www.solusikeluargaharmonis.com

Tips Memilih dan Menjalankan Franchise agar Cepat Balik Modal

peluang-usaha-franchiseTips Memilih dan Menjalankan Franchise agar Cepat Balik Modal

Franchise bisa dikatakan peluang bisnis yang paling mudah untuk dijalankan. Sistem sudah ada dan Anda tinggal menjalankannya saja.

Hanya saja tidak semua pebisnis franchise bisa balik modal dengan cepat. Padahal salah satu tanda keberhasilan sebuah bisnis adalah seberapa cepat modal kembali lagi.

Anda harus mempertimbangkan hal ini. Karena tidak mungkin Anda terlalu lama menunggu modal yang Anda keluarkan kembali lagi. Itu artinya Anda belum bisa dikatakan sudah mendapatkan profit dari bisnis franchise yang Anda jalankan.

Oleh sebab itu, Anda harus tahu tips memilih dan menjalankan franchise agar cepat balik modal.

Jadi ada dua hal yang harus diperhatikan ketika menjalankan bisnis franchise; yaitu jenis peluang usaha dan cara menjalankannya.

Jenis Usaha Franchise Paling Cepat Balik Modal

Banyak sekali pilihan barang atau peluang usaha yang di franchise kan. Tidak hanya usaha makanan kecil-kecilan, tapi juga usaha besar seperti car wash, restoran, dan juga bimbingan belajar.

Tinggal Anda pilih mana yang Anda suka dan bisnis apa yang sekiranya banyak peminatnya. Memetakan pangsa pasar menjadi kunci sangat penting. Karena hal tersebut yang akan menentukan apakah bisnis franchise Anda akan berhasil atau tidak.

Namun, jika Anda ingin memilih usaha franchise cepat balik modal, tidak ada pilihan terbaik selain bisnis makanan. Franchise berupa makanan paling cepat balik modal. Hal ini disebabkan makanan merupakan kebutuhan pokok manusia. Kesempatan untuk menjual makanan laris manis sangat terbuka mengingat setiap orang membutuhkan makanan.

Apalagi jika Anda menjual makanan pokok seperti franchise restoran atau catering, bukan makanan pelengkap. Jelas sekali Anda akan balik modal cepat. Franchise makanan paling laris manis di daerah perkotaan. Sementara itu, catering sangat bagus untuk pangsa pasar seperti perkantoran.

Namun, hal ini tidak lantas membuat semua franchise makanan cepat balik modal ya. Anda juga harus mempertimbangkan selera masyarakat, lokasi membuka bisnis, dan juga modal yang harus Anda keluarkan pertama kali. Karena cepat atau lambatnya balik modal juga dipengaruhi oleh berapa jumlah modal yang Anda keluarkan.

Selain moda, Anda juga harus tahu bagaimana cara memasarkan produk agar laku di pasaran. Untuk itu, Anda juga harus tahu cara menjalankan usaha franchise yang paling efektif agar cepat balik modal.

Tips Menjalankan Franchise Agar Cepat Balik Modal

peluang-franchiseApakah harus makanan? Sebenarnya tidak. Jenis usaha franchise lainnya juga bisa cepat balik modal asal Anda tahu bagaimana cara menjalankannya.

Memang produkĀ  yang Anda pilih untuk dijual menentukan sekali seberapa cepat modal balik kembali. Produk yang banyak orang minati dengan penerapan promosi yang tepat akan membuat Anda tidak kecewa membuka bisnis franchise.

Ada banyak hal yang harus Anda pelajari mengenai cara menjalankan bisnis franchise. Namun, setidaknya ada satu kunci keberhasilan menjalankan franchise, yaitu membangun branding yang baik.

Branding itu tidak ubahnya cara Anda agar banyak orang yang tahu bisnis Anda. Buat orang mengetahui produk yang Anda jual. Itu intinya proses branding.

Jika Anda berhasil membangun branding, maka semakin banyak orang yang tertarik dan akhirnya membeli produk yang Anda jual. Tentu saja membangun branding ini tidak sulit apalagi jika franchise Anda sudah terkenal di masyarakat luas. Namun, yang menjadi pekerjaan rumah adalah bagaimana agar orang percaya dan akhirnya tertarik.

