www.solusikeluargaharmonis.com

Tips Memilih Jasa Ekspedisi Pengiriman Barang Yang Bisa Menjamin Keamanan

jasa-ekspedisi-murahTips memilih jasa ekspedisi pengiriman barang ini bakal membantu Anda untuk mendistribusikan barang permintaan konsumen secara aman dengan harga yang terjangkau.

Dahulu, pengiriman barang dilakukan melalui kantor pos. Namun sekarang, pengiriman barang tidak hanya dilakukan di sana saja, melainkan di kantor-kantor lain yang menyediakan jasa tersebut.

Kemunculan jasa ini memberikan sejumlah keuntungan. Namun Anda harus hati-hati ketika memilihnya.

Alasannya tentu saja untuk memastikan pengiriman barang aman, tidak memberikan kerugian bagi si pengirimnya.

Contohnya, ketika Anda mengirimkan barang jualan untuk konsumen di suatu tempat. Anda tentunya harus memperhatikan biaya pengirimannya. Jangan sampai biaya tersebut membuat Anda rugi akibat harga jual barang lebih kecil.

Bila diilustrasikan, harga produk yang terjual menyisakan keuntungan Rp.50.000, namun Anda menggunakan jasa ekspedisi pengiriman barang lebih besar semisal 55 ribu rupiah.

Ini jelas akan memberikan kerugian, apalagi jika sampai melakukannya dalam jumlah kali lipatnya.

Oleh karenanya, supaya tidak terjadi kondisi yang demikian, hitung kembali keuntungan dikurangi biaya pengiriman terlebih dahulu.

Keuntungan Memilih Jasa Ekspedisi Pengiriman Barang

Dalam proses jual beli barang secara online, hal wajib dilakukan adalah berkaitan langsung dengan pengiriman barang.

Mengirimkan barang sendiri terkadang bisa dilakukan, khususnya ketika dilakukan di sekitar area. Namun bagaimana jika konsumen tadi berasal dari luar daerah?

Solusinya tentu saja memanfaatkan layanan ekspedisi pengiriman barang. Hal ini dilakukan karena layanan tersebut akan memberikan kemudahan dalam urusan pengiriman barang yang lebih jauh.

Artinya, jangkauan dari pengiriman barang akan jauh lebih besar. Misalnya, pengiriman barang ke luar kota, luar pulau, sampai luar negeri.

Selain kemudahan dalam mendistribusikan barang, keuntungan yang didapatkan oleh pengirim adalah bisa menjalankan bisnisnya lebih maksimal.

Hal ini dikarenakan proses pengiriman barang telah dibantu oleh jasa pengiriman barang sehingga pihak pebisnis bisa fokus untuk mengembangkan bisnisnya, contohnya menyetok barang dan lain sebagainya.

Hal Yang Harus Diperhatikan Sebelum Melakukan Pengiriman Barang

Sebelum mengirim barang ke konsumen ke lokasi tujuan, setidaknya ada dua hal yang wajib dilakukan oleh pengirim. Yakni packing dan sortasi. Kedua hal ini dilakukan untuk menjaga barang yang dikirim dalam keadaan baik dan aman.

Coba bayangkan saja, jika Anda dipercaya konsumen untuk mengirimkan barangnya. Namun barang yang didapatkan dalam keadaan tidak utuh atau rusak, tentu saja konsumen akan komplain.

Komplainnya bisa berupa pengembalian barang, kemudian meminta ganti rugi barang atau pengembalian uang.

Kasus seperti ini banyak terjadi, dan salah satu pemicunya adalah barang yang dikirim tidak sesuai harapan yakni rusak.

Atau yang terparah, barang yang dikirimkan tidak sampai di lokasi yang ditujukan. Makanya, konsumen akan meminta pengembalian uang, namun barang milik Anda tidak kembali.

Kembali pada dua  hal yang harus dipersiapkan. Pertama adalah packing. Packing dilakukan untuk menjaga kemanan barang dari kerusakan.

Sementara sorting sendiri fokus pada pemilihan barang yang sudah dipacking. Barang tadi kemudian dipisahkan, serta dipisahkan untuk urusan pengiriman barang.

Contohnya, produk dipacking untuk beberapa konsumen dari lokasi berbeda. Anda wajib untuk melakukan sorting, kemudian memberikan alamat berbeda untuk masing-masing produk sesuai alamat konsumen agar barang dikirim di lokasi yang tepat.

Proses tersebut dikenal dengan istilah sorting. Intinya, pengirim harus melengkapi berkas mengenai dimana lokasi konsumen yang akan dikirimi barang tersebut.

Harga Dari Jasa Ekspedisi Pengiriman Barang

Setelah dua hal di atas, kini Anda perlu memilih penyedia jasa kirim barang. Di dalam memilihnya, harga jasa ekspedisi pengiriman barang juga harus diketahui.

