www.solusikeluargaharmonis.com

Tips Memulai Bisnis Apotek

No comment 4923 views

peluang-usaha-apotikMemulai bisnis apotek baru di kota anda tinggal bisa menjadi sebuah bisnis yang cukup menjanjikan untuk anda. Apalagi kalau anda sudah memahami dan belajar tentang farmasi. Tentu anda akan lebih menguasai bisnis yang akan anda jalankan ini. Namun siapa sangka kalau tanpa pengetahuan farmasi sekalipun anda bisa menjalankan bisnis ini. Yaitu dengan sebagai penyedia modal usaha. Tapi setidaknya anda harus sudah mempunyai rencana yang matang dalam menjalankan bisnis apotek ini.

Beberapa hal yang menjadi perhatian anda antara lain:

Pengetahuan tentang farmasi, dimana anda bisa mendapatkan pengetahuan ini dari teman atau orang yang bisa anda ajak berbagi ilmu. Sebelum anda memulai bisnis ini, anda bisa mengajak teman anda yang faham dalam hal farmasi untuk bekerja sama dengan anda untuk membangun bisnis ini.

Peluang pasar, dimana anda harus memahami saingan-saingan di sekitar anda. Jadi anda bisa mempertimbangkan banyak hal dari ini seperti lokasi yang strategis dan sesuai, maupun jenis obat apa saja nantinya yang akan anda jual.

Lokasi, setelah anda memahami pangsa pasar anda, anda baru bisa menentukan lokasi usaha yang tepat. Memulai bisnis apotek ini akan semakin lancar nantinya kalau anda mendapatkan tempat yang mudah dijangkau oleh banyak orang, seperti dekat dengan jalan raya, dekat dengan Rumah Sakit maupun dekat dengan rumah praktek dokter.

Lengkapi dengan Perijinan dari pihak yang berwenang yaitu dari departemen kesehatan. Dalam hal legalitas usaha anda, perijinan akan sangat anda butuhkan kalau saja suatu waktu bisnis apotek anda ini terganjal sesuatu.

Persiapkan modal untuk menyediakan obat. Dengan anda bekerja sama dengan teman anda yang paham farmasi, anda tentu sudah bisa mengetahui jenis obat apa saja yang akan anda sediakan di apotek anda. Kemudian anda harus menetapkan harga standar dari obat-obat anda, jangan sampai melebihi harga standar. Dan juga anda harus mengantisipasi masuknya obat-obat palsu. Maka dari itu, lebih baik anda membeli obat-obatan anda ini langsung ke produsennya.

Persiapkan apoteker, dimana apoteker ini bisa saja teman anda tadi yang bersedia anda ajak untuk bekerja sama. Atau mungkin anda bisa mencari tenaga apoteker lain yang anda gaji per bulannya.

Periklanan, hal ini sangat penting dalam hal berbisnis. Apapun bisnis anda nanti, periklanan akan menjadi vital agar orang-orang mengenal apotek anda apalagi kalau anda memulai bisnis apotek ini dari awal. Dan anda juga harus memasang papan nama apotek anda dengan jelas agar mudah dilihat dan diingat orang. Anda juga bisa menyediakan kartu nama apotek anda agar mudah dihubungi oleh orang.

Kerja sama dengan beberapa pihak, dimana anda bisa bekerja sama dengan rumah sakit, klinik ataupun kerja sama dengan dokter praktek. Dengan kerja sama ini lah nantinya usaha anda akan semakin berkembang. Memulai bisnis apotek memang harus mempunyai koneksi dengan beberapa orang untuk diajak bekerja sama.

www.solusikeluargaharmonis.com
author
No Response

Leave a reply "Tips Memulai Bisnis Apotek"