www.solusikeluargaharmonis.com

Target Klien Yang Harus DiBidik Jika Menjalankan Usaha Jasa Catering

Usaha jasa catering memang sudah menjamur. Namun, bukan berarti tidak ada celah untuk masuk di bisnis tersebut. Bagi Anda yang berkeinginan untuk membuat jasa catering, Anda tidak perlu khawatir jika ada banyak saingan yang lebih dahulu sukses.

Kunci satu, yaitu bagaimana Anda bisa menarget klien yang tepat. Catering ini seperti kerja sehari namun untungnya seperti bekerja satu bulan atau bahkan lebih. Ini yang harus Anda pikirkan.

Lalu, apa yang harus Anda lakukan? Tanpa meniadakan pentingnya marketing atau pemasan, Anda harus tahu dulu calon klien Anda. Ibarat sedang memancing, mana yang akan Anda pilih, memancing ikan kecil yang banyak dan mudah atau memancing ikan besar namun harus menunggu sedikit lebih lama?

Anda mungkin akan memilih dengan alasan sendiri. Namun, coba Anda bayangkan. Usaha catering itu usaha yang tidak mudah. Tidak hanya pikiran, tapi tenaga juga terkuras. Apalagi catering ini berhubungan dengan waktu. Jika terlambat sedikit saja, maka akan ada komplain. Yang lebih buruk lagi, jasa catering Anda tidak akan dipakai.

Oleh sebab itu, akan lebih baik jika Anda membidik klien tertentu saja. Jadi, Anda memancing hanya untuk mendapatkan ikan yang besar. Sama-sama mengeluarkan modal dan sama-sama menunggu, tapi hasil tangkapan Anda besar.

Dua Target Klien Utama Usaha Jasa Catering

Beruntung jika Anda tinggal di daerah perkotaan besar. Maka kedua target klien ini bisa Anda dapatkan. Akan tetapi, kalaupun Anda tidak berada di kota besar, selalu ada cara yang bisa Anda lakukan untuk menjalankan dan memajukan bisnis jasa catering Anda. Yang pasti, tentukan target market atau target klien Anda maka bisnis jasa catering bisa Anda jalankan dengan lebih mudah.

Sangat disarankan agar Anda menargetkan dua klien berikut ini:

#Kantor Pemerintahan

Rumit sekali bekerjasama dengan kantor pemerintahan. Ini yang sering dikatakan oleh para pebisnis. Memang biasanya ada oknum yang nakal yang meminta nota kosong atau hal yang kurang etis lainnya. Namun, singkirkan dulu anggapan tersebut. Tidak semua orang berbuat curang.

Ada alasan mengapa Anda sebaiknya menargetkan kantor pemerintahan. Yang pertama, kantor pemerintahan selalu bekerjasama dengan pihak lain yang jelas yang memiliki ijin usaha resmi.

Jika Anda membuka usaha jasa catering, sebaiknya Anda mendaftarkan diri sebagai pemilik usaha dan lengkapi dengan membuat NPWP. Dengan demikian, Anda bisa menjadi rekanan kantor pemerintahan.

Sekarang ini, kantor pemerintahan melakukan pembenahan sistem kerjasama. Hanya mereka yang memiliki ijin usaha dan NPWP saja yang bisa diajak untuk kerjasama. Jadi semuanya transparan, tercatat berapa jumlah uang yang dibelanjakan dan berapa potongan pajak yang harus dibayar.

Selain itu, ada alasan lain yang tak kalah penting. Karena transparansi tersebut, maka setiap kali pemerintahan membuat sebuah acara yang membutuhkan catering seperti snack atau makan siang, maka tidak semua orang bisa menawarkan diri menjadi rekanan.

Hanya Anda yang memiliki ijin usaha catering serta NPWP yang diajak untuk kerjasama. Apalagi pertemuan di perkatoran itu hampir setiap minggu ada. Anda bisa bayangkan bagaimana jika Anda bisa bekerjasama dengan semua kantor pemerintahan di kota Anda. Maka Anda tidak perlu promosi lagi.