#Membangun Kepercayaan

Bagaimana orang lain bisa percaya dengan Anda jika orang tersebut tidak kenal dengan Anda? Logika ini juga yang diterapkan dalam menjalankan usaha franchise. Orang tahu dulu baru percaya. Walaupun tidak semua orang yang tahu langsung percaya. Jadi, proses untuk mendapatkan kepercayaan dari calon konsumen in yang cukup sulit.

Jadi, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah membuat orang tahu dan akhirnya percaya. Membuat orang mengenal bisnis Anda bisa dilakukan dengan banyak hal. Salah satunya memberikan benefit kepada calon konsumen seperti harga promo, melakukan promosi besar-besaran, dan lain sebagainya.

Mungkin pada awalnya Anda akan rugi ketika baru pertama kali menjalankan bisnis franchise. Namun, hal ini tidak perlu dipermasalahkan. Memberikan kesan pertama yang baik terhadap konsumen itu sangat menentukan kelanjutan bisnis Anda ke depannya.

Jadi, tidak masalah jika Anda rugi di awal. Yang penting banyak orang tahu dan orang percaya. Itu yang intinya. Jika perlu, Anda bisa memberikan produk secara gratis di hari pertama pembukaan bisnis franchise Anda.

#Membuat Orang Tertarik

Setelah Anda dikenal dan Anda dipercaya, sekarang tahap selanjutnya adalah bagaimana membuat orang tertarik.

Ada dua faktor yang membuat orang tertarik terhadap barang yang Anda jual.

Yang pertama adalah kualitas. Tentu saja tidak mungkin orang mau mengeluarkan uang untuk membeli barang yang tidak berkualitas.

Yang kedua adalah memberikan pelayanan terbaik. Kualitas yang bagus tanpa pelayanan yang baik sama juga bohong. Konsumen sekarang ini memiliki banyak pilihan. Jika kualitas dan pelayanan baik, maka mereka akan selalu datang untuk membeli produk Anda.

Tips tersebut di atas mungkin sudah dilakukan oleh kebanyakan pemilik usaha franchise walaupun dengan cara yang berbeda. Akan tetapi, hal tersebut di atas sudah lazim dilakukan.

Anda mungkin membutuhkan cara yang lebih radikal untuk menjalankan bisnis franchise yang Anda pilih agar lebih cepat balik modal.

#Cara Ektrim agar Bisnis Franchise Lebih Cepat Balik Modal

peluang-bisnis-franchiseAnda tahu terlalu lama untuk menjalankan tips memilih dan menjalankan franchise tersebut di atas. Lama modal akan balik kembali tergantung berapa modal yang Anda keluarkan. Umumnya membutuhkan waktu sekitar 2 tahun agar modal franchise balik sehingga Anda bisa menikmati profit dari usaha tersebut.

2 tahun terlalu lama? Akan lebih lama jika Anda gagal dalam membangun kepercayaan di masyarakat. Belum lagi jika Anda tidak mampu membuat orang tertarik dengan produk yang Anda jual.

Jadi, sekalipun Anda berhasil, dibutuhkan waktu sekitar 2 tahun agar balik modal. Jika 2 tahun Anda anggap lama, maka Anda memerlukan cara yang lebih esktrim untuk menjalankan bisnis franchise ini.

#Mengambil Hak Franchise Utama

Biasanya pihak franchisor tidak hanya menjual franchise saja, tapi juga hak utama franchise di salah satu daerah. Hal ini dilakukan agar pihak franchisor lebih mudah untuk mendapatkan untung dan tidak terlalu sibuk mengurus pebisnis franchise yang jumlahnya selalu bertambah.

Jadi, bisa dikatakan di setiap daerah ada yang meng handle franchise sendiri. Nah, Anda bisa balik modal dengan cepat jika Anda mampu membeli hak utama franchise tersebut. Jadi, setiap orang yang akan membuka franchise, maka perijinan ada pada Anda. Otomatis Anda akan mendapatkan profit, bukan?

Akan tetapi, Anda harus yakin bahwa akan semakin banyak orang yang mengambil produk franchise tersebut. Anda juga harus bisa melakukan marketing agar semakin banyak orang yang mau membuka bisnis franchise dari Anda.

