www.solusikeluargaharmonis.com

Sukses Berbisnis Dengan Modal Kecil, Mengapa Tidak?

Sukses Berbisnis Dengan Modal KecilBagi kebanyakan dari Anda mungkin berfikir jika berbisnis perlu modal yang besar supaya hasil yang didapatkan lebih besar. Apakah benar? Asumsi ini tidak sepenuhnya benar, karena Anda tetap bisa sukses berbisnis dengan modal kecil.

Ini menjadi kabar gembira buat Anda yang memang tertarik untuk berwirausaha, namun terkendala dengan modal yang terbatas.

Setidaknya ada 3 hal yang perlu diperhatikan agar usaha dengan modal minim ini bisa berkembang, dan bisa menghasilkan pundi-pundi uang yang cukup besar.

Tapi sebelum sampai pada ulasan 3 hal tersebut, ada baiknya jika Anda mulai memperhatikan apa saja jenis usaha yang bisa dijadikan lahan bisnis tersebut. Oke, mari simak ulasannya secara berurutan di bawah ini!

Jenis-Jenis Usaha Modal Minim

Mari tekankan sekali lagi jika Sukses berbisnis dengan modal kecil itu bisa dilakukan. Syaratnya, Anda tahu apa yang harus dilakukan serta tahu jenis usaha yang cocok dipilih sebagai lahan untuk mencari pundi-pundi uang.

Banyak sekali jenis usaha yang bisa dirintis dengan modal kecil, namun tidak bisa dibilang kalau usaha tersebut akan menghasilkan keuntungan kecil.

Pasalnya, usaha apapun biasanya diawali dengan modal yang kecil, kemudian berlanjut terus mengikuti proses. Akhirnya, mulai berkembang dan terus meningkat sampai akhirnya usaha tersebut mulai besar, bahkan bisa dijadikan sebagai usaha pokok pengusaha.

  • Usaha kue kering

Salah satu jenis usaha yang bisa dilakukan dengan modal kecil adalah usaha makanan ringan. Anda bisa memulainya dengan membuka usaha ini di rumah terlebih dahulu. Contohnya adalah membuat kue kering atau kue-kue lainnya.

Pelaku usaha hanya perlu memulainya dengan tekad yang kuat, mulai memperhitungkan pengeluaran biaya untuk membeli bahan, kemudian membuatnya. Setelah itu, perhatikan juga bagaimana cara memasarkannya.

Dalam pemasaran ini, Anda bisa memulainya dengan menitipkan kue tadi pada warung atau toko-toko yang menjual kue. Intinya, Anda perlu melihat seberapa besar pasar membutuhkan kue tersebut.

Maksudnya, Anda tahu besar kecilnya pelanggan dalam memanfaatkan / membeli kue kering di toko atau warung tersebut.

Jika dilakukan berulang-ulang, Anda tetap bisa Sukses berbisnis dengan modal kecil ini. Normalnya, uang hasil penjualan tersebut dikumpulkan, kemudian digunakan untuk membesarkan usaha kue tersebut.

Setelah mulai berkembang, Anda bisa memulainya dengan membuka sebuah toko sendiri, tentunya sebagai wadah untuk menyediakan sejumlah makanan kering tersebut.

  • Usaha jus buah

Jenis usaha yang bisa dilakukan dengan modal kecil adalah jus buah. Pelaku usaha ini tidak perlu biaya cukup besar, yakni hanya membutuhkan biaya untuk membeli beberapa jenis buah yang biasa digemari pelanggan.

Kemudian, hal lain yang perlu dipertimbangkan adalah gerobak atau toko. Semuanya bisa difikirkan secara berkala sesuai dengan perkembangan usaha tersebut.

Nah, yang terpenting di dalam Sukses berbisnis dengan modal kecil ini adalah memilih jenis usaha yang cocok, dibutuhkan oleh pelanggan.

Dan untuk urusan usaha modal kecil ini tidak melulu kue dan jus buah, karena masih banyak lagi jenis usaha yang bisa dipilih seperti laundry, bimbingan belajar, dan masih banyak lagi. Jadi, pastikan untuk memilih jenis usaha yang lebih tepat.

Hal Yang Diperlukan Supaya Sukses Dengan Modal Kecil

Sebagai pebisnis pemula, ada 3 hal yang wajib dimiliki untuk menyukseskan bisnis tersebut. Tentunya dengan harapan tidak sukses pertama kali saja, kemudian sulit berkembang di bulan berikutnya.

Kenapa bisa bergitu? Ya, normalnya ada sebuah trend bisnis, dan ini sebenarnya akan menjadi tantangan kedepannya. Makanya, Sukses berbisnis dengan modal kecil ini sebaiknya mempertimbangkan hal penting, bukan hanya sekedar melihat trend saja.

Nah, hal pertama yang harus dilakukan adalah berfikirlah secara realistis dalam memilih usaha. Usaha apapun memang bisa berkembang, dan di sini adalah kejelian yang diperlukan oleh pelaku usaha.

Berfikir realistis ini dimaksudkan pada pemikiran model bisnisnya, kemudian memperhatikan atau mencari contoh bisnis tersebut di sekeliling. Jika terlihat ada kejanggalan, atau kurang potensial, maka Anda bisa mengalihkan jenis bisnis.

Atau Anda bisa menganalisa kekeliruan dari usaha tersebut, kemudian Anda tambal dengan inovasi sehingga usaha tersebut menjadi milik Anda, dan bakal membesarkan usaha tersebut.

Hal kedua dalam mengantarkan sukses berbisnis dengan modal kecil adalah memperbudak diri sendiri. Kok seperti itu?

Maksud dari poin kedua ini adalah bekerja keras dan konsisten. Anda harus berani bekerja lebih keras, bahkan lembur sekalipun, kemudian melupakan keuntungan pribadi pertama kalinya.

Hal ini akan mengantarkan Anda sukses karena Anda memang memiliki keuletan dan tahan banting dalam berbisnis. Dan inilah yang sebenarnya dimiliki oleh pelaku bisnis, yakni pebisnis yang sukses.

Hal ketiga adalah menghargai waktu. Waktu adalah uang seperti yang dikatakan oleh kebanyakan orang. Pernyataan ini bukan isapan jempol semata, namun memang harus ditekankan jika Anda berbisnis.

Menghargai waktu bisa dilakukan dengan menerapkan kedisiplinan. Bisa juga dengan menilai setiap waktunya, misalnya seberapa besar waktu Anda dihargai perjamnya. Hal ini dilakukan untuk memacu semangat saja, dan untuk mengetahui seberapa besar keuntungan yang Anda dapatkan ketika melaksanakannya.

Kesimpulannya, pemilihan jenis usaha, kerja keras dan menghargai waktu adalah kunci Sukses berbisnis dengan modal kecil.

 

www.solusikeluargaharmonis.com
author
No Response

Leave a reply "Sukses Berbisnis Dengan Modal Kecil, Mengapa Tidak?"