www.solusikeluargaharmonis.com

Tips Memilih Bisnis Franchise

No comment 3430 views

bisnis-franchiseApakah Anda pernah melihat sebuah usaha waralaba yang cukup terkenal di sebuah lokasi yang sepi dikunjungi oleh pembeli. Padahal dibeberapa tempat dengan brand dan merek yang sama, usaha tersebut sangat ramai dikunjungan oleh para konsumen.

Nah, apa yang ada dibenak diri Anda, Anda pasti berpikir dimana letak kekurangannya? Bisa jadi hal tersebut disebabkan karena lokasi usaha yang tidak sama sekali sesuai.

Ketika berencana membeli ijin sebuah usaha waralaba telahterkenal, maka jangan lupa bahwa Anda tetap memikirkan lokasi usaha yang akan Anda ambil. Hal tersebut jangan dianggap sepele, kesalahan dalam memilih lokasi usaha akan menimbulkan efek yang fatal pada usaha yang akan Anda jalani kedepannya.

Ada beberapa cara yang dijalani para calon pebisnis usaha waralaba dalam menentukan lokasi usaha. Seperti biasa calon franchise akan diberikan kesempatan untuk menentukan pilihan lokasi yang akan dipilih. Tahap selanjutnya, franchisor yang mengirimkan stafnya untuk melakukan survei kelayakan lokasi.

Memang dalam beberapa kasus franchisor yang melepas tangan dalam penentuan lokasi usaha. Justru Andalah yang harus lebih jeli untuk hal ini, yang pasti jeli memilih lokasi yang tentunya disesuaikan dengan target pasar. Pasar dalam hal ini adalah calon pembeli yang akan ditawarkan produk atau jasa. Untuk itu konsep harus jelas tentang siapa pasar terlebih dulu telah harus clear.

Untuk contohnya, jika ingin menjual makanan untuk anak sekolah, maka sebaiknya pilih tempat dekat sekolah. Begitu pula makanan untuk karyawan kantor, pilihlah dekat gedung perkantoran.

Pemilihan lokasi yang tidak sesuai dengan target pasar, maka usaha yang Anda jalankan akan cepat tutup atau bangkrut.

Ada 9 Kriteria Bisnis Waralaba Best to Invest

Ketika Anda ingin membeli hak waralaba, kemudian franchisor menunjukkan bahwa bisnisnya sudah waralaba dengan memperlihatkan ijin atau label STPW dari Kementerian Perdagangan, sudahkah Anda puas dan harus yakin sampai di sana saja?

Ingat bahwa Anda akan mengeluarkan dana yang tidak sedikit dan juga Anda akan mengeluarkan energi setiap hari untuk mengembangkan bisnis waralaba yang akan Anda beli. Pilihan Anda harus tepat sehingga bisnis berjalan sesuai dengan yang Anda harapkan. Label STPW yang Anda lihat itu memang merupakan pembeda dari bisnis lainnya, bahwa bisnis tersbeut sudah waralaba. Namun, Anda tetap harus mensurvei dan memahami lebih jauh berbagai hal yang dibutuhkan sebelum Anda membeli hak waralaba dari bisnis franchise tertentu.

Inilah 9 kriteria bisnis waralaba best to invest yang jika seluruhnya tersedia, investasi Anda tidak akan sia-sia. Berikut kriterianya:

  1. Bisnis franchise itu sudah well established
  2. Minimal sudah proven selama tiga tahun
  3. Memberikan garansi tingkat pengembalian investasi yang baik
  4. Memiliki merek yang kuat
  5. Adanya bantuan dalam memilih lokasi serta proteksi di teritori tersebut
  6. Sudah memiliki beberapa cabang atau outlet, baik yang dimiliki oleh franchisor maupun franchiseenya
  7. Memiliki kualitas layanan atau produk antar cabang atau outlet relatif seragam
  8. Bisnisnya bukan masuk dalam kategori fade atau bisnis musiman
  9. Bisnis modelnya tidak mudah ditiru

Silahkan memilih bisnis franchise sesuai budget anda

www.solusikeluargaharmonis.com
author
No Response

Leave a reply "Tips Memilih Bisnis Franchise"