#Meningkatkan Kreativitas dalam Marketing

Semua pebisnis selalu berinovasi agar semakin banyak orang yang mau membeli produk yang mereka jual. Caranya pun bermacam-macam.

Ada beberapa ide marketing kreatif yang bisa Anda coba.

  1. Memberikan Diskon Tak Terduga

Pemberian diskon mungkin hal yang sudah lumrah. Akan tetapi akan berbeda jika diskon Anda berikan dengan cara yang berbeda. Seperti contoh, memberikan diskon untuk pelanggan yang nomor ke sekian di setiap harinya. Atau memberikan diskon di hari tertentu di mana pada tanggal tersebut pelanggan merayakan ulang tahun.

Jadi, diskon tidak hanya sekedar memberikan potongan harga. Cara yang unik dalam memberika diskon akan menjadi perbincangan orang banyak. Dengan demikian, semakin banyak orang yang tahu bisnis franchise Anda, bukan? Ini strategi marketing yang sangat halus tapi efektif.

  1. Berinteraksi di Media Sosial

Media sosial berbasis internet tidak hanya digunakan sebagai cara marketing bisnis online. Bisnis franchise offline Anda juga bisa memanfaatkan media sosial tersebut.

Untuk apa? Untuk meningkatkan engagement antara Anda dengan pelanggan Anda. Apalagi sekarang ini semakin banyak orang yang menggunakan media sosial. Dengan demikian, setiap kali membuka media sosial, orang akan ingat bisnis yang Anda jalankan.

Tentu saja ada beberapa hal yang harus Anda lakukan untuk meningkatkan engagement seperti melakukan posting tulisan inspiratif, gambar lucu, cerita menarik, dan lain sebagainya.

Semakin intens Anda berinteriraksi dengan pelanggan menggunakan media sosial, maka pengaruhnya sangat signifikat terhadap bisnis Anda.

#Kendala yang Paling Sering Dihadapi

Secara teori, sepertinya mudah untuk memilih dan menjalankan franchise agar cepat balik modal. Tetapi, setiap bisnis selalu ada kendala.

Kebanyakan pebisnis franchise tidak bisa cepat balik modal karena salah dalam melakukan estimasi. Untuk itu, sebelum Anda memilih franchise, Anda harus hitung dulu matang-matang berapa biaya yang diperlukan dan secara realistis kira-kira kapan modal akan balik.

Biasanya pihak franchisor akan menghitungkan semua itu. Akan tetapi, sebaiknya Anda menghitung berdasarkan situasi dan kondisi Anda sendiri. Karena tidak jarang estimasi akan berbeda.

Kendala yang sering terjadi lainnya adalah pesaing yang semakin banyak. Sekarang ini, semakin sulit mencari pekerjaan. Umumnya mereka mencari peluang usaha yang tidak butuh modal besar dan kemungkinan laku keras.

Jika ada satu franchise yang sedang naik daun, banyak orang yang ingin mencobanya. Ini artinya ada pesaing Anda yang baru. Jadi, terkadang estimasi kapan balik modal akan berubah karena market yang semakin sempit mengingat semakin banyak yang mengambil bisnis franchise yang sama dengan yang Anda jalankan.

Itulah mengapa jika sepertinya semakin banyak orang yang berminat dengan franchise, maka sebaiknya Anda membeli hak franchise utama di suatu daerah. Jadi, semakin banyak yang membuka, maka semakin banyak profit yang Anda dapatkan karena Anda memegang perijinan di daerah tersebut.

Setiap bisnis pasti ada kendalanya. Jika Anda tahu bagaimana menyingkirkan kendala tersebut, maka Anda akan tetap bisa bertahan di bisnis tersebut.

Kendala di bisnis franchise cenderung lebih ringan. Hal ini disebabkan ada pihak franchisor yang akan membantu dan membimbing Anda. Yang perlu Anda pikirkan adalah bagaimana agar Anda fokus menjalankan bisnis ini sehingga modal yang Anda keluarkan cepat kembali.

 

www.solusikeluargaharmonis.com
author
No Response

Leave a reply "Tips Memilih dan Menjalankan Franchise agar Cepat Balik Modal"