www.solusikeluargaharmonis.com

Tips Agar Anda Siap Menjalakan Bisnis Event Organizer

Tips Agar Anda Siap Menjalakan Bisnis Event Organizer

Kenapa perusahaan atau instansi pemerintah sering menggunakan jasa event organizer? Jawabannya sangat sederhana. Dengan menggunakan jasa tersebut, mereka bisa menekan biaya untuk menjalankan sebuah acara.

Secara matematis, tentu saja hal tersebut tidak masuk akal. Bayangkan saja bagaimana bisa mempekerjakan pihak lain untuk mengurus sebuah acara justru bisa menekan biaya.

Seharusnya biaya bertambah karena harus ada uang yang harus diberikan kepada pihak penyelanggara tersebut, bukan? Itu hitungan matematisnya. Pada tataran teknis di lapangan, terkadang biaya yang diperlukan membengkak 50% lebih dari anggaran yang sudah disiapkan.

Lain hal jika menggunakan jasa event organizer. Mereka sangat profesional sehingga mereka tahu persis berapa kisaran biaya yang harus disiapkan untuk menggelar sebuah event. Kalaupun ada kendala seperti cuaca dan kondisi tertentu sehingga biayanya membengkak, maka hal tersebut menjadi tanggungan pihak penyelanggara atau event organizer.

Jadi, pilih mana, menyelenggarakan sebuah event sendiri atau menyerahkan pada pihak yang lebih profesional?

Alasan Lain Kenapa Banyak Yang Menggunakan Jasa Event Organizer

Selain biaya yang bisa ditekan, ada juga alasan lain mengapa banyak perusahaan dan instansi pemerintah yang menggunakan jasa event organizer. Mereka tidak mau repot dengan proses penyelanggaran sebuah event.

Khususnya ketika event besar diselenggarakan seperti konser musik yang mendatangkan beberapa artis atau grup band nasional dan internasional, karnaval tingkat provinsi, dan lain sebagainya, tentunya prosesnya sangat rumit. Pada saat pelaksanaan juga ribet. Untuk itu, agar acara bisa berjalan dengan lancar tanpa kerepotan, banyak yang memilih untuk menyewa jasa event organizer.

Peluang Menjadi Jasa Event Organizer

Pertanyaannya sekarang adalah seberapa besar peluang membuka bisnis event organizer? Untuk menjawab pertanyaan ini, tentu saja Anda harus tentukan dulu target market Anda terlebih dahulu.

Dalam hal ini, menjadi seorang event organizer ini masih bersifat umum. Event apa yang ingin Anda tangani? Jika event nya bersifat pribadi seperti acara pernikahan, khitanan, dan lain sebagainya, maka target market Anda sangat luas. Namun, jika Anda membidak pasar perusahaan atau instansi pemerintahan, maka target market Anda tidak terlalu luas mengingat acara besar yang dilakukan oleh pihak-pihak tersebut tidak sering.  Dari penjelasan singat tersebut, Anda harus menentukan target market Anda terlebih dahulu.

Tips Jitu Menjalankan Bisnis Event Organizer

Harus dipahami bawasannya menjadi seorang event organizer artinya Anda harus berpacu dengan waktu. Anda harus siap begadang beberapa malam ketika mempersiapkan sebuah acara tertentu. Mungkin acara akan dilaksanakan dalam kurun waktu satu hari atau bahkan setengah hari saja seperti acara weeding party. Akan tetapi, persiapannya bisa memakan waktu berhari-hari hingga beberapa minggu.

Untuk itu, Anda harus tahu menjadi event organizer bukanlah pekerjaan yang mudah. Namun, bukan berarti Anda tidak bisa mempelajarinya. Ada baiknya Anda ketahui tips apa saja yang perlu Anda ketahui dan praktikkan sebelum akhirnya Anda memutuskan untuk terjun di bisnis event organizer ini.

#Selalu Berinovasi

Tentu saja harus ada hal yang beda ketika sebuah event Anda handle sebagai seorang event organizer. Harus lebih sempurna daripada ditangani oleh orang yang tidak profesional.

Oleh sebab itu, Anda harus terus berinovasi. Ada baiknya juga Anda menawarkan konsep penyelanggaran event yang selalu berbeda. Dengan demikian, semakin banyak klien yang tertarik dan percaya dengan Anda.

