www.solusikeluargaharmonis.com

Peluang Usaha Telur Asin

No comment 2950 views

usaha-telor-asinSatu lagi peluang bisnis bagi Anda yang sedang kebingungan mencari peluang usaha. Ide untuk menekuni bisnis telur asin memiliki prospek yang baik sebab konsumsi telur masyarakat selalu stabil. Telur memang merupakan salah satu pendamping nasi yang mudah diolah dan enak serta bergizi. Namun, adalah fakta bahwa telur mudah rusak. Karenanya, ibu rumah tangga banyak yang beralih pada jenis telur asin yang jauh lebih awet berkat proses penggaraman. Celah ini merupakan peluang bisnis yang tak boleh Anda lewatkan.

Telur itik merupakan salah satu jenis makanan yang sangat populer karena selain harganya yang masih relatif terjangkau, rasanya pun menurut sebagian orang lebih lezat daripada telur ayam. Memang benar bahwa telur itik mengandung kolesterol dan lemak yang cukup tinggi. Namun, tidak semua nutrisi yang terkandung di dalam telur itik buruk bagi kesehatan. Manfaat telur itik cukup signifikan apabila kita mengkonsumsinya dengan diet yang sehat dan seimbang sebagai  suplemen.

Satu telur bebek mentah dengan ukuran besar mengandung 9 g protein, yaitu sekitar 18 persen dari asupan  protein yang dibutuhkan kebanyakan orang setiap hari. Tubuh kita memerlukan asupan protein dalam jumlah besar setiap setiap hari. Hal ini tidak terlepas dari peran protein yang merupakan komponen utama dari berbagai bagian tubuh Anda, termasuk kulit, otot dan organ. Protein terus-menerus digunakan untuk memperbaiki dan memelihara sel-sel, terutama pada masa kanak-kanak, saat hamil, atau setelah berolahraga.

Vitamin A

Manfaat telur itik lainnya adalah memiliki kandungan Vitamin A yang cukup tinggi. Satu butir telur bebek mentah ukuran besar diketahui mengandung sekitar 472 IU vitamin A, yang merupakan 9,4% dari  asupan vitamin harian yang direkomendasikan. Menurut University of Maryland Medical Center, tubuh menggunakan vitamin A untuk membantu menjaga kesehatan mata Anda. Hal ini juga digunakan untuk fungsi lain seperti memerangi radikal bebas, memperkuat sistem kekebalan tubuh, dan menjaga gigi dan tulang yang sehat.

Vitamin E

Telur bebek besar mentah mengandung 0,9 mg vitamin E, yaitu sekitar 3 persen dari kebutuhan vitamin E harian Anda yang disarankan . Vitamin E adalah antioksidan yang dapat membantu mencegah kerusakan akibat radikal bebas, seperti manfaat dari vitamin C. Menurut Medline Plus oleh National Institutes of Health, vitamin E juga berkontribusi terhadap pemeliharaan pencernaan dan sistem metabolisme, serta membantu tubuh Anda melawan infeksi dan penyakit.

Mineral

Telur itik juga merupakan sumber yang baik dari mineral yang berbeda yang dibutuhkan tubuh Anda. Sebagai contoh, salah satu telur mentah mengandung 154 mg fosfor yang merupakan 15,4 persen dari asupan harian Anda yang dianjurkan. Selain fosfor, manfaat telur itik juga menyumbangkan nutrisi berupa kalsium, kalium dan zat besi dalam jumlah yang cukup besar.

Mulai Dengan Kualitas Telur

Jika Anda tertarik mengembangkan bisnis telur asin sebagai mata pencaharian Anda, maka langkah pertama terbaik yang Anda lakukan adalah memilih kualitas telur yang baik. Pada umumnya, penambak telur asin menggunakan telur itik. Selain kandungan gizinya yang kompleks, jenis telur ini juga dikenal mudah rusak. Pilihlah telur itik terbaik sebagai bakal telur asin Anda. Lebih baik lagi jika Anda memelihara itik sendiri. Kabarnya itik yang diberi pakan kepala udang akan menghasilkan telur kualitas jawara yang masir (enak) jika dibuat telur asin.

Setelah memilih telur itik yang baik, jangan lupa melakukan proses pemeriksaan telur yang lebih lanjut. Proses ini untuk mengetahui telur mana yang masih baik untuk dikonsumsi. caranya cukup mudah, ambil wadah berisi air dan celupkan telur ke dalamnya. Jika telur mengambang, maka telur tak layak untuk dikonsumsi. Sebaliknya, jika telur tenggelam maka telur masih layak untuk diolah lebih lanjut.

Proses Pembuatan

Cara membuat telur asin sangat mudah dan tidak memerlukan keahlian khusus. Hal ini yang membuat ongkos produksi telur asin sangat murah dan keuntungan yang didapatkan cukup banyak. Cara membuat telur asin dimulai dengan pembuatan adonan pembungkus berupa campuran abu gosok atau bubuk bata merah dengan bubuk/butiran garam. Untuk membuat adonan basah, tambahkan air secukupnya. Setelah itu baluri atau rendam butiran telur dengan adonan tersebut. Tunggu beberapa hari hingga telur siap dipanen. Biasanya, waktu penyimpanan berkisar tujuh hari sampai empat belas hari. Lamanya tergantung pada kadar asin yang Anda inginkan, semakin asin maka semakin lama disimpan.

Tambahkan Berbagai Rasa Dalam Telur Anda!

Para penambak telur asin dahulu hanya memproduksi telur dengan rasa asin biasa. Namun, seiring dengan semakin tingginya persaingan usaha telur asin, mondorong banyak pengusaha di bidang ini untuk menciptakan ide-ide kreatif yang menjual. Salah satu inovasi bisnis dalam bidang telur asin adalah terciptanya telur asin berbagai rasa yang menggugah selera.

