www.solusikeluargaharmonis.com

Tips Memula Usaha

No comment 1176 views

ide-bisnis-besarUmumnya, orang yang akan memulai suatu usaha untuk pertama kalinya akan terasa sulit, Untuk memulai sebuah bisnis harus memiliki modal utama keberanian. Berani dalam berbisnis bukan berarti berani tanpa perhitungan atau berani dengan kenekatan. Semuanya harus dimulai dengan perencanaan dan persiapan yang matang. Perencanaan atau persiapan dalam memulai bisnis memiliki dua fungsi. Pertama, untuk mempersiapkan segala sesuatu dalam menjalankan bisnis, seperti menyiapkan sarana dan prasarana yang dibutuhkan dan lain sebagainya. Kedua, berfungsi sebagai antisipasi untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan atau merugikan bisnis di kemudian hari.

Keluar dari Zona Nyaman

Anda merasa sudah puas dengan keadaan sekarang? Sudah merasa hidup berkecukupan? Berarti Anda sedang berada di zona nyaman. Seorang pebisnis sejati tidak pernah puas dengan keadaannya, selalu berinovasi, dan berusaha menjadi yang pertama. Berani keluar dari zona nyaman, berani mengambil risiko, dan berkemauan keras untuk bisa berdiri di kaki sendiri akan menolong untuk menjadi pendorong besar dalam menjalankan bisnis, Bagi seorang pemula, pasti akan merasa tidak nyaman ketika harus melakukan sesuatu yang baru dan tidak biasa. Apa pun bentuk ketidaknyaman Anda, yakintah bahwa hal itu adalah proses yang harus dilewati untuk mendapatkan kesuksesan.

Persiapan Memulai Bisnis

Tentukan lokasi bisnis dan langkah-langkah untuk memulai bisnis Anda. Memulai sebuah bisnis kreatif berarti Anda bisa mengikuti dan memodifikasi bisnis yang sudah ada atau Anda bisa menciptakan bisnis baru yang belum pernah dilakukan oleh orang lain. Menjadi orang pertama yang melakukan suatu jenis bisnis akan memberikan Anda peluang kesuksesan lebih besar dibanding mengikuti bisnis-bisnis yang sudah ada, Menjadi yang pertama membuat Anda dikenal lebih awal dan dianggap sebagai pelopor di bisnis Anda. Sebuah kategori produk atau jasa yang benar-benar baru menjadikan Anda pemain tunggal di kategori tersebut dan tidak perlu berkompetisi dengan pebisnis lain. Pasar hanya perlu diedukasi tentang manfaat dan fitur produk atau jasa yang Anda tawarkan jika produk tersebut memang memberikan solusi bagi konsumen. Setelah itu, tinggal menunggu waktu untuk melihat bisnis Anda menggelinding seperti bola salju meraih kesuksesan.

Kalau Anda suka membaca buku strategi bisnis, maka buku Blue Ocean Strategy karya Prof. W. Chan Kim dan Renee Mouborgne dapat menjadi salah satu referensi karena di dalamnya dikupas tentang bagaimana berbisnis di samudera biru, tanpa pesaing, dibandingkan kalau kita memulai bisnis di samudera merah yang 'berdarah-darah' karena banyaknya pesaing. Di sini bisa digali kreativitas Anda untuk menemukan samudera biru yang cocok untuk bisnis yang Anda ingin tekuni.

Selain kreatif dalam produk atau jasa, bisa juga menunjukkan perbedaan dari bisnis Anda. Tunjukkan keunggulan bisnis Anda dari bisnis lainnya. Keunggulan inilah yang bisa membedakan bisnis Anda dengan pesaing bisnis lainnya. Produk atau jasa Anda akan langsung dikenal konsumen karena perbedaan tersebut.

Untuk membuat bisnis Anda sukses, Anda juga dituntut memberikan yang terbaik. Tidak perlu menjadi yang terbaik dalam segala hal. Carilah satu faktor yang bisa Anda lakukan dengan baik, kemudian lakukan hal tersebut lebih baik dari pada pesaing Anda. Dari satu faktor itulah, bisnis Anda akan dilirik oleh konsumen karena konsumen tidak akan mendapatkan faktor terbaik tersebut dari siapa pun kecuali dari Anda.

Hal-hal yang Harus Diperhatikan

Memulai bisnis dengan perencanaan lebih baik daripada tidak tahu apa yang akan dilakukan jika sudah menjalankan bisnis. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan untuk memulai suatu bisnis.

  1. Pilihlah Lokasi yang Strategis

Lokasi usaha bisa menentukan keberhasilan suatu bisnis. Mencari tempat strategis untuk bisnis juga merupakan hal penting. Anda harus bisa memilih tempat yang sesuai dengan usaha yang ingin Anda jalankan. Tempat yang strategis biasanya yaitu tempat yang mudah dijangkau transportasi dan ramai, seperti pasar, terminal, mal, pinggir jalan, depan kampus, atau di depan sekolah.

Untuk memilih tempat strategis, Anda juga harus mempertimbangkan beberapa hal, seperti biaya sewa toko, biaya retribusi, pengadaan SDM, promosi, dan sebagainya. Jika membuka bisnis pernak-pernik untuk anak muda, sebaiknya Anda membuka bisnis di tempat yang biasanya dijadikan tempat berkumpul anak muda, misalnya di dekat kampus, mal, dan sebagainya.

  1. Persiapkan Modal

Tempat usaha yang strategis bukan hanya dapat mendatangkan keuntungan yang besar, tetapi juga membutuhkan modal yang besar. Hal ini biasanya disebabkan tempat sewa di tempat yang strategis lebih mahal daripada di tempat-tempat yang sepi. Kalau sudah begini, Anda harus menghitung apakah keuntungan yang mungkin Anda dapat akan menutupi Dengeluaran dan masih menyisakan laba yana cukup,

  1. Analisis Kebutuhan Masyarakat

Produk dan jasa yang sukses adalah yang dibutuhkan oleh masyarakat calon konsumen. Sebagian bisnis muncul karena kita mengetahui kebutuhan masyarakat saat itu, misalnya Anda melihat orang-orang takut sepatunya kebasahan saat hujan, maka Anda membuat produk jas sepatu untuk melindungi sepatu saat hujan. Anda harus pandai-pandai melihat peluang jika ingin membuat bisnis Anda sukses. Terkadang hal-hal sepele yang dilakukan sehari-hari bisa menjadi ide brilian untuk dijadikan bisnis.

  1. Promosi Menentukan Prestasi

Pada awal memulai. bisnis pasti Anda akan kebingungan untuk mempromosikan produk atau jasa Anda. Di era informasi teknologi saat ini, Anda bisa memanfaatkan jejaring sosial sebagai sarana untuk mempromosikan produk Anda.

Selain promosi melalui jejaring sosial, Anda bisa juga mengikuti event-event, seperti pameran untuk memperkenalkan produk atau jasa Anda kepada masyarakat. Anda cukup membayar untuk stand dan menarik calon pelanggan dengan berbagai cara semenarik mungkin. Jangan lupa menyiapkan kartu nama agar mereka mudah menghubungi Anda.

 

 

 

 

www.solusikeluargaharmonis.com
author
No Response

Leave a reply "Tips Memula Usaha"