Tujuan utamanya adalah untuk meminimalisir pengeluaran biaya, khususnya jika Anda memberlakukan bebas ongkir seperti toko online saat ini.

Perlu diingat, harga setiap pengiriman barang ditentukan oleh banyak faktor. Diantaranya adalah berat barang, jarak tempuh, serta alat transportasi mana yang dipilih.

Dan mengenai harganya tentu saja sudah ditentukan oleh penyedia layanan jasa tersebut. Jadi, cermati dengan jelas mengenai harga yang ditawarkan untuk Anda. Biasanya berada di kisaran 30 ribu rupiah per 5 kg barang.

Untuk memastikan harga jasa kirim barang yang lebih murah, Anda perlu mencari informasi lebih banyak mengenai beberapa penyedia jasa ekspedisi kirim barang. Baru kemudian bandingkan mengenai harganya, tapi ingat lihat detail paket kirim barangnya.

Dengan mengetahui biaya yang akan dikeluarkan, tentu saja Anda bisa menghitung berapa keuntungan yang akan didapatkan. Bahkan Anda bisa mengatur harga jual barang yang nantinya bisa memberikan keuntungan.

Hal Yang Harus Dipertimbangkan Ketika Memilih Jasa Ekspedisi Pengiriman Barang

Untuk menjamin keamanan dan kenyamanan, setidaknya ada beberapa hal yang bisa Anda terapkan ketika memilih jasa pengirim barang.

Ini perlu dilakukan jika Anda ingin tetap mendapatkan kemudahan, kenyamanan, keamanan dari pengiriman yang keliru atau komplain. Diantara kiat-kiatnya adalah sebagai berikut ini.

  • Perhatikan jangkauan pengiriman

Baik jasa pengiriman barang murah atau tidak, yang terpenting adalah Anda tahu dengan pasti jangkaun dari penyedia jasa tersebut.

Mengetahui jangkauan pelayanan ini memang menjadi kunci ketepatan dalam pengiriman.

Karena tidak semua penyedia jasa pengiriman menjangkau berbagai wilayah. Dan sebuah kekeliruan ketika Anda memilihnya, namun lokasi tujuan tidak terjangkau oleh penyedia jasa tersebut.

Untuk itu, pastikan bila penyedia jasa tadi punya cakupan luas dalam menjangkau berbagai daerah. Tujuannya tentu saja untuk memberikan pelayanan terbaik untuk konsumen Anda sendiri.

  • Pilih yang memberikan asuransi dan jaminan

Asuransi dan jaminan tidak hanya dimilik oleh jasa pengiriman barang antar pulau saja, namun juga pada jasa-jasa lainnya yang cakupannya terbatas.

Pihak penyedia jasa yang melabelinya dengan jaminan jelas akan jauh lebih baik. Karena penyedia jasa ini tahu betul tentang bagaimana memberikan kepercayaan pada si pengirimnya.

Adanya jaminan ini tidak lain untuk membuat pengiriman lebih aman. Karena terkadang, barang yang dikirim bisa saja rusak, atau hilang akibat kekeliruan yang dilakukan oleh penyedia jasa.

Ketika hal ini terjadi, penyedia jasa bisa menggantinya sebagai bentuk tanggung jawabnya atas kesalahan yang dilakukan.

  • Customer service mudah dihubungi

Kiat memilih jasa ekspedisi pengiriman barang yang selanjutnya adalah memastikan apakah CSnya mudah dihubungi atau tidak.

Jika customer servicenya mudah dihubungi, maka Anda bisa dengan mudah mengajukan berbagai pertanyaan, bahkan juga komplain.

Selain itu, mudahnya CS dihubungi itu menandakan jika jasa ekspedisi antar barang ini bagus. Karena penyedianya bertanggung jawab untuk memberikan kepercayaan sepenuhnya buat calon pengirimnya.

  • Pilih penyedia jasa yang punya akses tracking

Penyedia jasa pengiriman yang punya akses tracking online akan jelas menguntungkan. Diantaranya adalah untuk memonitor langsung mengenai barang yang dikirimkan.

Contohnya adalah apakah status barang masih tersedia, dalam perjalanan atau sudah diterima oleh penerima.

Dengan adanya tracking ini tentunya akan memudahkan penerima dan pengirim untuk tahu status barang di website yang disediakan.

Dengan menerapkan tips memilih jasa ekspedisi pengiriman barang ini, Anda akan lebih aman dan nyaman dalam mengirimkan barang pada calon penerima.

www.solusikeluargaharmonis.com
author
No Response

Leave a reply "Tips Memilih Jasa Ekspedisi Pengiriman Barang Yang Bisa Menjamin Keamanan"