www.solusikeluargaharmonis.com

Peluang Usaha Ternak Kelinci

No comment 1970 views

ternak-kelinciPeluang usaha ternak kelinci cukup bagus untuk saat ini. harga daging kelinci ini bisa dibilang cukup stabil dan sering naik. Memang benar, stabilnya harga daging kelinci ini disebabkan karena permintaan terhadap daging kelinci ini cukup tinggi. Dagingnya yang gurih dan enak menjadi salah satu daya tarinya. Selain itu, kadar lemak dari daging kelinci termasuk rendah dibandingkan dengan daging hewan lain.

Pemeliharaan dan perawatan dari kelinci bisa dibilang cukup mudah. Selain mudah, biaya yang perlu Anda keluarkan untuk modal awal dan perawatannya juga tidak terlalu besar. Pakan dari kelinvi ini umumnya adalah sayuran hijau yang mudah untuk ditemukan. Anda bisa mendapat pakan ini dari lahan pertanian Anda atau beli di pasar. Oleh karena itu, usaha ternak kelinci ini patut Anda coba di rumah. Anda juga tidak perlu memikirkan lahan dalam memelihara kelinci ini karena lahan ternaknya tidak begitu luas.

Lalu Anda perlu memerhatikan indukan dari kelinci ini dan reproduksinya. Indukan kelinci ini harus Anda periksa dahulu kesehatannya. Mata kelinci harus yang bersinar sehat, telinganya tidak pepleh, dan bulunya tidak kusut. Untuk induk, betina, idealnya memiliki lebih dari 8 putting susu. Waktu kawin dari kelinci ini sebaiknya pada pagi hari saja. Masukkan kelinci betina Anda ke kAndang pejantan, lalu periksa perut betina saat usia perkawinan sudah masuk hari ke 15. Urut perutnya secara perlahan agar Anda tahu keadaan perutnya sudah hamil atau belum. Dalam kurun waktu satu tahun, kelinci bisa mengalami 5 kali kehamilan dan dalam satu kali kelahiran bisa menghasilkan anak 4 sampai 12 ekor. Peluang usaha ternak kelinci ini memang bagus bukan dengan melihat sistem reproduksi mereka.

Anda juga perlu mengetahui hal-hal apa saja yang perlu Anda hindari dalam beternak kelinci. Berikut beberapa hal yang harus Anda hindari:

  • Hindari memilih indukan yang tidak sehat karena bisa mempengaruhi anakannya nanti.
  • Hindari memilih indukan yang usianya di bawah 3 bulan karena anakan kelinci pada usia segitu masih sangat bergantung pada induknya.
  • Hindari memberi pakan sayur yang msih segar karena kadar air dalam syuran segar terkadang membuat mencret kelinci Anda. Jadi usahakan memberi pakan sayuran yang sudah layu yang kadar airnya sedikit.
  • Hindari memeberi makan kelinci hanya dengan sayuran hijau karena kelinci juga membutuhkan asupan gizi lainnya yang bisa Anda dapat dari makanan olahan.
  • Hindari menempatkan kelinci jantan dan betina dalam satu kandang saat pembelian pertama. Hal ini akan mengurangi gairah seks kelinci karena bisa ada timbul rasa saudara dalam diri kedua kelinci tersebut.
  • Hindari menempatkan kelinci pada ruang terbuka tanpa ada tempat berteduh sama sekali.
  • Hindari kelalaian Anda pada kosongnya pakan kelinci karena kelinci ini sangat suka ngemil.

Itulah beberapa hal yang perlu Anda hindari dalam beternak kelinci. Agar Anda bisa lancar menjalankan usaha ternak kelinci. Peluang usaha ternak kelinci ini bisa menjadi mata pencaharian utama Anda kalau Anda bisa memanfaatkan peluang pasar yang ada.

www.solusikeluargaharmonis.com
author
No Response

Leave a reply "Peluang Usaha Ternak Kelinci"