Dalam hal ini, ide yang inovatif ini akan menentukan apakah klien setuju dengan konsep atau proposal yang Anda tawarkan atau tidak. Oleh sebab itu, sebelum menyerahkan proposal, sebaiknya Anda pikirkan ide apa yang bagus dan pasti diterima oleh pihak klien Anda. Ide yang unik dan berbeda biasanya menjadi pertimbangan tersendiri oleh para klien.

#Tim Yang Solid

Dalam menangangi sebuah event, tentu Anda tidak bisa bekerja sendirian. Anda harus membuat tim yang solid.

Ada beberapa pertimbangan yang harus Anda lakukan ketika Anda ingin membangun sebuah tim. Yang pertama, Anda harus pastikan orang yang Anda rekrut menjadi bagian dari tim adalah orang yang berdedikasi tinggi. Akan lebih baik jika Anda mengenal lebih dahulu bagaimana kinerja dan bagaimana passion orang-orang yang Anda pilih untuk menjadi bagian dari tim Anda.

Yang kedua, sebaiknya Anda rekrut orang-orang yang ahli. Tidak harus pintar, tapi mereka harus ahli. Sesuaikan dengan kebutuhan. Di dalam menjalankan sebuah acara, diperlukan orang yang pandai di bidang komunikasi. Ini dibutuhkan untuk marketing dan membuat deal dengan klien.

Selain itu, Anda juga mungkin perlu orang yang tahu tentang seni. Hal ini disebabkan kebanyakan event memerlukan hal-hal yang berbau seni, seperti panggung, background, dan lain sebagainya. Semakin komplit, maka tim Anda akan semakin solid.

#Menetapkan Pangsa Pasar

Siapa yang Anda targetkan? Apakah instansi pemerintahan atau perusahaan swasta? Atau Anda ingin melayani personal mengingat banyak sekali acara setiap orang yang ingin di handle oleh seorang event organizer seperti weeding party, acara khitanan, dan lain sebagainya?

Pangsa pasar yang Anda bidik harus jelas. Mungkin Anda berpikir siapa saja bisa jadi klien Anda. Jika mampu, tentu tidak masalah. Akan tetapi, untuk mempermudah mencapai target Anda dalam mengelola bisnis, sebaiknya Anda tetapkan pangsa pasar yang lebih spesifik. Dengan demikian, Anda bisa mendapatkan perencanaan, ide, dan juga tim yang siap.

#Time Table

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, seorang event organizer itu seolah berlari dengan waktu. Mungkin acaranya hanya satu atau bahkan setengah hari saja. Namun, persiapannya bisa berhari-hari bahkan berminggu-minggu.

Oleh sebab itu, selain memiliki tim yang berdedikasi tinggi, Anda juga harus tentukan time table agar Anda bisa memantau perkembangan persiapan. Time table ini juga yang akan meyakinkan klien Anda apakah Anda mampu membuat perayaan acara sesuai dengan yang mereka inginkan atau tidak.

#Ikut Ke Dalam Komunitas

Event organizer lainnya tidak hanya sebagai kompetitor Anda. Mereka bisa menjadi partner Anda. Biasanya, antar EO saling bekerjasama untuk mengerjakan sebuah project. Pasalnya, tidak sedikit EO yang kuwalahan terutama ketika harus menghandle acara yang sangat besar.

Selain itu, komunitas juga sebagai wadah untuk selalu belajar mengenai bisnis yang satu ini. Ikuti berbagai komunitas EO entah itu offline maupun online. Dengan demikian, pengetahuan Anda tentang EO akan selalu terupadate. Semuanya berkembang. Itulah mengapa Anda tidak boleh berhenti belajar.

Berani membuka usaha menjadi event organizer? Dalam bisnis ini, jaringan menjadi sangat penting. Yang pasti, bisnis ini sangat menjanjikan. Banyak orang awam dalam mengatur sebuah acara kecewa ketika biaya yang harus mereka keluarkan membengkak. Untuk itulah, banyak orang yang lebih memilih menyerahkan urusan mengatur sebuah event kepada ahlinya, yaitu seorang event organizer.

www.solusikeluargaharmonis.com
author
No Response

Leave a reply "Tips Agar Anda Siap Menjalakan Bisnis Event Organizer"