www.solusikeluargaharmonis.com

Tips Memulai Bisnis Les Privat

No comment 5622 views

les-privatMemulai bisnis les privat tidaklah membutuhkan modal yang besar. Karena sistem les privat ini anda hanya harus datang ke tempat seseorang yang menghendaki les privat. Hal ini berbeda dengan sebuah bimbingan belajar atau lembaga pendidikan lainnya, anda membutuhkan gedung atau tempat tertentu untuk menampung peserta les. Peluang bisnis les privat ini juga cukup bagus. Selama ada anak sekolah, bisnis ini masih bisa jalan. Karena setiap orang tua pasti menginginkan anaknya lebih pandai dalam pelajaran di sekolahnya. Sehingga kalau ada orang tua yang berharap agar anaknya menjadi lebih pandai maka biasanya orang tua itu akan memberi anaknya les tertentu. Entah itu diikutkan bimbingan belajar maupun mendatangkan guru les privat.

Untuk memulai bisnis les privat ini, hal pertama yang anda pertimbangkan adalah target yang hendak anda beri les privat. Apakah itu anak SD, SMP, SMA, atau perguruan tinggi. Kalau anak SD, biasanya mereka para orang tua meminta anaknya untuk diajari tentang semua mata pelajaran di sekolah. Untuk anak SD, bagi anda yang sudah tamatan SMA pun bisa memberi les privat. Untuk anak yang sudah beranjak SMP dan SMA, biasanya les privatnya sudah mengarah ke satu mata pelajaran saja. Misalnya les privat matematika, fisika, kimia, akuntansi, atau bahas Inggris. Untuk jenjang perguruan tinggi, biasanya meminta untuk diberi les privat Bahasa Inggris. Karena biasanya untuk bekerja, ada suatu instansi yang mengharuskan pekerjanya untuk bisa berbahasa inggris walaupun itu Bahasa Inggris pasif.

Hal kedua yang perlu anda pertimbangkan adalah sistem iklan anda sebagai seorang guru les privat. Untuk mudahnya, anda menawarkan diri anda kepada teman terdekat, keluarga dan tetangga anda. Kalau sudah mendapatkan anak yang ingin diberi les privat, anda terima dan nanti anda bernegosiasi dengan orang tua siswa anda. Di beberapa kota, ada standar tertentu dalam biaya les privatnya. Biasanya, harga les yang mahal itu adalah les privat Bahasa Inggris. Kalau anda mempunyai keahlian dalam berbahasa Inggris, anda bisa memanfaatkannya untuk terjun dalam bisnis ini.

Namun untuk memulai bisnis les privat ini, anda juga tidak perlu mempunyai keahlian dalam mata pelajaran tertentu. Bagaimana bisa? Begini, anda nanti akan bertindak sebagai pengelola dan pengatur les privat ini. Jadi anda mencari teman-teman anda yang mempunyai kemampuan mata pelajaran tertentu. Kemudian teman-teman anda ini nanti tawari untuk memberi les privat. Jadi nanti anda akan bertugas mencari peserta les dahulu dengan cara mengiklankan jasa les privat ini ke beberapa tempat melalui selebaran atau media lain.

Ketika orang tua memberi bayaran dari les privat ini, anda mengambil sekian persen untuk diri anda sendiri. Dan sisanya untuk teman anda yang memberikan les privat. Cukup mudah menjalankan bisnis ini walaupun anda tidak mempunyai keahlian tertentu. Sehingga anda yang tidak mempunyai keahlian tertentu pun bisa memulai bisnis les privat ini dengan cara seperti tersebut di atas.

www.solusikeluargaharmonis.com
author
No Response

Leave a reply "Tips Memulai Bisnis Les Privat"