota. Bahkan, mereka juga terkadang memiliki perkumpulan Imers di kota masing-masing.

Akan tetapi, Anda harus ingat selalu ada resiko kegagalan dari setiap usaha, tak terkecuali peluang usaha menjadi seorang internet marketer. Ada beberapa tips agar meminimalisir kegagalan dalam menjalankan bisnis sebagai internet marketer.

#Ambil Kursus Yang Terpercaya

Anda harus tahu banyak sekali orang yang tertarik menjalani bisnis online sebagai internet marketer. Bisnis ini ada yang dijadikan sebagai bisnis utama dan tidak sedikit juga yang dijadikan sebagai bisnis sampingan.

Oleh sebab itu, bertebaran kursus bisnis online marketing. Akan sangat tepat jika Anda menginvestasikan uang, waktu, dan juga tenaga dengan mengikuti kursus internet marketing yang terpercaya. Tidak perlu melirik kursus lainnya. Pilih salah satu saja dan benar-benar pelajari tentang internet marketing.

Tentukan Salah Satu Jenis Bisnis Online Marketing

Sebagian besar internet markter gagal karena satu hal yang ini, yaitu mereka tidak menjalankan salah satu bisnis saja. Setelah menjalani bisnis publisher dan tidak menghasilkan seperti yang ia bayangkan, ia langsung pindah menjalankan bisnis lainnya seperti affiliate, reseller, dan lain sebagainya.

Action

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, Anda hanya perlu ikut satu kursus yang terpercaya. Hal selanjutnya yang harus Anda lakukan adalan praktek. Action menjadi kunci utamanya. Pada kenyataannya, banyak sekali Imers yang terlalu banyak mengambil kursus, membeli ebook yang harganya tidaklah murah, dan bahkan mengikuti forum-forum. Mereka terlalu banyak belajar dan lupa praktek. Action menjadi salah satu kunci keberhasilan seorang internet marketer.

Fokus

Setelah Anda kursus dan tahu bagaimana cara kerja online marketing seperti optimasi SEO Onpage dan Offpage, FB ads, dan lain sebagainya, Anda hanya perlu menentukan jenis bisnis online apa yang akan Anda lakukan. Tetapkan dan fokus hingga Anda berhasil. Anda tidak boleh tergiur dengan jenis bisnis lainnya yang terlihat lebih mudah dan lebih profitable. Karena pada kenyataannya tidak ada jenis bisnis apapun tak terkecuali online marketing yang tidak membutuhkan fokus.

Setelah Anda tahu peluang usaha menjadi seorang online marketer, apakah Anda tertarik untuk menjalani bisnis yang satu ini?

 

www.solusikeluargaharmonis.com
author
No Response

Leave a reply "Peluang Usaha Menjadi Seorang Online Marketer"