Telur asin aneka rasa ini sudah banyak ditemui di pasaran. Meskipun dibandrol dengan harga yang lebih mahal dari telur asin original, namun modifikasi rasa membuat telur jenis ini tetap diminati konsumen. Varian rasa telur asin yang bisa Anda pilih antara lain telur asin rasa bawang putih, telur asin dengan rasa pedas, rasa jahe, jeruk dan masih banyak lagi lainnya. Kombinasi rasa asin dan campuran rasa lainnya membuat telur lebih nikmat lagi di lidah. Tak heran jika banyak orang yang menggemari telur asin aneka rasa ini.

Peluang Usaha Telur Asin Aneka Rasa

Bagi Anda yang jeli melihat kesempatan, agaknya telur asin aneka rasa bisa menjadi pundi-pundi uang yang serius untuk digeluti. Secara umum, bisnis telur asin cukup mudah. Anda tak perlu keahlian khusus untuk membuatnya. Modal usaha juga cenderung sedikit sebab peralatan yang digunakan memproses telur asin aneka rasa cukup sederhana, sama seperti pembuatan telur asin biasa. Hanya saja, Anda harus mengeluarkan sedikit lagi biaya untuk bahan-bahan penambah rasa seperti jahe, bawang putih, cabe, jeruk dan semacamnya.

Inovasi telur asin aneka rasa juga pasti dimulai dengan proses “trial and error”. Jika Anda memang serius, kembangkanlah ide bisnis Anda dan beranilah mencoba apapun resiko yang mengintai Anda. Telur asin aneka rasa masih bisa dikembangkan menjadi produk unggul lainnya. Misalnya telur asin aneka rasa minim kolesterol, atau telur asin aneka rasa yang diproses melalui pembakaran, atau ide-ide segar lainnya. Belajarlah berkompetisi dengan ide-ide segar

Persiapan Awal

Sebelum melakukan pengasinan telur, Anda harus memastikan telur yang Anda gunakan masih baik. Cara sederhana yang bisa Anda lakukan adalah dengan merendam telur di air. Pilihlah telur yang tenggelam ke dasar wadah sebab hal tersebut pertanda kualitas telur masih layak untuk dikonsumsi. Langkah selanjutnya adalah mempersiapkan bahan yang hendak dipakai. Namun bahan-bahan ini teragntung lagi pada cara pembuatan telur asin yang Anda pilih.

Metode Pembuatan Telur Asin

Secara umum, cara membuat telur asin bisa melalui tiga metode yakni perendaman dalam larutan garam, pemeraman dengan adonan garam serta perendaman dengan adonan garam. Ketiga cara ini bisa Anda pilih yang mana yang menurut Anda mudah untuk dilakukan.

Metode pertama dengan melakukan perendaman telur pilihan dalam larutan garam. Prosedurnya dimulai dengan merendam telur berkualitas dalam larutan air garam yang sudah bersuhu dingin. Lama perendaman sekitar tujuh hingga sepuluh hari. Cara ini merupakan metode pembuatan telur asin yang paling mudah san sederhana. Meski demikian, kulaitas rasa yang dihasilkan cukup baik.

Metode selanjutnya yang bisa Anda terapkan adalah dengan melakukan pemeraman telur menggunakan adonan garam. Adonan ini bisa berupa campuran bubuk bata merah dan garam, ataukah campuran abu gosok dan garam. Cara membuat adonan ini cukup sederhana. Campurkan bubuk bata merah ataupun abu gosok dengan garam bubuk dalam suatu wadah. Setelah itu tambahkan air secukupnya sampai membentuk adonan pasta. Setelah itu balurkan ke seluruh permukaan telur dan simpan dalam wadah seperti ember. Lama penyimpanan bisa berkisar antara satu minggu hingga dua minggu. Bagi Anda yang menyukai rasa asin yang tak berlebihan, sebaiknya panen telur asin Anda setelah masa tujuh hari.

Cara membuat telur asin yang terakhir adalah denga merendam telur pada adonan garam. Cara ini jauh lebih praktis sebab Anda tak perlu lagi membaluri satu per satu butiran telur Anda dengan adonan garam. Pada metode ini, yang Anda lakukan hanya menyusun secara hati-hari telur dalam sebuah wadah. Setelah itu tuangkan adonan garam yang telah menyerupai pasta ke dalam wadah tadi. Usahakan semua telur tertimbun dengan sempurna. Setelah itu tutup wadan dan tunggu masa panen tujuh atau sepuluh hari lagi. Perlu Anda ketahui, pada metode ini, adonan garam yang Anda buat haruslah lebih banyak dibandingkan adonan pada metode kedua.

Membidik Pasar

Setelah penen, besihkan telur asin dari adonan yang telah mengering. Selanjutnya, Anda bisa mulai mengemas dan menyalurkannya pada pengecer atau jual titip atau jual langsung. Prospek bisnis telur asin cukup menjanjikan sebab harga dan rasa yang khas membuat permintaan pasar tak pernah sepi. Industri telur asin bahkan memegang peranan yang penting dalam memenuhi kebutuhan protein dan lemak masyarakat. Menurut data terpercaya, presentasi telur sebagai sumber protein dan lemak mencapai angka 2,08%. Angka ini masih bisa bertambah seiring dengan inovasi pembuatan telur asin yang terus berkembang. Selamat berusaha!

www.solusikeluargaharmonis.com
author
No Response

Leave a reply "Peluang Usaha Telur Asin"