#Hotel

Hotel juga sebaiknya dijadikan salah satu target klien utama. Memang banyak hotel yang memiliki restoran di mana di sana ada tim koki. Namun, tidak jarang hotel yang kuawalah ketika hotel digunakan sebagai tempat pertemuan seperti seminar atau pertemuan lainnya.

Tidak jarang juga pertemuan dengan menyewa hall di hotel tersebut berlangsung hingga beberapa hari. Dan jika jumlah peserta pertemuan sangat banyak, tidak jarang pihak hotel memilih untuk bekerjasama dengan pemilik usaha catering.

Oleh sebab itu, ada baiknya jika Anda membuka usaha catering, Anda lebih banyak berkenalan dengan pihak manajemen hotel. Dengan demikian, maka Anda akan lebih mudah untuk menawarkan diri menjadi partner dengan hotel-hotel yang ada di kota Anda.

Jadi, masih mau menargetkan klien kecil atau klien besar? Tentunya keputusan ada di tangan Anda. Hanya saja, informasi tersebut di atas diharapkan bisa menjadi bahan pertimbangan.

Agar Survive Di Bisnis Jasa Catering

Harus diakui usaha catering ini menjadi salah satu peluang usaha yang mudah untuk dijalankan. Asalkan Anda memiliki karyawaan yang pintar memasak, Anda bisa membuka usaha ini.

Akan tetapi, berapa banyak yang bisa bertahan? Banyak sekali usaha catering yang gulung tikar. Alasannya sangat klasik, yaitu karena kurangnya berinovasi, khususnya dalam hal marketing.

Memang jika Anda menargetkan dua target klien tersebut di atas, Anda tinggal menawarkan saja langsung. Akan tetapi, apakah mereka akan langsung menerima? Belum tentu. Oleh sebab itu, diperlukan strategi marketing yang ciamik.

Membuat Menu Makanan Yang Tidak Biasa

Karena Anda bergerak di bidang kuliner, maka Anda harus berani berinovasi dalam membuat makanan. Anda bisa buat makanan yang sangat lezat. Atau Anda bisa buat makanan yang biasa namun tampilannya berbeda. Upload di media sosial jasa catering Anda maka akan banyak orang yang tertarik.

Demo Membuat Makanan

Selain itu, Anda bisa buat channel di Youtube tentang demo membuat makanan. Anda bisa demo membuat makanan yang biasa atau makanan yang istimewa. Ini menjadi cara yang efektif untuk meningkatkan awareness masyarakat bawasannya Anda memiliki bisnis jasa catering.

Seminar Tentang Pola Hidup Sehat

Mungkin ini strategi marketing yang cukup mahal. Pasalnya, Anda harus membuat sebuah seminar tentang pola hidup sehat. Pastinya, orang yang mengikuti seminar adalah orang yang peduli betul dengan kesehatan. Dan di sela seminar, Anda bisa promosikan usaha catering Anda.

Cara ini akan mengedukasi masyarakat pentingnya menerapkan pola hidup yang sehat, khususnya dalam hal memilih makanan yang sehat dan higienis. Dengan demikian, semakin banyak orang yang akan terdorong untuk tidak asal-asalan dalam memilih makanan.

Mereka pun akan selektif dalam memilih jasa catering. Mereka akan memastikan terlebih dahulu jika jasa catering yang mereka ajak bekerjasama itu benar-benar menjaga kesehatan dan kehigienisan.

Terlepas dari hal tersebut, Anda harus memaksimalkan dunia online. Pasalnya, Anda akan mampu mendapatkan pangsa pasar yang lebih luas jika Anda memaksimalkan media online.

Anda bisa mulai memikirkan untuk membuat situs resmi profesional usaha catering Anda. Kemudian, Anda bisa mencari jasa SEO (Search Engine Optimization) agar situs Anda bisa didapatkan dengan lebih mudah oleh banyak orang, khususnya mereka yang mencari jasa catering. Selain itu, manfaatkan juga media sosial yang sekarang ini dianggap sebagai media yang sangat efektif untuk pemasaran.

 

www.solusikeluargaharmonis.com
author
No Response

Leave a reply "Target Klien Yang Harus DiBidik Jika Menjalankan Usaha Jasa Catering"